Taman Nasional Baluran, Serasa di Afrika

Oleh: Niko Tujuhlangit

Serasa di Afrika? Saya memang belum pernah ke Afrika namun nuansa ”Afrika” yang terkenal dengan alam liar, padang savana dan eksotismenya tersebut; yang sering kita saksikan lewat televisi, majalah dan berbagai media lainnya; dapat dirasakan di sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Namanya Taman Nasional Baluran.

Itulah kesan pertama yang saya rasakan saat menginjakkan kaki di taman nasional ini di awal tahun 2010 lalu. Hmmm…Lihat saja hamparan padang ilalang di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran berikut ini. Savana Bekol merupakan salah satu kawasan yang terdapat di Taman Nasional Baluran, berupa hamparan padang ilalang yang luas. 

 Savana Bekol, Taman Nasional Baluran. Foto: Niko Tujuhlangit
Foto: Niko Tujuhlangit

Untuk menuju ke Savana Bekol kita harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 30 menit dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran. Kita akan menyusuri jalan yang dikiri-kanannya terdiri atas hutan. Jalan-jalan yang diilalui memang tidak mulus namun hijaunya hutan membuat perjalanan terasa menyenangkan, apalagi di sepanjang perjalanan menuju Savana Bekol, jika beruntung, anda bisa saja berjumpa dengan berbagai satwa liar di taman nasional ini.

Jika cuaca cerah, hamparan hijau ilalang di Savana Bekol ini dipadu dengan megahnya awan dan langit biru, benar-benar menimbulkan sensasi bahwa kita sedang berada di Afrika.

Foto: Niko Tujuhlangit
Foto: Niko Tujuhlangit

Jika anda berkunjung kesini, tentunya jangan lewatkan kesempatan berfoto bersama teman-teman atau keluarga tercinta di tengah hamparan padang ilalang ini.

Foto: Niko Tujuhlangit

Selain hamparan padang ilalang, di kawasan Savana Bekol ini juga terdapat sebuah menara pandang. Menara pandang ini berguna untuk mengamati berbagai satwa liar di kawasan ini. Dari sini anda juga bisa menyaksikan pemandangan yang mengagumkan.

Foto: Niko Tujuhlangit

Ada berbagai objek lain yang sebenarnya bisa dikunjungi di Taman Nasional Baluran selain Savana Bekol, seperti Pantai Bama, Curah Tangis, Goa Jepang, Gunung Baluran. Namun saat itu saya dan beberapa teman tidak sempat berkunjung kesana.

Taman Nasional Baluran merupakan satu dari empat taman nasional (tiga yang lainnya adalah Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Alas Purwo) yang terdapat di Jawa Timur. Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25.000 Ha, dimana sebagian besar areanya didominasi oleh padang savana. Disini terdapat berbagai jenis satwa liar seperti Banteng Jawa, Rusa, Macan, Kijang, dll serta berbagai jenis pohon dan tumbuhan. Jika beruntung, maka anda bisa menyaksikan sekumpulan Rusa, Banteng, berbagai jenis burung dan satwa liar lainnya berkeliaran disini.Taman Nasional Baluran? Satu lagi keindahan alam Indonesia!

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *