10 Tips Menyewa Kapal Untuk Sailing Pulau Komodo

Baca Juga:

1. 12 Tips Berkunjung ke Desa Waerebo

2. Tempat-Tempat Menarik di Maumere

3. Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa; Eksotisme Timur Indonesia

4. Pantai Menawan di Lombok

5. Panduan Rute Menjelajahi Ternate


 

Oleh: Niko Tujuhlangit 

Komodo menjadi salah satu daya tarik dunia pariwisata Indonesia, karena binatang satu ini hanya bisa ditemukan disini; di Indonesia. Dan seperti teman-teman ketahui Komodo ditetapkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Baru (The New 7 Wonders). Komodo dapat ditemukan di Flores. Dua pulau utama yang menjadi tempat tinggal binatang satu ini adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Berdasarkan perbincangan saya dengan salah seorang ranger sewaktu trekking di Pulau Rinca sebenarnya ada dua pulau lainnya yang menjadi tempat tinggal Komodo. Namun yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Untuk menuju ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca maka kita harus berlayar dari Labuan Bajo, Flores.

 

Bagaimana Caranya Menuju Labuan Bajo?

Untuk mencapai Labuan Bajo maka anda dapat mencari penerbangan baik langsung maupun tidak langsung dari Jakarta. Saya dan tiga orang teman waktu itu menggunakan Merpati dari Jakarta menuju Denpasar untuk kemudian dilanjutkan menuju Labuan Bajo. Total lama penerbangan lebih kurang 2,5 – 3 jam ( Jakarta – Denpasar : ±1.5 jam, Denpasar – Labuan Bajo: ±1,5 jam).

 

Tips Menyewa Kapal Untuk Sailing Pulau Komodo dan Sekitarnya

Salah satu hal yang menjadi pemikiran saat hendak berkunjung ke Pulau Komodo adalah soal penyewaan kapal/perahu untuk sailing. Berikut beberapa hal dan tips tentang penyewaan kapal/perahu di Labuan Bajo:

 

1. Pesan Go Show atau Jauh-Jauh Hari?

Kapal/perahu dapat dipesan jauh-jauh hari sebelum berangkat kesana atau bisa juga go show. Tapi kalau anda memesan go show ada risiko anda tidak kebagian kapal/perahu karena ramainya pengunjung. Saat kami berkunjung kesana pemilik kapal yang kami sewa bercerita bahwa sebulan sebelum kami berkunjung, banyak wisatawan yang akhirnya terpaksa antri dan tidak mendapatkan kapal/perahu karena sudah full booked. Tentunya sangat sayang sudah jauh-jauh ke Flores tapi batal berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca karena tidak kebagian kapal/perahu. Memang pada musim-musim tertentu pengunjung membludak. Tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negri. Bahkan menurut pengamatan saya saat berkunjung kesana justru selama berada di Labuan Bajo dan sailing Komodo dan sekitarnya justru lebih banyak wisatawan mancanegaranya dibandingkan wisatawan lokal. Dimana-mana kita dapat dengan mudah menemukan bule-bule bertebaran :).

 

2. Memesan Kapal/Perahu Jauh-Jauh Hari

Jika anda memesan kapal/perahu jauh-jauh hari maka tentunya carilah sebanyak mungkin daftar kontak penyewaan kapal/perahu. Dengan demikian anda akan memiliki berbagai macam pilihan dan alternatif harga dan back up.

 

3. Dimana Bisa Menemukan Kapal/Perahu Untuk Disewa?

Jika anda memesan kapal/perahu secara go show, maka kapal/perahu dapat anda temukan di Pelabuhan Labuan Bajo. Pelabuhan Labuhan Bajo ini berjarak sekitar kurang lebih 15-20 menit dari Bandara Komodo, Labuan Bajo dengan menggunakan mobil. Dekat bukan? :). Disini anda dapat menemukan banyak kapal/perahu bersandar. Sebagian besar merupakan kapal/perahu yang memang diperuntukkan untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya.

Suasana di Pelabuhan Labuan Bajo. Canon EOS 500D

 

4. Model Kapal/Perahu

Ada berbagai macam model kapal/perahu tentunya yang bisa disewa. Mulai dari yang berukuran besar hingga kecil. Yang mahal hingga yang murah :). Yang pakai AC hingga yang tanpa AC. Dan berbagai model lainnya. Saat bernegosiasi pastikan anda menanyakan tentang model dan kondisi kapal agar jangan sampai nanti kecewa dengan kapal/perahu yang anda dapatkan :). Karena biasanya untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya diperlukan waktu setidaknya 2 hari 1 malam. Bisa saja sih anda ke Pulau Komodo 1 hari pulang pergi, tapi akan sangat terburu-buru dan kurang menikmati perjalanan. Selain itu disana banyak terdapat pulau-pulau indah dan berbagai destinasi. Tentunya sangat sayang kalau dilewatkan. Nah, karena adanya kemungkinan menginap tersebut maka tentunya kenyamanan mungkin sedikit diperlukan apalagi jika anda pergi membawa keluarga anda.

 

Berikut beberapa tips atau hal-hal yang mungkin perlu anda tanyakan terkait dengan model kapal/perahu saat bernegosiasi dengan pemilik kapal/perahu.

a) Tanyakan berapa kapasitas kapal. Dengan mengetahui berapa kapasitas kapal/perahu maka anda dapat memperkirakan berapa orang atau jumlah peserta yang bisa anda ajak untuk ikut serta dalam trip. Hal ini nantinya akan bermanfaat juga untuk menekan cost/biaya sewa kapal. Kenapa? Dengan mengetahui kapasitas kapal anda dapat mengajak teman lainnya untuk bergabung agar bisa sharing cost. Saat berkunjung kesana beberapa waktu lalu saya dan 3 orang teman menaiki kapal berkapasitas kurang lebih 15-20 orang. Cukup besar untuk kami berempat. Serasa punya kapal pribadi! He..he..

 

Kapal yang Kami Sewa untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya. Canon EOS 500D

 

b) Tanyakan apakah terdapat toilet dan kamar tidur. Toilet dan kamar tidur? Memangnya disediakan ya? Karena sailing Komodo dan sekitarnya biasanya memakan waktu minimal 2 hari 1 malam, maka umumnya kapal/perahu disana banyak yang menyediakan toilet dan kamar tidur di kapal/perahu. Jadi meskipun tidur di atas kapal, anda tetap bisa tidur dengan nyaman. Ingin buang air, mandi, sholat (bagi yang muslim)? Tidak perlu khawatir karena sudah ada toilet. Tapi sekali lagi perlu anda pastikan kepada pemilik kapal karena bisa saja tidak semua kapal/perahu menyediakan fasilitas seperti yang saya sebutkan di atas. Jika mereka menyediakan kamar tidur tanyakan juga ada berapa kamar tidur sehingga dengan demikian anda dapat lebih mempersiapkan diri dan menyesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut serta. Ada yang menyediakan satu kamar tidur dan ada juga yang lebih. Kapal yang kami sewa waktu itu memiliki dua buah kamar tidur kecil dimana setiap kamar berisi dua buah kasur. Total dua kamar tersebut dapat ditempati oleh 6 orang. Karena waktu itu kami hanya berempat, jadinya sangat leluasa. Nah, kalau misalnya anda membawa peserta lebih banyak dari kapasitas kamar tidur, mau tidak mau harus ada yang siap untuk tidur di dek kapal dengan menggunakan AC alam bertemankan debur air laut :).

Salah satu kamar tidur di kapal yang kami tumpangi. Canon EOS 500D

 

 

 Toilet di kapal. Bisa untuk mandi.

 

5. Harga Sewa Kapal/Perahu

Sebagai gambaran bagi anda, dulu di tahun 2010 salah seorang teman saya juga sailing ke Pulau Komodo dan sekitarnya. Waktu itu yang bersangkutan mendapatkan harga sebesar kurang lebih Rp 1,3 juta per kapal untuk sailing selama 2 hari 1 malam. Sekarang (2013)? Dari sekian nomor kontak sewa kapal yang pernah saya hubungi rata-rata mematok harga minimal Rp 2,7 juta per kapal. Ada yang menawarkan 3 juta-an bahkan ada yang hingga Rp 7 juta per kapal! Jadi, buruan kesana! :) Semakin lama harga semakin naik loh! ^_^v

Saya pernah ditawari 3 pilihan kapal. Kapal kecil, sedang dan besar. Kapal kecil tanpa kamar tidur ditawari sekitar 3 jutaan. Kapal sedang 5 juta dan kapal besar 7 juta! Tentunya ketiga jenis tersebut berbeda fasilitas. Itu sebabnya saat bernegosiasi menyewa kapal, ada baiknya anda menanyakan kondisi atau model kapal. Jangan sampai anda membayar mahal namun kondisi atau model kapal tidak sesuai dengan ekspektasi anda.

 

6. Jangan Sungkan Menawar

Namanya juga negosiasi pasti ada proses tawar-menawar. Kami pernah ditawari oleh salah seorang pemilik kapal tarif awal sebesar Rp 3,5 juta per kapal untuk sailing selama 2 hari 1 malam. Namun setelah bernegosiasi harga bisa turun hingga ke Rp 2,75 juta. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menawar bukan?

 

7. Tambah Orang, Tambah Harga?

Nah, yang ini juga perlu anda tanyakan. Karena bisa jadi menjelang hari-H keberangkatan ada teman anda yang ingin bergabung. Biasanya saat anda menanyakan harga sewa kapal, pemilik kapal akan menanyakan berapa jumlah orang yang akan ikut. Darisitulah kemudian pemilik kapal akan menentukan harganya. Nah perlu anda tanyakan jika seandainya nanti ada penambahan peserta, berapa harganya. Sebagai gambaran bagi anda, sekarang (2013, berdasarkan pengalaman saya dan 3 orang teman, rata-rata dengan jumlah peserta 4 orang dikenai tarif minimal Rp 2,7 juta per kapal.

 

Bagaimana jika tambah peserta? Nah, ada setidaknya dua model penawaran harga yang akan anda dapatkan. Bisa jadi anda akan ditawarkan harga tambahan yang cukup signifikan atau sebaliknya. Saran saya sebaiknya tanyakan persisnya berapa tambahan harga untuk setiap penambahan satu orang peserta. Lagi, sebagai gambaran bagi anda, saya waktu itu dipatoki harga awal untuk 4 orang. Jika menambah peserta maka dikenai tambahan Rp 200 ribu per orang. Jadi, silahkan anda bernegosiasi dengan pemilik kapal! :)

 

8. Makan Selama Sailing Pulau Komodo dan Sekitarnya

Seperti penjelasan saya di atas biasanya waktu minimal untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya adalah selama 2 hari 1 malam. Lantas bagaimana dengan makan dan minum selama berlayar di atas kapal? Jangan khawatir,biasanya tarif sewa kapal sudah termasuk makan dan minum anda selama di kapal (sekitar 4x/5x makan untuk sailing 2 hari 1 malam). Anda dapat memastikannya saat bernegosiasi dengan pemilik kapal.

 

Salah satu menu yang kami santap

 

9. Pergilah Beramai-Ramai

Tarif sewa kapal untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya mungkin relatif mahal jika anda pergi sendirian. Oleh karena itu, salah satu strategi untuk menekan biaya trip sailing Pulau Komodo khususnya dan trip ke Flores umumnya, adalah dengan pergi beramai-beramai bersama teman-teman anda. Dengan demikian biaya dapat di-share. Kalau misalnya anda katakanlah pergi ber-6, dan sewa kapal katakanlah misalnya 3 juta, maka kalau dibagi 6 masing-masing cukup membayar Rp 500,000. Bagaimana? :) . Jika anda ingin lebih murah, ya ajak saja lebih banyak orang untuk ikut serta.

 

10. Menumpang Kapal Wisatawan Lain

Bagaimana jika seandainya anda tidak mendapatkan teman yang mau diajak untuk ngetrip ke Pulau Komodo? Maka salah satu caranya mungkin anda bisa menumpang kapal wisatawan yang anda jumpai disana. Tapi ini tentunya untung-untungan. Karena belum tentu semua wisatawan yang anda temui di Labuan Bajo mau menampung orang lain yang bukan dari rombongan mereka. Tapi kalau ternyata memang anda dalam keadaan terdesak seperti ini, maka cara ini tidak ada salahnya dicoba. Syukur-syukur anda mendapat tumpangan.

 

Hal ini kami alami sendiri waktu itu. Saat tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, kami berjumpa dengan dua orang bapak yang juga berencana ingin sailing ke Pulau Komodo dan sekitarnya. Namun mereka mengatakan kalau mereka belum menyewa kapal dan masih belum memiliki gambaran tentang sailing ke Pulau Komodo ini. Setelah berbincang, akhirnya dua orang bapak ini setuju untuk bergabung dengan kami. Tentunya dengan catatan biaya sewa kapal dibagi rata.

 

Daftar Kontak Penyewaan Kapal/Perahu Untuk Sailing Pulau Komodo dan Sekitarnya

Berikut adalah daftar kontak penyewaan kapal/perahu untuk sailing Pulau Komodo dan sekitarnya. Perlu anda perhatikan kontak-kontak berikut ini adalah kontak-kontak yang kami peroleh dari berbagai sumber dan beberapa teman yang pernah berkunjung kesana. Nomor-nomor yang tercantum bisa saja tidak uptodate atau tidak aktif lagi. Beberapa nomor ada yang sudah pernah kami kontak dan ada juga yang belum. Jadi silahkan anda memastikan kembali. Saya berdoa semoga anda yang masih bermimpi ingin ke Pulau Komodo dan sekitarnya bisa segera menuju kesana! :) …. Indonesia itu indah kawan! Ini saatnya mewujudkan mimpi anda ke Pulau Komodo dan sekitarnya… :) .

  1. Pak Mat: 082145704054
  2. Heri Anu Due : 081236826044
  3. Pak Dahri : 0812-37974000
  4. (Dari Teman) : 081339458712
  5. Ibu Kadek : 081338256652
  6. Mustafa : 085238535863
  7. Tayeb : 085239757605
  8. Nuardi : 081339515277

 

Comments   

 
0 #1 Olan 2013-09-29 13:49
Mantap info nya bg.
semoga bisa ke sana
Quote
 
 
+1 #2 niko 2013-09-30 12:37
Olan: sama-sama Olan :)
Quote
 
 
+1 #3 draz 2013-09-30 18:59
Luar biasa infonya :-)
terima kasih yaa utk sharing infonya :D
Quote
 
 
0 #4 Nikki WIrawan 2014-01-17 01:22
Wah makasi banyak ini info nyewa kapalnya berguna banget. nyari di dinternet tarif bule semua,itu harga kapal udah include peralatan snorkeling nya belum yah?
Quote
 
 
0 #5 NIko 2014-01-18 22:57
@Nikki: Belum termasuk harga peralatan snorkel mas...peralatan snorkel sewa lagi...

Terimakasih sudah berkunjung...
Quote
 
 
-1 #6 NIko 2014-01-18 22:59
@draz: sama-sama semoga bermanfaat... Terimkasih sudah berkunjung
Quote
 
 
0 #7 sigit 2014-01-20 14:22
Hai..slm kenal
Sy dan tmn sya mau blibur ke p.komodo

Mau tny untuk list contac yg dberikan apakah aman ya? Sy tkut kl bbrp penipuan..

Mohon informasi ny tks
Quote
 
 
0 #8 Niko 2014-01-22 00:46
Hallo @Sigit... Salam kenal jugaa..

Kontak-kontak itu saya peroleh dari berbagai sumber diantaranya teman-teman dan hasil browsing... Beberapa diantaranya sudah pernah saya hubungi dan beberapa belum pernah...

Kalau soal aman atau tidak saya tidak bisa pastikan, namun Mas bisa hubungi mereka... Semoga tentunya kita berharap aman-aman sajaa... Yang penting tetap waspada selalu ajaa..

Dari daftar kontak diatas, saya waktu itu memakai kapal Pak Mat (kontak Nomor 1 di tulisan diatas)...
Quote
 
 
+7 #9 mat 2014-01-29 16:51
makasi banyak buat rekomendasi untuk sy. sekali lg terimakasih banyak, sy sangat menguntungkan. kapan main kesini lg?
Quote
 
 
0 #10 NIko 2014-02-02 23:29
Pak Mat: waahhh... Sama - sama Pak Mat. Terimakasih juga untuk pelayanannnya saat saya dan teman2 kesana. Doakan saja Pak. InsyaAllah saya akan kesana lagi nanti.
Quote
 
 
+1 #11 dimasgooner 2014-02-22 11:52
bagi yang mau gabung trip ke komodo... ayo gabung sama saya.. 24-27 mei only 1,375k start dari labuan bajo.
incl : hotel wisata 2 malem, sewa kapal 2d1n, makan 8x,antar jemput bandara, wisata goa cermin labuan bajo, tiket masuk komodo, rinca, ranger, kamera, pas long weekend lho...
destinasi sail trip: Taman nasional komodo, pulau rinca, kanawa island, manta point, pink beach, p.bidadari.
siapa tau dapat jodoh... hihihihihi...
Quote
 
 
0 #12 intan 2014-03-23 03:40
makasih infonya..
sy cuma pergi berdua, mahal ya kalau cuma berdua..semoga bisa gabung dg turis lain.
kalau info kapal umum gimana ya? apa di sana nggak ada?
Quote
 
 
0 #13 niko 2014-03-23 16:47
Hai Mbak Intan: sama sama mbak ....Semoga bermanfaat...Te rimakasih sudah berkunjung....k alau berdua memang agak mahal mbak pastinya jatuhnya...

Soal kapal umum setau saya susah mbak.... Tapi waktu itu ada teman saya yang kesana sendirian....di a naik perahu rakyat gitu...Cuma info detailnya saya kurang tau ....Tapi berdasarkan pengamatan saya waktu kesana, sepertinya gak ada kapal umum reguler mbak...Numpang perahu rakyat mungkin bisa, cuma mungkin gak menentu jadwalnya...
Quote
 
 
0 #14 Yamin 2014-04-28 07:38
Haloo mas niko, salam kenal. infonya bermanfaat sekali terima kasih. Kebetulan saya juga lagi bingung cari sewa boat buat ke komodo tgl 6-10 Mei. Saya mau tanya, harga sewa kapalnya itu per hari atau tergantung rutenya ya? Rencana saya pengen ke Komodo dan Gili Laba berdua dengan teman selama 2 hari 1 malam. Tapi masih bingung soal harga dan siapa yang bisa diajak sharing cost :sad:
Quote
 
 
0 #15 niko 2014-04-28 22:32
Mas Yamin: Salam kenal juga Mas... Terimakasih juga Mas sudah berkunjung....

Setahu saya disana hitungannya perhari Mas...

Biasanya orang-orang sailing 2 hari 1 malam....Jadi begitu kita kasih tahu 2 hari 1 malam, mereka sudah punya tarifnya...

Nah harga sewa kapal itu bervariasi juga tergantung jumlah penumpang.... Biasanya mereka akan nanya berapa penumpang yang ikut.... Semakin banyak biasanya tarifnya ada penambahan...Co ntohnya waktu itu saya setelah bernegosiasi, jika seandainya nanti ada penambahan orang, maka setiap penambahan per orang dikenai tambahan biaya 200 ribu dari harga yang sudah disepakati di awal...
Quote
 
 
+1 #16 adele 2014-04-30 12:29
Wah pas banget niy saya berdua temen mau kesana, berangkat ke Ende mau ke Kalimutu dulu lalu ke Komodo. Pas banget dapat infonya soal kapal. Ekspektasi untuk tiba di Labuan bajo dan jalan-2 di komodo tanggal 29 - 30. Thanks bgt buat info kapalnya. Kalau ada yang mau gabung biar bisa share kapal mungkin silahkan hubungi y.....
Quote
 
 
0 #17 niko 2014-05-02 00:01
Mbak Adele: sama sama mbak.. Semoga lancar tripnya... Trimakasih sudah berkunjung...Se lamat menikmati Flores :)
Quote
 
 
0 #18 putra 2014-05-18 08:40
Bang itu yang pakai jasa pak mat itu buat hitungan hari kah?
Quote
 
 
0 #19 putra 2014-05-18 08:43
Bang waktu pakai jasa pak mat seharga 2.7 untuk sehari kah
Quote
 
 
0 #20 putra 2014-05-18 08:50
Bang itu yang pakai jasa pak mat itu untuk sailing 2h1m bukan..
Quote
 
 
0 #21 niko 2014-05-20 14:14
Putra: maaf baru di reply..Baru cek.. Iya putra...itu untuk 2 hari 1 malam..
Quote
 
 
0 #22 rizali muhammad 2014-06-13 21:32
aku stay labuan bajo dr tgl 16-21. cuman yg free tgl 19-21 krn tgl 16-19 aku ada pertemuan di jayakarta hotel. nyari temen tuk trip ke komodo tgl 19-21, ada yg mau gabung gak...???
Quote
 
 
0 #23 rizali muhammad 2014-06-13 21:37
aku stay d labuan bajo tgl 16-21 juni. cuman yg free tgl 19-21 krn tgl 16-19 aku mehadiri prtemuan dulu di jayakarta hotel. ada yg mau gabung gak tuk trip ke komodo tgl 19-21 juni..??
Quote
 
 
0 #24 Nisa 2014-06-20 14:06
Aku tanggal 1 July .. Kalau Ada yang mau share kapal kami cuma 2 orang ...
Quote
 
 
0 #25 Rosaline 2014-06-28 15:06
Hi niko, makasi infonya berguna banget. mau nanya nih, kalau kita pesen boat sendiri apa bisa pilih tempat/pulau mana aja yang bisa di kunjungi??? tahun lalu saya ke labuan bajo ikut trip package golo hilltop, dan itu itinerary nya udah di tentuin, maunya sih explore pulau lain tahun ini. thanks in advance :-)
Quote
 
 
0 #26 niko 2014-06-29 03:45
Hi Mbak Rosaline, kalau kita sewa sendiri, mungkin bisa dinegosiasikan mbak. Yang penting lama tripnya (durasinya) samakan...

Disana banyak pulau-pulau...T ermasuk dalam perjalanan menuju Pulau Komodo... Coba saja dinegosiasikan sama pemilik kapalnya mbak...Waktu itu saya request kok sama pihak kapalnya ke destinasi mana aja...Paling kalau kejauhan, mereka akan jelaskan.
Quote
 
 
0 #27 tesyasblog 2014-09-15 21:33
Hai Mas Niko, salam kenal ya.
Mau tanya kemarin Mas Niko pake no telepon yang mana ya, saya tertarik dengan kapalnya. Thank you :)
Quote
 
 
0 #28 anti 2014-11-05 16:23
Kereeen mas Niko
Info nya berguna banget tapi sepertinya comment terakhir 15 sept ga ke reply lagi..ayo dung yg masih baca kalo ada rencana 13-14 dec 2014 sailing komodo bareng, saya solo travel dah sampai maumere tgl 6 dec dan rencanya rutenya: dps-maumere-ende-riung-bejawa-ruteng-bajo-dps
Yg mau info share bisa email ke :
Quote
 
 
0 #29 vika felina 2014-12-04 03:03
Aalam kenal mas niko
Infonya lengkap banget
Rencana mau kesana 2015 nih, btw itu kapalnya ber AC ga ya?
makasihhh
Quote
 
 
0 #30 dwi hasnawati 2015-01-12 05:01
siang gan-aga smua

saya ada rencana ke flores di 9-may-2015
buat tmn2 yg mau joint trip, bs hub
0812.8391.7950

saya mgkn ber 4~5 org dari jakarta
Quote
 
 
0 #31 ridho 2015-03-14 02:40
kalau mau terkait haraga sewa kapal ngtrip ke komodo bisa hub sya di 085337767938 insyallah,, soal harga bisa kita usahakan untuk yg terbaik
Quote
 
 
0 #32 Unggul Sihombing 2015-06-26 15:25
Bro Niko punya cp tempat sewa alat snorkeling ngga di labuan bajo ?! bagi donk :D
Quote
 
 
0 #33 Niko 2015-06-28 14:37
Hallo Mas Unggul, saya biasanya bawa peralatan sendiri mas.... Tapi biasanya orang kapal nyewain alatnya...Mas bisa tanya sama orang kapalnya...
Quote
 
 
0 #34 fazafawzan 2015-07-03 01:23
Halo bro.. rute untuk LOB nya bisa custom apa harus ikut sang pemilik kapal? kalau kemarin bro niko 2H1M mampir ke mana aja?
Quote
 
 
0 #35 Niko 2015-07-04 23:57
@Fazafawzan: halo bro... untuk rute bisa dinegosiasikan dan didiskusikan dengan pemilik kapal... Waktu itu gw ke Pulau Rinca, Pulau Kambing, Pulau Komodo, Pink Beach, Manta Point di Karang Makassar, Pulau Kanawa...

Untuk destinasi-desti nasi di Flores bisa cek di tulisan gw yg ini bro:

http://viewindonesia.com/index.php/travel-destination/118-ingin-traveling-ke-flores-ini-beberapa-destinasi-cantiknya
Quote
 
 
0 #36 Tamy 2015-07-28 04:50
halloo mas niko..
mau tau donk rincian sharing cost waktu itu abis brp??
rencana thn ini pengen bgt ksono tapi bingung gak ada temen.. :-| ;-) ;-)
Quote
 
 
0 #37 dicky 2015-08-05 12:37
infonya bermanfaat skali mas niko. thx

lg cari barengan nih buat share cost sailing komodo, berangkat kemungkinan tgl 30 dr jkt jalur darat. mau gabung hub ke bbm 230f00df/ sms ke 081310726564. makasih
Quote
 
 
0 #38 Niko 2015-08-12 23:51
@Tamy: waktu itu saya explore dari Flores (Labuan Bajo-Maumere), Kupang, Bali selama kurang lebih 10 hari..

Sharing cost berempat masing-masing kena kurang lebih 4 jutaan per orang
Quote
 
 
0 #39 Henny 2015-10-05 07:03
Boleh tanya? Transport dari Bandara ke pelabuhan bagaimana? Apakah ada taxi disana? Kalau kita satu keluarga 6 orang susah nggak cari transportasi dari bandara ke pelabuhannya.
Quote
 
 
0 #40 Niko 2015-10-14 04:43
Mbak Henny: maaf baru sempat balas....Di Bandara Labuan Bajo nanti ada banyak yang nawarin jasa mobil menuju ke Labuan Bajo...Macam-ma cam modelnya... Ada xenia, avanza, dll... tawar aja...Dari Bandara ke Pelabuhan Labuan Bajo sekitar 15 menit pake mobil
Quote
 
 
0 #41 Irma_chan 2015-11-03 01:00
Keren artikelnya, jadi ngiler pengen kesana..ajak-aj ak ko kalo kesana lagi, pengen ngajak si kecil sailing :)
Quote
 
 
0 #42 ICHA 2016-02-10 11:51
holla saya ingin tanya nih harga sewa kapal untuk salling ke p. komodo ada harga rombongan gakk ? soalnya bulan april nanti saya ingin kesana sekitar 10-15 orang . mohon info nya .tq
Quote
 
 
0 #43 Niko 2016-02-13 11:57
Mbak Icha; Hallo juga mBak...Kalau soal harga better kontak langsung aja mbak sama pemilik kapalnya...Soal nya bisa bervariasi dari satu pemilik kapal ke pemilik kapal lainnya.....dan harga bisa saja sekarang sudah berubah dibanding dulu....
Quote
 
 
0 #44 Niko 2016-02-13 11:58
Irma: trims Ma :) ....Seru tuh Ma :)... Recommended...
Quote
 
 
0 #45 Tika 2016-02-23 06:02
Yuuukkk kalo ada yg mau join...
Tgl 26-27 feb 2016

Please Call me : 08125370229

Sy rencana ber 4
Quote
 
 
0 #46 #46 bobby 2016-02-27 13:12
#46 bobby
kalo ada yang mau joint
rencana tgl 09-10 feb 2016

please call me 081356340000

baru saya sendiri
Quote
 
 
0 #47 Dendi 2016-02-28 19:13
Pengen bgt ni ke pulau komodo, rencana mo backpacker bulan april, ada yg mau join? 0817141689
Quote
 
 
0 #48 Rifki 2016-03-29 11:28
Coy coy, murni share cost nih, backpacker an sailing pulau komodo yuk akhir bulan juli (habis lebaran). Soalnya kalo ane sendiri, bener kata ts nya, mahal bgt sewa kapal nya gan :sad: yang mau ikut atau udh ada rencana sekitar juli tolong kabarin ya di 085730739019! Salam backpacker hehe
Quote
 
 
0 #49 eka 2016-04-04 05:05
ikut nimbrung ya adik2... :-) iya kami rencana pingin ke sana hbs lebaran sekeluarga (berlima)....pe sawatnya mahal ya..
Quote
 
 
0 #50 Stanley Sagala 2016-04-14 20:32
Bro,, sist.. yang mauu sharing cost di sekitaran tgl 11-17 mei 2016.. saya baru ber dua.. silakan wa saya di 08176875853. Salam backpakeran sejati !!!
Quote
 
 
0 #51 yanti 2016-04-15 14:49
Bapak Aris. saya dan keluarga juga rencana kesana libur lebaran 2016 ini dengan membawa balita 3thn. Mohon infonya untuk LOB dengan balita. terima kasih
Quote
 
 
+1 #52 rianikra 2016-04-28 06:51
Halo mas Rifki, kebetulan saya solo traveling lb. bajo - waerebo - kelimutu Juli 2016. Saya start di Bajo tgl 18 Juli 2016 utk LOB, semoga bisa ketemu disana dan share cost pastinya :lol:

Terima kasih juga mas Niko untuk tulisan yang sangat bermanfaat ini haha
Quote
 
 
0 #53 YANTI 2016-05-03 07:38
bro,sist yang mau join tgl 21 november 2016..call saya ya 082110293380 bru ada 4 org..trims
Quote
 
 
0 #54 mailan 2016-05-12 04:57
Yg mau joint share cost kapal ke komodo utk 3h2m,start tgl 2-4 juli 2016, hub WA 082121883610
Quote
 
 
0 #55 Rani 2016-05-14 16:26
Wah mailan .sayangnya jadwalku bisanya tgl 4 juli s/d 6 juli.pengen share juga.
Quote
 
 
-1 #56 uwie maulana 2016-05-24 08:12
sangat berguna info-nya.

thanks. :lol:
Quote
 
 
0 #57 Brian 2016-05-31 05:40
Siapa tau ada yang mau share kapal untuk tanggal 11 july?
Saya ber2 dari jakarta. Wa 081218338174
Quote
 
 
0 #58 Brian 2016-05-31 05:41
Mungjin ada yang mau share kapal untuk tgl 11 juli? Saya 2 orang dari dajakarta
Quote
 
 
0 #59 risma 2016-06-16 17:14
mungkin ada yg mau share cost kapal utk tgl 2/3 agustus 2016? kami berdua dr jakarta.
Quote
 
 
0 #60 onez 2016-06-27 15:54
Thanks info'y . . bermanfaat sekali . .
kalau ada yg mau sharecost kapal dari labuan bajo tanggal 12 juli contact sy di 0857741222sembi lantiga WA or sms/telp . .
rencana mau touring ke sana . . thankz :D
Quote
 
 
0 #61 imel 2016-07-01 19:06
Thanks infonya mas niko, sangat bermanfaat...

Saya sm tmn rencana tgl. 6/7/2016 ke lombok ada yg bisa bareng ga yaa??? Mailan n rani barangkali boleh bareng mungkin...

Pengen bgt keliling lombok n flores, kalau ada tolong info yaa... thx
Quote
 
 
0 #62 Niko 2016-07-01 22:30
Sama-sama Uwie, Onez dan Imel :-)
Quote
 
 
0 #63 Nopia 2016-07-04 08:51
Hayyy mau join dong klo ada yg sailing Komodo September 2016. Add line ya nopiardian
Quote
 
 
0 #64 eko 085701070663 2016-07-28 09:58
risma bs mnt cp nya,mgkn bs qt sharecost bt kkomodo akhir juli/awal agustus
Quote
 
 
0 #65 yudi 2016-08-04 14:26
Yang mau join labuan bajo-waerebo dan kelimutu yuk join tgl 6-13 september 2016..sms 087786000153..t rims
Quote
 
 
0 #66 edwin 2016-08-10 16:38
Quoting Nopia:
Hayyy mau join dong klo ada yg sailing Komodo September 2016. Add line ya nopiardian

sekitar tanggal 16 september 2016 tiba di labuan bajo, saya backpack dari jkt-kupang-ende-lb.bajo.

dari jkt ke kupangnya naik pesawat, sisanya ngebolang sampai lb. bajo

bisa sms/call ke 081295125209 jika berminat sailing komodo
Quote
 
 
0 #67 Firman 2016-08-16 05:44
Maaf mbak boleh minta kontak yang kapal mbak pake itu? Yg mbak foto kapal nya
Quote
 
 
+1 #68 Agata 2016-08-21 14:21
Halooo, aku berencana buat sailing komodo 3 hari 2 malam pada bulan desember 2016. Kalau ada yang mau join dan share cost, silakan hubungi via line : agatapinastika

Makasih :)
Quote
 
 
0 #69 hilda 2016-12-08 22:44
mbak kmaren perginya berapa org? apa sewa kapalnya sudah termasuk makan?
Quote
 
 
0 #70 Mandela 2017-01-01 13:17
Hi teman" backpacker. Sy dan 4 orang temen punya rencana ingin sewa kapal 2D 1N berlayar ke area komodo, rinca, padar. Jika ada yang berminat join silahkan hubungi sy 085206460905. Trip kami di TANGGAL 22-25 januari 2017. Terimakasih.
Quote
 
 
0 #71 Triska 2017-01-14 12:36
Hallo teman teman. Saya rencana nya akan trip komodo island, rinca Dan padar 1 bari tanpa nginap tanggal 28 January 2017. Mungkin ada yg minat. 500ribu saja untuk boatnya (1orang)
- Dan tanggal 25-27 kita rencana akan ke waerebo mungkin ada yg mau join bisa hub saya. 085855252884 {wa)
Quote
 
 
0 #72 Fahmi 2017-01-30 04:08
Salam backpacker,saya ada rencana mengunjungi pulau komodo bulan mei nanti tgl 10-12 mei 2017 saya berdua dengan teman siapa tau ada yang mau share cost dengan kita WA 082117171828
Quote
 
 
+1 #73 Almerio 2017-02-17 03:21
halo temang2 backpacker, kami berencana untuk sailing 4d3m.
kami ber 4 2cowo 2 cewe ada yg mau bergabung dengan kami? tripnya berencana mulai tanggal 1 juni 2017. jika ada yg berminat bisa kontak line : almerioab

thankyou :D :lol:
Quote
 
 
0 #74 solihin 2017-03-03 10:46
Ada yang mau sharing cost buat tgl14-04-2017 kami berempat
Quote
 
 
0 #75 Awila 2017-03-10 11:33
Ada yg mo sharing cost speed boat bsk 11 mar 17
Quote
 
 
0 #76 mia 2017-03-20 07:09
ada yg mau joint kami tgl 29-31 maret 2017
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh