Dimanakah Puncak Tertinggi 2249 Guntur Berada?

Oleh: Niko Tujuhlangit

Bagi anda yang belum membaca artikel terdahulu yang berjudul “Menerobos 5 Gunung, Menuju Puncak Tertinggi Guntur”, saya sarankan membaca artikel tersebut terlebih dahulu karena berkaitan erat dengan tulisan ini. Silahkan klik link artikel terkait di atas.

April 2012 saya dan beberapa teman mengadakan pendakian ke Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat. Setelah melalui perjalanan yang melelahkan saya dan empat orang teman akhirnya berhasil sampai di Bukit 5. Meskipun demikian, ada satu pertanyaan yang masih tersisa yang belum terjawab hingga kami turun dari gunung. Sampaikah kami di puncak tertinggi Gunung Guntur yang berdasarkan berbagai sumber di internet dikatakan memiliki ketinggian 2249 mdpl?

Dari berbagai artikel yang sempat saya baca di internet ada berbagai cerita perjalanan dan pendapat yang berbeda mengenai dimana posisi puncak tertinggi Gunung Guntur. Bukit 2, 3, 4 atau di Bukit 5? Beberapa menyebutkan bahwa puncak tertinggi Gunung Guntur adalah Puncak 2 yang terletak di Bukit 3. Adapula yang mengatakan bahwa posisi 2249 mdpl tersebut terletak di Bukit 5, bukit terakhir yang kami naiki saat melakukan pendakian. Dalam perjalananpun saya sempat bertanya kepada beberapa pendaki dan jawaban yang saya dapatkanpun berbeda-beda.

Tulisan ini saya tulis karena rasa penasaran mengenai dimana posisi 2249 mdpl tersebut. Selain itu semoga dengan menulis ini kita semua bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dari pembaca dan pendaki lain yang pernah sampai di Puncak 2249 mdpl tersebut.

Bukit 5 (paling kanan) dilihat dari Puncak 3. Di foto terlihat ada 3 Bukit. Yang ditengah (sebelah kiri Bukit 5) adalah Bukit 6.

Saat sampai di area gersang berbatu keras seluas kira-kira dua kali lapangan bola voli di atas Bukit 5 (bukit terakhir yang kami naiki, perhatikan gambar diatas), kami baru menyadari bahwa kami belum sampai di titik tertinggi bukit ini. Itu artinya kami belum sampai di 2249 mdpl. Mengapa demikian? Ada dua alasan yang menguatkan hal ini.

1. Pada saat berada di Puncak 3 (puncak Bukit 4), salah seorang teman (yang tidak ikut melanjutkan perjalanan ke Bukit 5) sempat mengecek ketinggian dengan menggunakan GPS dan ternyata ketinggian Puncak 3 ini adalah 2134 mdpl. Itu artinya masih ada sekitar 100-an meter lagi sebelum sampai di ketinggian 2249 mdpl. Ketinggian area seluas dua kali lapangan bola voli di Bukit 5 seperti yang terlihat di foto di atas, jika dilihat secara kasar tidak berbeda jauh dengan Puncak 3. Jadi jelas bahwa area seluas dua kali lapangan bola voli ini seharusnya bukanlah Puncak 2249 mdpl.

Bukit 4 (dengan Puncak 3-nya) terlihat dari Bukit 5

2. Ketika kami berada di area gersang berbatu keras seluas kira-kira dua kali lapangan bola voli di atas Bukit 5, dapat terlihat dengan jelas bahwa masih ada area yang lebih tinggi ke arah hutan dan semak yang terhampar di depan kami.

Pemandangan hutan ini akan kita temukan saat pertamakali sampai di atas Bukit 5. Terlihat bahwa ada area yang lebih tinggi.

Kami sempat mencari jalur dan menelusuri hutan di Bukit 5 ini dengan harapan bisa sampai ke puncak tertinggi 2249 mdpl. Setelah beberapa waktu kami akhirnya sampai di sebuah titik dimana kami bisa melihat sebuah bukit lagi yang berdasarkan penglihatan kasar lebih tinggi dari Bukit 5. Bukit ini dipisahkan oleh cekungan/ lembah dengan Bukit 5 tempat kami berada. Perhatikan foto di bawah

Saya dan rekan-rekan mencari jalur ke Puncak 2249 mdpl
Sebelah kanan adalah Bukit 6. Jalur ke Bukit 6 ini agak kurang jelas karena mungkin jarang dilalui pendaki.
 

Setelah berembuk kami akhirnya memutuskan tidak melanjutkan perjalanan karena pertimbangan logistik, minuman yang terbatas serta waktu yang juga tidak terlalu banyak.

Sejauh ini ada dua kemungkinan dimana posisi 2249 mdpl tersebut berada:

1. Ada kemungkinan Puncak 2249 mdpl tersebut masih terletak di Bukit 5 (bukit terakhir yang kami naiki). Untuk sampai kesana kita harus menembus hutan dan semak dengan jalur yang agak kurang jelas. 

2. Kemungkinan kedua adalah Puncak 2249 mdpl tersebut terletak di Bukit 6, bukit di sebelah Bukit 5 yang dipisahkan oleh cekungan/ lembah. Bukit ini terlihat lebih tinggi dibanding Bukit 5 jika dilihat secara kasat mata dari Puncak 3 di Bukit 4.

Adakah diantara anda yang pernah sampai di Puncak 2249 mdpl Gunung Guntur ini? Jika ada, silahkan berbagi disini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *