Lombok Tak Kalah Indah Dengan Bali

Oleh: Niko Tujuhlangit

Lombok adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari Propinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini berbatasan dengan Bali disebelah Barat dan Selat Alas di sebelah Timur dari Sumbawa. Disekitarnya pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang sering disebut dengan Gili. Lombok sendiri secara administratif terdiri atas empat kabupaten dan sebuah kotamadya, yakni Kabupaten Lombok Utara, Tengah, Timur dan Barat serta Kotamadya Mataram. Mataram sendiri merupakan ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat. Penduduknya sebagian besar merupakan keturunan Suku Sasak; suku asli masyarakat Lombok, dengan mayoritas beragama Islam.

Berbicara mengenai dunia pariwisata, mungkin beberapa tahun lalu nama Lombok belum begitu terkenal. Kalah tenar dengan tetangganya, Bali, yang sudah begitu mendunia sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit. Namun perlahan tapi pasti, seiring dengan berjalannya waktu Lombok semakin menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu tujuan wisata yang patut diperhitungkan. Namanya kini mulai diperbincangkan dikalangan pecandu dan pecinta jalan-jalan. Wisatawan lokal maupun mancanegara semakin banyak berhamburan mengunjungi pulau ini.

Jika melihat potensi wisata yang ada di Lombok maka bukan tidak mungkin kelak Lombok akan menjadi Bali berikutnya. Seperti halnya Bali, berbagai jenis objek wisata juga tersaji di pulau ini mulai dari gunung, pulau, panorama bawah laut, pantai, air terjun, wisata budaya hingga kuliner. Gunung, pulau, laut dan pantai saat ini merupakan objek wisata yang paling menonjol di Lombok.

Gunung

Jika berbicara gunung di Lombok, pasti kita tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Gunung yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di nusantara ini merupakan daya tarik utama pariwisata Lombok dan Indonesia. Keindahan panoramanya yang memukau membuat gunung ini tidak hanya didaki oleh pendaki-pendaki profesional namun juga oleh kalangan non pendaki alias masyarakat umum. Rinjani juga merupakan salah satu gunung di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Jika anda berkunjung kesini, maka sepanjang pendakian anda akan sering berjumpa dengan wisatawan mancanegara dari Eropa, Amerika, hingga Asia seperti dari Jepang, Malaysia dan Singapura.

Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anakan yang cantik. Foto oleh Niko TujuhLangit.

Pulau

Wisata pulau? Lombok terkenal dengan 3 Gili nya, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tiga pulau yang terletak di Kabupaten Lombok Utara ini merupakan destinasi pulau yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Lantas apakah Lombok hanya tentang 3 Gili? Tentu saja tidak. Ada banyak pulau atau gili-gili lainnya yang juga tidak kalah menawan dibandingkan 3 Gili. Hanya saja mungkin gili-gili tersebut belum terlalu terekspos dan belum dikelola secara maksimal. Ada banyak pulau yang bisa anda kunjungi di Barat, Timur, Utara dan Selatan Lombok. Sebut saja Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak, Gili Getis, Gili Kondo, Gili Lampu, Gili Poh, Gili Lontar, Gili Indah, Gili Bidara, Gili Solet, Gili Lontar, dan lain-lain.

Suasana mendung di Gili Nanggu. Foto oleh Niko TujuhLangit.

Pantai

Soal pantai Lombok tak perlu diragukan lagi. Salah satu surganya wisata pantai Indonesia. Pantai-pantai indah dan eksotis tersebar di penjuru-penjuru pulau ini. Mulai dari yang ramai dikunjungi orang hingga pantai-pantai yang masih belum terekspos ke permukaan. Coba saja anda berkunjung ke pantai Tanjung Aan, Cemara, atau pantai-pantai yang terdapat di gili-gili. Keindahan pantai-pantai Lombok semakin lengkap dengan banyaknya bukit-bukit dan tebing-tebing yang menjadi latar alias background. Sebut saja misalnya Pantai Surga, Pantai Kaliantan, dll. Memang tidak dapat dipungkiri, beberapa pantai sangat disayangkan kurang terawat alias banyak sampah. Namun hal ini tidak serta-merta menutup keindahan asli pantai tersebut. Jika dikelola lebih baik dan dibersihkan, keindahan pantai tersebut akan muncul ke permukaan. Memang dibutuhkan kesadaran pengunjung dan partisipasi pemerintah serta masyarakat untuk terus menanamkan kesadaran betapa potensi wisata pantai-pantai di Lombok sangat tinggi.

Pantai Cemara. Foto oleh Niko TujuhLangit.
Pantai Kaliantan. Foto oleh Niko TujuhLangit.
Pantai Kuta Lombok. Foto oleh Niko TujuhLangit.
Pantai di Gili Meno. Foto oleh Niko TujuhLangit.

Menikmati Senja dan Matahari Tenggelam

Lombok merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati suasana senja dan matahari tenggelam. Duduklah di pinggir-pinggir pantai Gili Trawangan atau mungkin di Bukit Malimbu, menunggu matahari tenggelam. Atau bermainlah ke pesisir pantai di sekotong Barat saat senja…..Hmm….indah dan eksotis….Menghabiskan waktu senja dan menikmati matahari tenggelam bersama keluarga atau pasangan anda di Lombok tentunya akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan.

Sunset di Sekotong Barat. Foto oleh Niko TujuhLangit
Senja di Gili Trawangan. Foto oleh Niko TujuhLangit.

Jadi..Mungkinkah Lombok menjadi Bali berikutnya Indonesia? Kita tunggu sajaa…

Nantikan tulisan selanjutnya masih tentang Lombok, yakni tentang salah satu gunung terindah di Indonesia: “Menggapai Puncak Anjani”

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *