Cara Menuju ke Pulau Moyo

Baca Juga:

1. 10 Tips Menyewa Kapal Untuk Sailing Pulau Komodo dan Sekitarnya

2. 12 Tips Berkunjung ke Desa Waerebo

3. Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa, Eksotisme Timur Indonesia

4. Panduan Rute Menjelajahi Ternate

5. Menikmati Pantai Tanjung Tinggi di Depan Hotel Lor In Belitung


 

Oleh: Niko Tujuhlangit

 

Pernah mendengar nama Pulau Moyo? Atau mungkin anda sedang berencana ingin kesana? Pulau Moyo adalah sebuah pulau disebelah Utara Sumbawa. Pulau ini menawarkan suasana sepi  dan tentram. Alamnya belum terjamah dan masih sangat alami. Beberapa objek wisata di pulau ini diantaranya Air Terjun Matajitu, Air Terjun Diwu Mbai, Pantai Tanjung Pasir. Bagi anda yang senang snorkeling, cobalah berkunjung ke Takat Segele, dijamin anda akan terkagum-kagum dengan aneka macam ikan yang berwarna-warni. Di Pulau Moyo terdapat sebuah resort mewah yang konon katanya untuk menginap disana kita harus merogoh kocek hingga belasan juta rupiah permalam. Mendiang Lady Diana, petenis wanita Maria Sharapova, pesepakbola Edwin Van Der  Sar  dan Mick Jagger dikabarkan pernah berkunjung ke pulau ini.


Untuk berkunjung ke Pulau Moyo memang sedikit tidak mudah karena sarana transportasi di Sumbawa yang masih belum memadai. Bagaimana cara menuju kesana? Berikut sedikit sharing berdasarkan perjalanan yang pernah saya lakukan bersama dua orang teman.

 

1. Menuju Lombok

Anda pertama-tama dapat menuju Lombok terlebih dahulu. Untuk menuju Lombok ada berbagai moda transportasi tentunya. Bisa lewat udara maupun lewat laut. Saat ini terdapat beberapa maskapai dengan tujuan ke Lombok, diantaranya Garuda Indonesia dan Lion Air. Atau anda bisa juga mencari pesawat ke Bali lalu melanjutkan perjalanan ke Lombok dengan pesawat lanjutan atau dengan menaiki kapal dari Pelabuhan Padang Bay di Bali.

 

2. Bandara – Sweta

Sesampainya di Bandara Lombok, naiklah Bus Damri hingga Sweta,Lombok. Anda dapat turun di pool bis Damri di Sweta. Lama perjalanan dari bandara ke Sweta adalah sekitar satu jam. Tarif bisnya sebesar 19 ribu Rupiah (per November 2013).

 

Di pool bis Damri di Sweta. Diambil dengan handphone

 

3. Sweta – Pelabuhan Kayangan Lombok

Dari Sweta, Lombok, tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Kayangan Lombok. Di Sweta anda dapat mencari Engkel (semacam angkot biasanya berbentuk elp) dengan tujuan Pelabuhan Kayangan. Tarifnya sekitar 20-25 ribu rupiah. Lama perjalanan dari Sweta ke Pelabuhan Kayangan dengan menggunakan Engkel sekitar 2,5 jam. Jika anda tidak ingin berlama-lama, maka anda bisa menyewa taxi atau angkot menuju Pelabuhan Kayangan. Waktu itu kami bertiga menyewa taxi dengan tarif 250 ribu dari pool bis Damri di Sweta. Jika menyewa mobil atau taxi tentunya akan lebih cepat sampai ke Pelabuhan Kayangan. Hanya perlu waktu sekitar 1,5 jam.

 

4. Pelabuhan Kayangan Lombok – Pelabuhan Pototano Sumbawa

Di Pelabuhan Kayangan tersedia kapal atau feri menuju Pelabuhan Pototano Sumbawa. Jadwalnya berdasarkan info yang kami peroleh dari petugas di pelabuhan adalah setiap jam selama 24 jam. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir tidak kebagian kapal. Kapal atau feri ini berukuran besar. Tarifnya tidak mahal, hanya sekitar 19 ribu rupiah per penumpang (per November 2013). Lama perjalanan dari Pelabuhan Kayangan ke Pototano adalah sekitar 2 jam. Di kapal atau feri tersedia warung yang menyediakan beraneka makanan ringan.

 

 

Suasana di Pelabuhan Kayangan, Lombok. Diambil dengan kamera poket Panasonic Lumix.

 

 

5. Pelabuhan Pototano – Sumbawa Besar

Sesampainya di Pelabuhan Pototano anda dapat menyari bis ke Sumbawa Besar. Model bisnya umumnya seperti metro mini di Jakarta (bis 3/4). Bis ini ada yang berasal dari Maluk maupun Taliwang dengan tujuan ke Sumbawa Besar. Tapi berdasarkan pengalaman kami, jadwal bis-bis ini tidak menentu. Jadi ada baiknya anda sudah sampai di Pototano siang hari. Sebenarnya bis-bis besar dari Lombok yang menuju Sumbawa Besar banyak, tapi kata warga yang kami temui di Pelabuhan Pototano, bis-bis tersebut tidak mau mengambil penumpang di Pelabuhan Pototano.

 

Bersama dua orang teman saya saat kami sampai di Pelabuhan Pototano, Sumbawa. Canon EOS 500D

 

Alternatif lain: jika anda tidak ada tujuan lain sebelum ke Pulau Moyo, maka anda dapat langsung naik bis dari Lombok menuju Sumbawa Besar. Bis tersebut dapat ditemui di Terminal Mandalika, Lombok. Selain itu anda juga dapat menaiki Bis Damri dari Sweta dengan tujuan Sumbawa Besar. Terdapat beberapa jadwal keberangkatan Bis Damri dari Lombok menuju Sumbawa Besar. Kontak Damri Sweta: (0370) 671240.

 

6. Sumbawa Besar – Pulau Moyo

Nah sesampainya di Sumbawa Besar ada beberapa pelabuhan yang bisa digunakan untuk mencari kapal atau perahu menuju Pulau Moyo, yakni di Labuan Badas, Muara Kali dan Ai Bari. Namun berdasarkan info-info yang kami peroleh selama berkunjung kesana, di Labuan Badas kita mesti menyewa kapal atau perahu. Sedangkan di Ai Bari kami tidak mendapatkan informasi lebih detail tentang kapal atau perahu menuju Moyo. Kami waktu itu menuju Moyo dari Muara Kali. Muara Kali masih terletak di tengah kota. Di Muara Kali, kami menumpang kapal atau perahu rakyat yang biasa pulang pergi dari Pulau Moyo ke Sumbawa Besar dan sebaliknya. Perahu rakyat ini biasanya mengangkut warga Moyo yang hendak menuju Sumbawa Besar untuk berbagai keperluan seperti berbelanja, dan lain-lain. Waktu itu kami naik kapal atau perahu Pak Abu Bakar (atau dikenal sebagai Pak Alex). Waktu itu kami dikenai tarif 100 ribu rupiah untuk bertiga.

Jika anda masih bingung, anda dapat menghubungi Pak Solehudin. Beliau adalah warga Moyo yang sering memandu para turis. Nomornya: 085338995897.

 

Suasana di Pelabuhan Muara Kali, Sumbawa Besar. Diambil dengan kamera handphone

 

 

Perahu rakyat yang kami tumpangi untuk menyeberang ke Moyo. Canon EOS 500D

 

Pulang Dari Pulau Moyo


Nah, ada berbagai pilihan untuk menyeberang dari Pulau Moyo ke Sumbawa Besar.

1. Menggunakan kapal rakyat.

Biasanya selalu ada kapal atau perahu rakyat yang menyeberang dari Pulau Moyo ke Muara Kali, Sumbawa Besar. Namun terkadang pada hari-hari tertentu bisa saja tidak ada. Hal itu yang kami alami saat berkunjung kesana. Waktu itu kami berencana pulang menuju Sumbawa Besar hari Jumat, namun ternyata waktu itu kapal atau perahu rakyat tidak ada yang menyeberang ke Sumbawa Besar pada hari Jumat. Jadilah kami bertiga mempercepat kepulangan kami menjadi Hari Kamis.

 

2. Menyewa kapal atau perahu

Tentunya menyewa kapal atau perahu membutuhkan biaya lebih. Namun jika memang tidak ada pilihan atau anda tidak masalah merogoh kocek lebih besar, maka alternatif ini bisa saja dicoba.


3. Menumpang kapal gratis Amanwana Resort

Setiap hari Kamis pagi Amanwana Resort menyediakan perahu gratis bagi masyarakat Moyo untuk menyeberang ke Sumbawa Besar. Selain itu anda dapat menumpang kapal karyawan Amanwana Resort untuk menyeberang ke Sumbawa Besar. Kapal karyawan ini berangkat sekitar jam 16.00 dari Amanwana Resort menuju Sumbawa Besar. Tapi perlu dicatat berdasarkan informasi yang kami peroleh ada kuota bagi penumpang selain karyawan Amanwana yang ingin menumpang kapal tersebut. Kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu secepat mungkin agar mendapatkan tempat.

 

*Catatan: harga-harga, jadwal serta nomor kontak bisa saja berubah sewaktu-waktu

Comments   

 
+1 #1 Rubijanto Gani 2015-01-11 07:54
Info yang sangat bermanfaat. Lengkap dan informatif. Terimakasih
Quote
 
 
0 #2 Niko 2015-01-11 20:29
Sama-sama Mas Rubijanto...Ter imakasih sudah berkunjung...
Quote
 
 
0 #3 eddywu 2015-04-04 02:15
informasi yang bermanfaat, saya ketika mencari di mbah google tertarik sekali untuk ke moyo, untuk informasi penginapan disana bagaimana ya ?
Quote
 
 
0 #4 Niko 2015-04-05 21:16
@eddywu: di Moyo ada dua alternatif penginapan mas. Bisa nginap di rumah rakyat, bisa juga menyewa penginapan
Quote
 
 
+1 #5 yusi 2015-10-21 05:10
numpang share yak mas niko, minggu lalu dah contek itin mas niko dan saya berdua teman saya ke sumbawa. Amazing..... meskipun sempat berasa ditipu pas naik kapal rakyat ke pulau moyo (100k aja gitu per orang..disaat penumpang lain bayarnya cuman 25k heheheh) tapiiii kedongkolan hilang setelah berkenalan ama penduduk moyo yg lain, terutama pak mahendra pemilik DAVI Homestay, mereka helpful banget ama dua cewek ini heheheh... kalo perlu bantuan selama di moyo hubungin aja pak Mahendra di no 085339932815 / 0812046503800.. .. btw terima kasih mas niko buat itin ini kami sangat terbantu :)
Quote
 
 
0 #6 Niko 2015-10-21 23:51
Mbak Yusi: Sama sama mbak....trimaks ih sharingnya....
Quote
 
 
0 #7 Citra 2015-12-06 05:52
Infonya sangat membantu sekali mas. Saya dan keluarga ad. Rencana ke pulau moyo dan air terjun mata jitu akhir bulan Desember ini. Kami tidak berencana menginap. Kalau kapal yg dari moyo ke Sumbawa besar pada sore hari, apakah ada? Pakai kapal apa? Berapa tarifnya?
Quote
 
 
0 #8 Niko 2015-12-09 11:35
Mas Citra: Kalau sore pilihannya memang sulit...Opsinya kalau tidak sewa atau numpang Kapal Amanwana Resort, tapi mesti cepat2 karena dibatasi seatnya....Untu k numpang Amanwana Resort karena ada jatah seat, gratis mas.
Quote
 
 
0 #9 Dian 2016-08-16 02:27
banyak yg tertarik datang ke sumbawa ya...wwwaawww, saya bangga jadi orang sumbawa :D :D :D
Quote
 
 
0 #10 agus ejen lombok 2017-04-30 00:36
mau tanya besok bulan juni tgl 17 aku ada tamu mau ke moyo nah dia mau sewa kapal untuk ke moyo dan keliling di pulau moyo mohon di impo harga kapal sama penginapan di moyo mintak harga ejen bos
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh