Mengintip Dunia Bawah Laut Pulau Semut

Foto-Foto oleh: Edwin Widjanarko

Tulisan oleh: Niko Tujuhlangit

Sebelumnya, terimakasih kepada rekan saya Edwin yang sudah memperkenankan saya memakai foto-fotonya dalam tulisan ini.

Buat anda pecinta dunia bawah laut, sebenarnya kalau anda tidak memiliki banyak waktu untuk traveling jauh-jauh, Kepulauan Seribu lebih dari cukup untuk menikmati keindahan bawah laut. Hanya saja mungkin kita butuh sedikit mengeksplorasi kepulauan ini mengingat banyaknya pulau-pulau yang bertebaran. Ada ratusan pulau di Kepulauan Seribu. Jadi, kalau anda rajin mengeksplorasi, pasti akan menemukan banyak spot-spot menarik.

Lagi, sedikit tulisan dari perjalanan saya bersama beberapa orang teman ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Pulau Semut namanya. Unik bukan? ^_^ .. Diantara pulau-pulau lainnya yang bertebaran di Kepulauan Seribu, Pulau Semut mungkin salah satu pulau yang belum dikenal oleh banyak wisatawan. Pulau ini dari segi ukuran tidak terlalu besar. Mungkin bisa jadi karena itulah pulau ini dinamai dengan Pulau Semut. Selain Pulau Semut, di Kepulauan Seribu ada beberapa pulau lainnya yang juga diberi nama binatang, seperti Pulau Tikus dan Pulau Macan.

underwater pulau semut
underwater pulau semut kepulauan seribu

Di Pulau Semut kita dapat menikmati keindahan bawah laut yang lumayan masih oke jika dibandingkan dengan beberapa pulau lainnya. Diantara beberapa pulau yang pernah saya kunjungi di Kepulauan Seribu, Pulau Semut merupakan salah satu spot yang cukup oke untuk snorkeling. Cuma memang disini terkadang arus agak kencang sehingga beberapa kali sempat keruh sehingga membatasi jarak pandang.

underwater pulau semut kepulauan seribu
underwater pulau semut kepulauan seribu

Sejuk terasa menyaksikan pemandangan seperti ini…

underwater pulau semut kepulauan seribu
underwater pulau semut kepulauan seribu

Di Pulau Semut kita bisa mendirikan tenda. Hanya saja kalau anda kesini siap-siap jika seandainya perahu tidak bisa menepi. Waktu itu kami berencana camping di pulau ini, tapi sayang rencana tersebut batal karena perahu tidak bisa menepi karena dangkalnya perairan sehingga dikhawatirkan jika dipaksakan menepi akan merusak terumbu karang. Akhirnya waktu itu kami mencari pulau lain untuk mendirikan tenda; yakni Pulau Opak Besar. Silahkan nikmati cerita tentang Pulau Opak Besar di link berikut:

Link: https://viewindonesia.com/pulau-opak-besar-keindahan-yang-terlewatkan-dari-kepulauan-seribu/

Bagaimana Cara Menuju Kesana?

Tidak terlalu sulit mencapai Pulau Semut. Dari Pelabuhan Muara Angke, anda dapat naik kapal yang menuju Pulau Pramuka. Lalu dari Pramuka baru menyewa perahu menuju Pulau Semut. Tentunya sebelum sampai di Pulau Semut anda dapat singgah di beberapa pulau lainnya seperti Pulau Kotok Kecil dan Kotok Besar.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *