Tempat-Tempat Menarik di Maumere dan Sekitarnya

Penulis: Niko Tujuhlangit

Anda berencana melakukan trip overland Flores? Akan singgah di Maumere jugakah? Maumere acapkali dijadikan sebagai salah satu tujuan dalam rangkaian trip overland Flores. Kita bisa start dari Labuan Bajo dan berakhir di Maumere atau sebaliknya bisa mulai dari Maumere dan berakhir di Labuan Bajo. Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kalau berkunjung ke maumere, kira-kira tempat menarik apa saja yang bisa dikunjungi? Waktu itu, saya dan seorang teman mencoba mengunjungi beberapa tempat di Maumere. Memang tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi karena waktu yang terbatas. Waktu itu kami menginap semalam di Maumere sebelum menuju Kupang. Seperti biasa, kalau berkunjung ke berbagai tempat, saya lebih menyukai menyewa sepeda motor. Rasanya lebih fleksibel dan seru saja kalau menjelajah dengan menggunakan sepeda motor.

Berikut beberapa tempat yang bisa anda kunjungi kalau singgah di Maumere:

1. Bukit Nilo

Bukit Nilo merupakan nama sebuah tempat di Maumere. Darisini kita dapat menyaksikan pemandangan Kota Maumere dan hamparan laut yang luas. Selain itu di Bukit Nilo juga terdapat Patung Bunda Maria dengan tinggi sekitar 18 meter. Patung ini dibangun menghadap kearah kota dan laut. Didirikan tahun 2005. Tempat ini dijadikan sebagai tempat ziarah dan perayaan hari keagamaan seperti Paskah. Ada bebeberapa patung kecil lainnya yang bisa kita temui di jalan masuk menuju Patung Bunda Maria. Ketika kami datang kesana, salah seorang pengunjung bercerita kalau dulu patung ini pernah roboh karena kurang kuatnya pondasinya.

Patung Bunda Maria. Canon EOS 500D

Untuk menuju ke Patung Bunda Maria diperlukan waktu kurang lebih 45 menit – 1 jam bersepedamotor dari pusat Kota Maumere. Waktu itu kami berdua berangkat sore hari dari penginapan kami di Hotel Gardena Maumere yang terletak di Jalan Patirangga. Arahnya kearah Kecamatan Nita. Kalau dari pusat kota nanti jalan masuk menuju Patung Bunda Maria ada disebelah kanan jalan. Dari sana kita akan melewati jalan menanjak melewati perbukitan menuju Patung Bunda Maria.

2. Pantai Kajuwulu

Kalau anda ke Maumere, maka ini adalah salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Pantai Kajuwulu terletak di dekat Kecamatan Magepanda. Dari pusat kota arahkan kendaraan anda ke Jalan Gajah Mada, salah satu jalan utama di Maumere. Lalu lanjutkan ke arah pelabuhan. Nah sesampainya di depan gerbang pelabuhan, ikuti terus jalan beraspal tersebut. Jalurnya merupakan jalur pantai utara Maumere. Anda akan melewati Jalan Raya Maumere – Magepanda. Anda akan melewati jalan- jalan di pesisir pantai dengan pemandangan bukit-bukit yang menawan. Jika anda bingung, jangan khawatir. Tanya saja sama masyarakat setempat. Bilang saja ke arah Kajuwulu. Kalau mereka tidak tahu, coba bilang arah Tanjung. Berdasarkan perjalanan saya berdua dengan teman, dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 – 1,5 jam dengan sepeda motor dari pusat kota menuju Kajuwulu.

Salib di atas bukit. Canon EOS 500D

Sebenarnya menurut saya pribadi yang menarik dari tempat ini justru bukan pantainya tapi pemandangan dari atas bukitnya yang sangat menawan. Di Kajuwulu terdapat sebuah salib yang dibangun di atas salah satu bukit. Kalau anda dari Maumere, maka nanti bukit dimana salib tersebut dibangun berada di sebelah kiri jalan. Nah, cobalah anda naik ke atas bukit menuju salib tersebut maka dari atas sana anda akan menyaksikan pemandangan laut dan perbukitan yang menakjubkan.

Pemandangan dari atas bukit di Kajuwulu. Canon EOS 500D

3. Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut merupakan museum terbesar di Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya saya agak bingung dan kurang percaya kalau museum ini dikatakan museum terbesar di NTT, karena kalau anda kesana museumnya tidak terlalu besar. Museum Bikon Blewut terletak di Sekolah Tinggi St. Paulus Ledalero. Ini merupakan sekolah pertama di Indonesia yang mengajarkan filsafat. Sekolah ini mencetak pastor-pastor.

Suasana di dalam ruangan museum. Canon EOS 500D

Bagi anda pecinta sejarah dan barang-barang purbakala maka Museum Bikon Blewut adalah destinasi yang patut untuk anda kunjungi. Disini terdapat berbagai barang-barang purbakala mulai dari fosil tengkorak manusia, gelas, wajan, perhiasan, porselin Cina, beraneka kerang, batu-batu purbakala, anyaman, tenunan dan ukiran. Disini kita juga dapat menyaksikan fosil gading Stegoddon si gajah purba. Selain itu terdapat pula tengkorak manusia kerdil Flores.

Ketiga tempat di atas dapat anda kunjungi dalam waktu sehari. Nah, kalau teman-teman punya banyak waktu di Maumere, masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi di Maumere dan sekitarnya. Berikut beberapa diantara tempat yang kami peroleh infonya saat berkunjung kesana.

1. Desa Nuabari (Nuabari Village)

Desa Nuabari merupakan salah satu desa tradisional. Desa ini terletak sekitar 52 km dari pusat Kota Maumere. Desa ini terkenal salah satunya dengan penguburan jenazah. Kuburan disini dibuat dari batu. Jenazah akan langsung dimasukkan ke kuburan yang terbuat dari batu dan kemudian ditutup dengan batu pula. Desa ini terletak di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka.

2. Desa Paga (Paga Village)

Desa tradisional Paga terletak di Kecamatan Paga, sekitar 45 km dari Maumere, di antara Maumere dan Ende. Di sebelah Barat Desa Paga terdapat sebuah pantai indah berpasir putih; Pantai Koka.

3Desa Lela (Lela Village)

Disini terdapat beberapa bangunan kuno sejak zaman Belanda. Desa Lela terkenal sebagai tempat ziarah. Desa Lela berjarak kurang lebih 24 km dari Maumere.

4. Taman Wisata Alam Wairterang

Sesuai namanya di tempat ini terdapat beraneka flora dan fauna seperti monyet dan beraneka burung. Taman Wisata Alam Wairterang terletak sekitar 31 km sebelah Timur Maumere, kea rah Larantuka.

5. Pantai Patiahu

Pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih ini terletak sekitar 36 km Timur Maumere, ke arah Larantuka. Banyak terdapat pohon kelapa di pantai ini. Tidak jauh dari area pantai terdapat goa alam dengan stalagmite dan stalagtitnya.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *