Jalan-Jalan Mulus dan Berbelok-Belok Pulau Weh

Oleh: Niko Tujuhlangit

Pulau Weh adalah salah satu pulau dari ribuan pulau yang tersebar di nusantara. Secara administratif Pulau Weh merupakan bagian dari Propinsi Aceh. Pulau ini berjarak kurang lebih sekitar 32 KM dari Kota Banda Aceh. Pulau ini dapat dicapai dengan menyeberangi laut dari Pelabuhan Ulee Lheue selama lebih kurang satu jam perjalanan menuju Pelabuhan Balohan.

Jika anda berkunjung ke pulau ini, selain pantai-pantainya yang eksotis, ada satu hal menarik lainnya yang bisa ditemukan disini; jalan-jalannya yang mulus dan berbelok-belok!

Salah satu sisi jalan menjelang Iboih

Cobalah menyusuri jalan-jalan di pulau ini dari Timur ke Barat! Ah, benar-benar menyenangkan! Anda dapat memulai perjalanan dari daerah Sumur Tiga atau bisa juga dari pusat Kota Sabang (Ibukota Pulau Weh) menuju titik terujung pulau ini, yakni Tugu Kilometer Nol (KM-0) Indonesia. Disepanjang perjalanan anda akan disuguhi indahnya pemandangan pantai-pantai di Pulau Weh, hamparan laut biru, serta hutan-hutan sejuk di kiri-kanan jalan.

Pemandangan hamparan laut biru akan sering kita jumpai saat menyusuri jalan-jalan di Pulau Weh

Jangan heran jika anda menyusuri jalan-jalan di Pulau Weh, anda akan merasakan nikmatnya sensasi berkendaraan. Hampir sebagian besar jalan-jalannya mulus dan masih sepi dari kendaraan bermotor. Jarang ditemukan truk-truk besar dan sejenisnya seperti yang sering kita saksikan di kota-kota besar di tanah air.

Salah satu ruas jalan di pusat Kota Sabang

Selain itu, jalan-jalan disini relatif lebar sehingga sangat menyenangkan untuk dilalui. Di beberapa titik seperti menjelang Tugu Kilometer Nol jalan agak menyempit. Jadi berhati-hatilah! Perhatikan kendaraan lain dari arah yang berlawanan. Bunyikan klakson setiap kali anda melewati belokan.

Ruas jalan menuju Tugu Kilometer Nol yang agak menyempit

Banyak tikungan tajam dalam perjalanan menuju Tugu Kilometer Nol. Ciri khas lainnya adalah jalan-jalan disini menyusuri dan membelah perbukitan. Terdapat beberapa tanjakan dan turunan yang cukup curam.  Meskipun jalan-jalan disini sepi dan mulus, tetap jaga kecepatan kendaraan anda pada batas aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda berkunjung ke Pulau Weh suatu saat nanti, kami menyarankan anda mencoba menggunakan sepeda motor dan rasakan sensasi menyusuri jalan-jalan di pulau ini!

Selamat berlibur!

Please follow and like us: