Pulau Pahawang, Kelagian dan 5 Pulau Lainnya; Tujuan “Baru” Bagi Pecinta Pulau dan Laut

Oleh: Niko Tujuhlangit

Satu lagi destinasi wisata “baru” bagi anda para pecinta laut, pantai dan pulau. Bagi anda yang haus dengan pasir pantai, yang haus dengan berenang di pinggir-pinggir pulau, atau bagi anda yang ingin sekedar ber-free dive ria. Pulau-pulau berikut boleh dibilang baru dikenal belakangan ini di kalangan pecinta jalan-jalan. Dan belakangan semakin booming seiring mulai banyaknya tulisan-tulisan tentang pulau-pulau tersebut.

Diatas kapal siap mengeksplorasi keindahan Lampung

Saya pertama kali kesana tahun 2012 lalu, lebih kurang setahun yang lalu. Tapi waktu itu saya dan teman-teman hanya berkunjung ke Pulau Kelagian, Pahawang dan Tanjung Putus. Baru-baru ini, kami kembali berkunjung kesana. Namun kali ini kami singgah juga di perairan Pulau Tegal, Pulau Pasir Timbul, Pulau Maitem, dan Pulau Gosong.

Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, Pulau Tanjung Putus, Pulau Gosong, Pulau Pasir Timbul, Pulau Maitem, dan Pulau Tegal adalah pulau-pulau yang terletak di Lampung. Tidak terlalu sulit untuk mencapai pulau ini. Kami waktu itu berangkat dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak (kurang lebih 2 jam dengan menggunakan bis). Dari Pelabuhan Merak kemudian menyeberang ke Pelabuhan Bakaheuni di Lampung (3-4 jam). Darisana kami menyewa angkot hingga Dermaga Ketapang di Lampung Timur (2,5-3 jam). Dari Dermaga Ketapang barulah kami menyewa perahu motor untuk berkeliling pulau.

1) Pulau Kelagian

Pulau Kelagian tidak terlalu jauh dari Dermaga Ketapang. Cukup sekitar 30 menit saja kita sudah bisa sampai kesana. Salah satu yang menarik dari pulau ini adalah pantainya yang masih bersih dan berpasir putih. Kalau air sedang pasang, sangat asyik berenang atau sekedar mencemplungkan badan di pantainya. Namun hati-hati jangan berenang terlalu jauh dari pinggir pantai karena sekitar 10 meter dari pinggir lautnya langsung menjorok dan dalam. Jadi jika ada diantara anda yang atau teman anda yang mungkin tidak bisa berenang, berhati-hatilah, jangan sampai melewati batas yang telah dipasang.

Beberapa teman sedang makan pagi di dermaga sambil menikmati pemandangan alam yang indah

Hal lain yang menarik di pulau ini kita bisa ber-kano. Disini disewakan kano-kano untuk berkeliling di sekitar pantai. Seru loh! Apalagi jika dilakukan pagi-pagi sambil menikmati hangatnya mentari pagi.

Menyambut pagi di Pulau Kelagian

Di Pulau Kelagian kita dapat mendirikan tenda untuk bermalam. Berdasarkan perjalanan kami kemarin, di pulau ini sudah terdapat penginapan namun terbatas, baru satu jumlahnya. Tapi nenda seru juga di pulau ini :). Dua kali berkunjung, dua kali pula kami nenda di pulau ini. Tapi, mendirikan tenda di pulau ini dikenai biaya. Tapi gak mahal-mahal amat kok. 🙂

2) Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus berjarak kurang lebih 1 jam berperahu motor dari Pulau Kelagian. Disini kita dapat ber-snorkeling ria atau sekedar bermain di pulau. Spot snorkeling disini cukup berarus, jadi akan sedikit menguras energi. Namun kita dapat menjumpai Nemo disini.

Nemo-Nemo di Tanjung Putus. Foto oleh Dini Kuswidyastuti

3) Pulau Gosong

Saat berkunjung kesana, kami tidak turun ke daratan, tapi hanya ber-snorkeling dan ber-freedive ria :). Seruuuu…Perhatikan saja teman saya Aziz berikut yang sepertinya begitu menikmati 🙂 ..

Sayapun menikmatinya :)….

Dua teman saya ini juga terlihat sumringah 🙂

4) Pulau Pahawang Kecil

Pulau ini katanya disewa oleh warga negara Perancis. Di pulau ini terdapat semacam pasir timbul yang memanjang yang membelah lautan. Kita dapat bermain disini. Berfoto-foto dan bisa juga snorkeling. Di pasir ini kita juga dapat menemukan kepiting berwarna putih yang lucu-lucu yang sangat lihai berkamuflase dibalik pasir putih.

Berfoto ria bersama teman-teman 🙂

5) Pulau Tegal

Jujur, saya gak tau apa hubungannya antara Pulau Tegal dengan Kota Tegal. Jujur loh…. He..he.. Tapi yang jelas, asyik berenang, snorkeling dan bermain disini. Pulau Tegal juga tidak jauh dari Dermaga Ketapang ataupun dari Kelagian. 30 menitan saja. Kalau dari Kelagian arahnya kira-kira ke arah Utara.

Perjalanan menuju Pulau Tegal. Di depan terlihat Pulau Tegal

Saya bersama seorang teman, Taufiq, nyemplung di perairan Pulau Tegal…..Segarrrr… 🙂

6) Pulau Pasir Timbul

Pulang dari Pulau Tegal, kami singgah di Pulau Pasir Timbul sebelum kembali ke Pulau Kelagian. Sesuai namanya disini terdapat bagian pasir yang timbul di tengah lautan.

7) Pulau Maitem

Sesampainya di spot snorkeling di Pulau Maitem, saya sayangnya tidak sempat mengambil foto-foto karena sudah tidak sabar nyemplung ke dalam laut. 🙂 Yang jelas karang dan ikan-ikannya mirip-mirip dengan spot lainnya di enam pulau di atas.

Selain dari Dermaga Ketapang, kita juga dapat mengakses pulau-pulau ini dari Pantai Klara. Untuk bisa mengunjungi pulau-pulau di atas tidak perlu waktu lama kok. Weekend juga bisa, seperti yang kami lakukan.

Kontributor:

Dini Kuswidyastuti, lebih sering dipanggil Dee. Pecinta wisata laut dan pulau yang mengenal dunia snorkeling sejak tahun 2006 ini merasa hidupnya lebih lengkap kalau ada tiga hal : laut biru, pantai pasir putih , dan matahari cerah. Apalagi kalau ditambah ikan dan coral yang berwarna-warni, “sakaw” lautnya hilang seketika. Hobby mengkoleksi pernak-pernik berbentuk lumba-lumba, kerang, dan semua yang berhubungan dengan laut. Walau sudah mengujungi beberapa spot snorkeling, pantai, dan pulau , masih banyak lagi spot yang masuk ke dalam daftar “Dream Destinations” nya di Indonesia. Terus berharap, berdoa dan ikut menjaga, semoga spot snorkeling, pantai, pulau dan semua tempat wisata di Indonesia tetap terjaga kelestariannya

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *