Lautan Sampah di Perairan Dekat Pulau Pari

Oleh: Niko Tujuhlangit

Anda tahu foto berikut ada dimana?

Lautan sampah di perairan di Dekat Pulau Pari
Foto: Niko Tujuhlangit

Waktu itu saya dan beberapa teman-teman lainnya sedang ber-snorkeling ria di beberapa spot snorkeling di salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Saat menuju salah satu spot yang bernama APL di dekat Pulau Pari, kami menyaksikan lautan pemandangan sampah yang terhampar sedemikian fantastis di atas permukaan laut biru. Saat sampai di spot, kami mendapati pemandangan yang hampir serupa, sampah bertebaran dimana-mana! Kamipun akhirnya memutuskan untuk tidak snorkeling di tempat tersebut. Saya sudah tiga kali datang ke pulau Pari dan pernah juga snorkeling di APL tersebut. Namun baru pada kunjungan ketiga menemukan pemandangan seperti ini. Karang-karangnya cukup bagus demikian juga ikan-ikannya. Namun bisa anda bayangkan jika anda harus ber-snorkeling bersama sampah-sampah tersebut! Dengan air yang tercemar oleh berbagai jenis sampah dan kotoran!

Berdasarkan penuturan guide kami, sampah-sampah tersebut merupakan kiriman rutin dari Jakarta. Pada waktu-waktu tertentu sampah-sampah tersebut terbawa air laut menuju perairan Pulau Pari dan pulau-pulau disekitarnya. Terlepas dari itu sampah bawaan atau bukan, yang jelas laut kita yang seharusnya indah telah terkotori. Penyebabnya apa? Jelas karena kita telah membuang sampah-sampah tersebut ke laut. Apa yang dapat kita pelajari darisini? Sesuatu yang indah dan cantik bisa menjadi tidak indah lagi jika terkotori oleh sampah. Anda yang sering menjelajah dan traveling ke berbagai tempat di Indonesia pasti sering menjumpai hal seperti ini. Banyak objek-objek wisata yang sebenarnya cantik dan menawan, namun kecantikan tersebut pudar karena sampah.

Anda yang mencintai keindahan alam negeri ini tentunya tidak menginginkan hal seperti ini terus terjadi. Yuk, mari jaga keindahan alam negeri ini. Stop membuang sampah ke laut. Laut bukan tempat sampah. Jangan pernah berpikiran bahwa toh laut itu luas dan sampah pasti akan “tertelan” air laut kok. Nah, foto di atas cukup untuk membuktikan bahwa sampah-sampah yang kita buang ke laut tidak “tertelan” oleh air laut. Sampah-sampah tersebut justru terapung-apung dan terbawa mengikuti pergerakan gelombang laut. Siapa yang tidak miris rasanya setiap kali melihat tempat-tempat indah di negara ini kotor oleh sampah. Siapa yang tidak miris rasanya ketika menyaksikan saat ada traveler atau pengunjung yang dengan santainya melemparkan sampah ke laut. Siapa lagi yang akan menjaga keindahan dan kelestarian pulau, pantai dan laut kita jika bukan kita sendiri. Yuk, mari sama-sama saling mengingatkan.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *