Menanam Pohon Saat Mendaki Gunung Tampomas

Oleh: Niko Tujuhlangit

Menanam pohon saat melakukan pendakian gunung? Itulah yang dilakukan oleh beberapa rekan pendaki kita yang berasal dari Sumedang saat kami melakukan pendakian Gunung Tampomas pada 18-19 Februari 2012 yang lalu. Mereka membawa beberapa bibit pohon dari bawah dan ditanam di beberapa titik pendakian di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Tampomas.

Foto oleh Muhammad Jaka Nurrahmat

Hal ini dilakukan sebagai bagian untuk tetap menjaga kelestarian gunung khususnya dan alam pada umumnya. Meskipun jumlah pohon yang mereka tanam tidak banyak seperti halnya penanaman massal pohon di gunung yang sering dilakukan, tapi tindakan ini patut dipuji dan diacungkan jempol. Selain sebagai wujud kepedulian terhadap gunung dan alam, tindakan ini sedikit banyak memberikan contoh dan stimulus bagi pendaki lainnya.

Mendaki gunung bukan hanya sekedar memenuhi hasrat untuk menjejakkan kaki di puncak-puncak tinggi, namun dibalik itu semua ada tanggung jawab untuk bersikap baik terhadap alam. Tidak membuang sampah sembarangan, membawa kembali sampah-sampah ke bawah pada saat turun gunung dan menanam pohon di gunung, adalah beberapa perwujudan rasa peduli terhadap gunung dan alam.

Semoga apa yang dilakukan oleh rekan-rekan kita ini bisa terus berlanjut, tumbuh dan terus menjalar.

Salam lestari!

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *