Berlibur di Danau Situgunung

Oleh: Niko Tujuhlangit

Foto: Niko Tujuhlangit

Bagi anda yang ingin menikmati suasana alami, namun sedang tidak ingin atau tidak punya waktu yang banyak untuk berlibur ke luar pulau atau tempat yang jauh, mungkin bisa menjadikan danau satu ini sebagai alternatif tempat berlibur bersama teman-teman atau keluarga tercinta. Danau Situgunung, yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menyuguhkan pemandangan alam dan udara segar khas pegunungan yang tentunya sangat tepat bagi anda yang ingin melepas lelah setelah menjalani rutinitas harian.

Bagaimana Rute Menuju Danau ini?

Untuk bisa sampai ke danau ini anda tinggal menuju Sukabumi melalui jalur darat baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum. Untuk angkutan umum, ada berbagai bis jurusan Jakarta-Sukabumi yang bisa anda tumpangi. Perjalanan menuju Sukabumi memakan waktu sekitar tiga hingga lima jam. Sesampainya di Jalan Raya Cisaat, Sukabumi, tepatnya di dekat Kantor Polsek Cisaat atau di dekat Mesjid Besar Qubbatul Islam, anda masuk ke Jalan Surya Kencana. Selanjutnya anda tinggal lurus mengikuti jalan ini hingga sampai di Gerbang Taman Wisata Situgunung. Jalan Surya Kencana ini masih bisa dilalui dengan bis besar meskipun agak sempit. Dari Jalan Raya Cisaat, belum tersedia angkutan umum yang benar-benar sampai ke Danau Situgunung. Terdapat angkot dari Jalan Raya Cisaat namun angkot ini tidak sampai ke lokasi Danau Situgunung. Alternatifnya adalah anda bisa menyewa angkot tersebut menuju Danau Situgunung.

Sesampainya di Gerbang Taman Wisata Situgunung, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi Danau Situgunung selama lebih kurang 20 Menit. Jika anda tidak ingin berjalan kaki sebenarnya sepeda motor atau mobil pribadi bisa melalui jalan menuju Danau Situgunung ini meskipun agak berbatu-batu. Jalannya cukup lebar.

Jalan menuju Danau Situgunung. Kendaraan pribadi masih bisa melalui jalan menuju danau ini.
Foto: Niko Tujuhlangit

Penginapan di Danau Situgunung

Di dekat Danau Situgunung terdapat wisma yang bisa anda sewa untuk menginap. Lokasi wisma ini persis terletak di pinggir Danau Situgunung. Satu wisma memiliki sebuah ruangan utama dan kamar mandi. Ruangan utama ini cukup untuk menampung sekitar 10 orang. Tentunya sangat tepat jika anda berlibur kesini beramai-ramai bersama teman-teman atau keluarga.

Salah satu penginapan di pinggir Danau Situgunung .
Foto: Niko Tujuhlangit

Jika anda ingin menikmati nuansa suasana camping maka ada alternatif lain sebagai pilihan tempat menginap. Tidak jauh dari Danau Situgunung (sekitar 10-15 menit berjalan kaki, sebelum Danau Situgunung dari arah gerbang masuk) terdapat sebuah camp site yang bernama Tanakita Camp Site. Disini pengelola menyediakan tenda-tenda berukuran besar (dengan kapasitas sekitar 5-6 orang) sebagai tempat menginap. Tenda-tenda ini cukup nyaman dijadikan sebagai pilihan tempat menginap.

Selain kedua penginapan di atas, masih terdapat penginapan lainnya. Jika anda bingung, anda mungkin bisa bertanya kepada petugas di pintu gerbang Taman Wisata Situgunung.

Apa saja yang bisa dilakukan di Danau Situgunung?

1. Sekedar bersantai dan beristirahat

Danau Situgunung terletak di kaki Gunung Pangrango. Kawasannya merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango. Jadi udara di kawasan ini masih bersih dan segar. Anda dapat bersantai bersama keluarga di pinggir danau sambil menikmati sejuknya udara dan pemandangan Danau Situgunung serta hijaunya pohon-pohon pinus yang terdapat di sekitar kawasan ini.

Foto: Niko Tujuhlangit

2. Memancing di Danau Situgunung

Bagi anda yang hobby memancing, jangan lupa membawa peralatan memancing. Memancing dibawah rindangnya pohon-pohon pinus di pinggir danau tentunya sangat menyenangkan apalagi dibalut udara sejuk pegunungan.

Foto: Niko Tujuhlangit

3. Berjalan kaki mengelilingi Danau Situgunung

Jika anda hobby trekking,anda dapat berjalan kaki mengelilingi danau ini melewati jalan-jalan setapak dan semak belukar, melewati air terjun Cimanaracun.

Foto yang diambil saat berjalan kaki mengelilingi Danau Situgunung .
Foto: Niko Tujuhlangit

4. Aktivitas outdoor

Disekitar kawasan Danau Situgunung terdapat penyelenggara aktivitas outdoor seperti flying fox dan tubing. Jika anda menginap di lokasi Tanakita Camp Site misalnya, disini penyelenggara diantaranya menyediakan layanan untuk aktivitas tubing dan flying fox.

5. Naik perahu menyusuri Danau Situgunung

Jika anda tidak suka berjalan kaki mengelilingi danau, maka di kawasan danau anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Foto: Niko Tujuhlangit

6. Bermain ke Air Terjun Cimanaracun dan Curug Sawer

Jika anda suka dengan air terjun, di dekat Danau Situgunung terdapat Air Terjun Cimanaracun dan Curug Sawer. Air Terjun Cimanaracun berjarak lebih dekat dibandingkan Curug Sawer dari Danau Situgunung. Perjalanan ke Cimanaracun memakan waktu sekitar 15 menit dari Danau Situgunung, sedangkan Curug Sawer sekitar 2 jam pulang pergi tergantung stamina dan kecepatan anda.

Selain aktivitas di atas, Danau Situgunung sering juga dijadikan sebagai tempat hunting para pecinta fotografi. Kabut pagi yang menyelimuti danau ini menjadi salah satu objek favorit para pecinta fotografi. Selain itu Danau Situgunung juga sering dijadikan sebagai pilihan tempat untuk melakukan pemotretan prewedding.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *