Perjalanan Menuju Pulau Banyak di Aceh (Bagian 1)

Oleh: Niko Tujuhlangit

Ada yang pernah mendengar nama Kepulauan Banyak? Mungkin nama kepulauan ini belum terlalu familiar di telinga kita. Meski demikian, di kepulauan ini banyak terdapat pulau-pulau cantik dan belum terlalu tersentuh oleh wisatawan dengan pantai-pantai yang eksotis. Ada kurang lebih 99 buah pulau di Kepulauan Banyak. Pulau-pulau tersebut diantaranya Pulau Palambak Besar dan Palambak Kecil, Pulau Balai, Pulau Asok, Pulau Biawak, Pulau Lambisi, Pulau Gosong, Pulau Tuanku, Pulau Bangkaru, Pulau Tailana, Pulau Orongan, dll. Cepat atau lambat, mungkin kepulauan ini akan segera tenar.

Namun untuk menuju ke pulau ini memang tidak mudah. Bagaimana cara menuju Kepulauan Banyak?

Kepulauan Banyak masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Meskipun demikian, untuk menuju kesana biasanya orang lebih memilih berangkat dari Medan ketimbang dari Banda Aceh. Mengapa demikian? Posisinya yang memang lebih berada di sisi sebelah ujung bawah Aceh membuat tempat ini justru lebih mudah dan dekat jika diakses dari Medan. Pertimbangan lain, pesawat menuju Medan mungkin lebih banyak pilihannya dibandingkan ke Aceh.

Bagi anda yang berencana berkunjung kesana, berikut sedikit catatan perjalanan saya bersama beberapa orang teman tentang bagaimana cara menuju Kepulauan Banyak, Aceh.

1. Menuju Medan.

Pertama-tama kita menuju Medan terlebih dahulu. Tergantung dari mana anda berasal, ada banyak pilihan moda transportasi menuju Medan. Waktu itu saya dan teman-teman berangkat dari Jakarta menuju Medan melalui udara. Kebetulan waktu itu kami mendapatkan tiket murah 🙂 .

Jika menggunakan pesawat maka bandara sekarang telah dialihkan ke Bandara Kualanamu, Medan. Bandara baru ini benar-benar terasa berbeda dari bandara lama; Bandara Polonia, Medan. Salah satu perbedaannya adalah letak bandara. Kalau Bandara Polonia terletak di tengah Kota Medan, maka Bandara Kualanamu justru cukup jauh dari Medan. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bandara Kualanamu menuju Kota Medan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

2) Medan – Aceh Singkil

Dermaga penyeberangan menuju Kepulauan Banyak terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Untuk transportasi kesana, kami waktu itu menyewa travel dari Bandara Kualanamu menuju Aceh Singkil. Bentuk mobilnya seperti foto berikut. Waktu itu kami bersepuluh menuju kesana. Per orang dikenai tarif Rp 90 ribu hingga Aceh Singkil. Lama perjalanan dari Medan hingga Aceh Singkil lebih kurang 10 jam.

Travel HIMPAK yang kami gunakan untuk menuju Aceh Singkil dari Medan

Dermaga penyeberangan ke Kepulauan Banyak terletak tidak jauh dari pool travel tersebut. Waktu itu kami langsung diantar ke dermaga tersebut.

3) Aceh Singkil – Kepulauan Banyak

Nah, ini yang perlu benar-benar diperhatikan. Ada dua dermaga penyeberangan menuju Kepulauan Banyak. Satunya menggunakan kapal/feri sedangkan satu lagi adalah menggunakan perahu rakyat. Kedua dermaga ini tidak terlalu berjauhan. Mungkin hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

Jadwal kapal/feri menuju ke Kepulauan Banyak tidak setiap hari. Berdasarkan info saat kami berkunjung kesana, kapal/feri menyeberang ke Kepulauan Banyak setiap hari Selasa dan Jumat. Rutenya hari Selasa kapal ini akan menyeberang ke Kepulauan Banyak. Kemudian kembali lagi ke Kepulauan Banyak pada hari Rabu pagi. Berangkat kembali ke Kepulauan Banyak hari Jumat siang dan pulang kembali ke Aceh Singkil hari Minggu pagi. Demikian seterusnya siklusnya. Kapal/feri ini juga menyeberang ke Kepulauan Nias. Jadi jadwalnya akan berselang-seling antara ke Nias dan Kepulauan Banyak.

Pilihan kedua adalah dengan menggunakan perahu rakyat. Kalau perahu rakyat hampir ada setiap hari. Masyarakat setempat sering juga menggunakannya sebagai pilihan transportasi. Tapi…Perlu diperhatikan kapal/feri atau perahu rakyat ini bisa saja tidak berangkat sewaktu-waktu, tergantung pada kondisi cuaca dan ombak. Dibutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam menyeberang dari Aceh Singkil menuju Pulau Balai, Kepulauan Banyak.

Pelabuhan Rakyat di Aceh Singkil. Disinilah kita dapat menemukan perahu yang menyeberang ke Kepulauan Banyak

Penginapan di Aceh Singkil 

Jika seandainya cuaca tidak mendukung sehingga mengakibatkan anda tidak dapat menyeberang ke Kepulauan Banyak, maka di sekitar dermaga terdapat beberapa penginapan. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Salah satu penginapan di Aceh Singkil
Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *