Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa, Eksotisme Timur Indonesia

 

Link artikel lainnya:

1. 12 Tips Berkunjung ke Desa Waerebo

2. Tempat-Tempat Menarik di Maumere dan Sekitarnya

3. Gili Kapal, Surga Kecil yang Timbul Tenggelam

4. 13 Travel Destinations in Lombok

5. Mendaki Gunung dan Hal-Hal Mistis

 


 

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang dua pulau eksotis ini. Selain letaknya yang jauh di Timur Indonesia, untuk menuju kesana kita harus menyeberangi laut dan pulau entah itu dengan pesawat atau kapal. Informasi mengenai dua pulau inipun mungkin masih terbatas. Tidak sebooming katakanlah misalnya Gili Trawangan di Lombok atau pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

 

Ini adalah dua pulau yang akan memanjakan mata kita dengan hamparan pantai yang bening berpasir putih. Kalau anda hobby traveling ke pulau dan pantai maka dua pulau ini layak masuk dalam destinasi liburan anda. Apalagi bagi anda yang menyukai eksotisme pulau dan pantai khas Indonesia Timur. Dua pulau ini akan memenuhkan hasrat anda tersebut.

 

Dua pulau tersebut namanya Kenawa dan Kanawa. Mirip ya? Tapi jangan sampai salah. Sekilas namanya memang hampir mirip sehingga mungkin ada yang berpendapat hanya ada satu pulau, yakni Kanawa. Kenawa dan Kanawa adalah dua pulau yang berbeda. Satu terletak di Sumbawa sedangkan satunya lagi di Flores. Sepertinya Kanawa lebih dikenal oleh banyak orang dibandingkan Kenawa karena keberadaannya yang terletak di perlintasan salah satu destinasi wisata terkenal, yakni Pulau Komodo. Tapi kalau soal keindahan, Kenawa juga tidak kalah loh. Mari kita lihat sedikit tentang dua pulau cantik ini.

 

Pulau Kanawa

Kalau anda melakukan sailing ke Pulau Rinca dan Pulau Komodo di Flores, maka jika memungkinkan jangan lewatkan pulau satu ini. Saya berkunjung ke pulau ini sewaktu dalam perjalanan pulang dari Pulau Komodo menuju Labuan Bajo. Waktu itu dari Pulau Komodo saya dan tiga orang teman singgah di Karang Makassar lalu setelah itu menuju Pulau Kanawa. Jarak Pulau Kanawa dari Pulau Komodo berdasarkan catatan saya adalah sekitar kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan perahu/kapal. Kalau dari Labuan Bajo sekitar kurang lebih 1,5 jam perjalanan laut.

 

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau resort yang telah dikelola sedemikian rupa. Untuk berkunjung kesini pengelola Kanawa Resort menyediakan kapal antar jemput dari Labuan Bajo. Jadwalnya adalah jam 12.00 siang dari Labuan Bajo (per Agustus 2013). Sedangkan dari Kanawa ke Labuan Bajo jam 08.00 pagi (per Agustus 2013). Kantor Perwakilan Kanawa Resort dapat anda temukan persis di dekat gerbang Pelabuhan Labuan Bajo (sekitar kurang lebih 30-50 meter dari gerbang Pelabuhan Labuan Bajo).

 

Tarif untuk berkunjung dan menginap di Pulau Kanawa bervariasi sekitar Rp 150 – 500 ribuan. Pengelola menyediakan beberapa pilihan paket biaya dengan fasilitas yang berbeda pula tentunya. Penginapan di pulau ini misalnya ada yang berupa tenda yang tentunya harganya lebih murah dibandingkan jenis penginapan lainnya. Untuk paket menginap di tenda misalnya kita akan dikenai tarif sekitar kurang lebih Rp 150 ribuan permalam (per Agustus 2013) sudah termasuk biaya antar jemput kapal dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa dan sebaliknya. Jadi, bagi anda yang senang dengan jalan-jalan murah tidak perlu terlalu takut dengan image “resort” pulau ini. Anda dapat memilih penginapan berupa tenda. Untuk tarif terkini silahkan anda langsung menghubungi pihak Kanawa Resort.

 

Canon EOS 500D

 

Pulau Kanawa menawarkan eksotisme pantai, perbukitan, dunia bawah laut serta pemandangan laut yang menakjubkan dari atas bukit. Pantainya lumayan panjang dengan pasir putih dan bersih. Beberapa titik di depan pulau ini, di dekat dermaga, cukup dangkal sehingga sangat asyik digunakan untuk berenang.


 Canon EOS 500D

 

Disini kita dapat menemukan berbagai jenis ikan yang cantik-cantik dan lucu-lucu. Tidak perlu jauh-jauh dari pinggir pantai kita dapat menemukan Nemo dan Pari!nBagi anda yang ingin menyaksikan pemandangan laut dari ketinggian anda dapat naik ke atas bukit yang terdapat di pulau ini.

 

Canon EOS 500D

Pulau Kenawa

Nah, ini dia pulau yang sering disangka sebagai Pulau Kanawa yang di Flores. Pulau Kenawa adalah salah satu dari pulau-pulau yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk mencapai pulau ini anda dapat menuju Lombok. Sesampainya di Lombok, pergilah ke Pelabuhan Kayangan Lombok. Waktu itu saya dan seorang teman naik Engkel (semacam angkot) dari Bertais, Lombok. Disini terdapat banyak feri yang menuju Pelabuhan Pototano di Sumbawa Barat. Lama perjalanan dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano kurang lebih 2-3 jam. Tarif ferinya tidak terlalu mahal, yakni Rp 18 ribu per orang (per April 2013).

 

Nah, sesampainya di Pelabuhan Pototano anda tinggal menyewa ojek menuju Dermaga Pulau Kenawa. Ojek bisa ditemui di dekat Pelabuhan Pototano. Tarifnya Rp 5 ribu (per april 2013) hingga ke Dermaga Pulau Kenawa. Sebenarnya saat berada di atas feri kita sudah dapat menyaksikan Pulau Kenawa di kejauhan. Letak Dermaga Pulau Kenawa tidak terlalu jauh kok dari Pelabuhan Pototano. Hanya sekitar 5 menit dengan menggunakan ojek dari Pelabuhan Pototano. Nah di Dermaga Kenawa anda tinggal menyewa perahu untuk menuju Pulau Kenawa. Lama perjalanan dari Dermaga Kenawa ke Pulau Kenawa adalah sekitar 30-45 menit saja.

 

Begitu sampai di depan Pulau Kenawa kita akan disuguhkan pemandangan pantai yang bening dengan pasir pantai yang putih dan bersih.

 

Canon EOS 500D

Bocah Sumbawa sedang bermain di Kenawa. Canon EOS 500D

Canon EOS 500D

 

Ini adalah pulau dengan kombinasi pantai yang bening, pasir putih, savana serta sebuah bukit kecil di salah satu sisinya. Sebuah perpaduan yang indah!


Bukit dan hamparan ilalang di Kenawa. Canon EOS 500D

 

Cobalah naik ke atas bukit di pulau ini, maka anda akan menyaksikan pemandangan yang spektakuler. Anda akan menyaksikan betapa indahnya Sumbawa khususnya dan Indonesia umumnya. Saya bangga menjadi orang Indonesia!


 Salah satu pemandangan dari atas bukit di Pulau Kenawa. Canon EOS 500D

 

Persamaan dan Perbedaan Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa

Bukan namanya saja yang hampir mirip, tapi kedua pulau ini memiliki beberapa persamaan:

1. Sama-sama cantik dan menawan

2. Sama-sama memiliki bukit Adanya bukit di pulau ini menambah pesona kedua pulau ini. Anda dapat menikmati nuansa eksotis pemandangan laut dari ketinggian. Satu hal yang belum tentu dimiliki oleh banyak pulau lainnya.

3. Pantai berpasir putih dengan air yang bening. Ini adalah salah satu pesona kedua pulau ini. Pantainya sangat asyik digunakan untuk berenang dan snorkeling.

 

Lantas apa perbedaannya? Ini dia:

1. Pulau Kanawa terletak di Flores sedangkan Pulau Kenawa di Sumbawa

2. Pulau Kanawa tentunya lebih ramai oleh pengunjung karena merupakan kawasan resort, sedangkan Pulau Kenawa relatif sepi karena memang pulau ini belum dikelola dan belum terdapat penginapan.

3. Berdasarkan pengalaman saya berenang di pantai Pulau Kenawa dan Pulau Kanawa, menurut saya lebih mudah menjumpai ikan dan berbagai spesies laut lainnya di Pulau Kanawa dibandingkan Pulau Kenawa.

4. Pulau Kanawa menurut saya lebih terawat dibandingkan Pulau Kenawa. Ya, tentunya bisa dimaklumi karena Pulau Kanawa telah dikelola sedemikian rupa. Salah satu hal menyedihkan yang saya temui di Pulau Kenawa adalah banyaknya sampah berserakan di pinggir pantai dan di dekat saung-saung yang dibangun di sekeliling pulau ini. Padahal menurut saya pribadi ini adalah pulau yang cantik. Jadi, mari sama-sama kita jaga kebersihan pulau ini. Agar setiap kita tetap dapat merasakan keindahan dan eksotismenya. Jangan biarkan pulau seindah ini menjadi jelek karena sampah-sampah yang berserakan. Ingatkan teman-teman dan saudara kita yang mungkin khilaf tentang hal ini.

 

Comments   

 
0 #1 BW 2014-01-27 15:40
mau tanya min, kalo dari nyewa kapal buat ke pulau kenawa itu kena budged berapa ya?
terimakasiih

nice post nih 8)
Quote
 
 
0 #2 Niko 2014-01-29 00:00
@BW: kalau sekedar menyeberang dari Dermaga Kenawa di Pototano ke Pulau Kenawa PP, tarifnya cuma sekitar 100-150 ribu aja Mas...Tergantun g Nego.

Waktu itu kita dianter dari dermaga Kenawa menuju Pulau Kenawa, trus nginap di kenawa. Besok paginya dijemput lagi di Kenawa trus lanjut hoping island ke beberapa pulau di sekitar Kenawa. Nah kita kena 350 ribu rupiah.

Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung...
Quote
 
 
+1 #3 Nina 2014-02-18 06:53
Bang Niko..ayo laah kesana lagi.
Aku mau ikuuuut.. :lol:
Quote
 
 
+1 #4 Niko 2014-02-18 15:36
Ninaaa... He...he..Pengen sih pengen Nina... Tapi belum tau kapan mau kesana lagi... :D
Quote
 
 
+1 #5 gita 2014-04-01 01:38
Halo mas thank you udh sharing soal kenawa dan kanawa :D

Untuk penginepan di kenawa, apa harus booking dsb? Kalau iya, boleh minta CP nya kah?

Thank you ya
Quote
 
 
0 #6 niko 2014-04-09 03:32
Mbak Gita: Sama-sama Mbak GIta :)

Kalau di Pulau Kenawa belum ada penginapan Mbak...he..he.. . Jadi mesti Nenda :)
Quote
 
 
0 #7 ermina 2014-04-10 05:06
indah sekali....bang Niko mau bikin buku tentang keindahan Indonesia ga? hayukkk kita bikin bareng....
Quote
 
 
0 #8 Niko 2014-04-12 06:49
Mbak Ermina: Salam kenal Mbak...trimakas ih Mbak

Wah..ide yang menarik sekali itu Mbak :D ...Saya tertarik ingin mendengarkan ide Mbak..

Silahkan mbak, kita bisa diskusi lebih jauh..

Email saya:

Regards
Quote
 
 
0 #9 Elis 2014-05-24 22:48
Mas Niko, Thank you ulasannya. Boleh tau gimana keamanan untuk menginap di P. Kenawa kalau kami bawa 4 org anak kecil? Kami driving dari Jakarta, apakah ada info tempat parkir mobil yang aman sebelum menyeberang ke pulau kenawa?
Quote
 
 
+1 #10 niko 2014-05-25 23:02
Mbak Elis: sama sama mbak... Smeoga bermanfaat.... Kalau soal keamanan, dua kali kesana kami aman-aman saja mbak. Pulaunya pulau tidak berpenghuni...

Di Pulau Kenawa belum ada penginapan Mbak dan tidak ada penduduk... Pulaunya pulau tak berpenghuni...

Yg perlu diwaspadai di Pulau Kenawa adalah ular mbak. Jadi kalau membawa anak anak kecil hati-hati aja....

Kalau soal tempat parkir mobil, saya juga kurang tahu mbak. Mungkin mbak bisa numpang parkir di rumah Bapak yang menyewakan perahu untuk menyeberang ke Kenawa... Siapa tahu bisa numpang parkir di rumah mereka..

Sebenarnya Pulau Kenawa dekat dengan Pelabuhan Pototano. Mungkin mbak bisa tanya2 disana siapa tahu bisa parkir di pelabuhan...
Quote
 
 
0 #11 yudi 2014-06-13 21:40
aku stay d labuan bajo tgl 16-21 juni. cuman yg free tgl 19-21 krn tgl 16-19 aku mehadiri prtemuan dulu di jayakarta hotel. ada yg mau gabung gak tuk trip ke komodo tgl 19-21 juni..??
Quote
 
 
0 #12 yudi 2014-06-13 21:49
nyari temen tuk trip ke komodo tgl 19-21 juni..?? ada yg minat gak..??
Quote
 
 
0 #13 papa jo 2014-06-23 08:14
beuh.. mantap euy.. bagi itinerary nya donk.. :D
Quote
 
 
0 #14 niko 2014-06-27 12:54
@Jo: makasih bro... kalo itin pm aja bro... pm fb aja ...klo yg sumbawa udah gw buat bro itinnya di tulisan lain..

ini linknya:

http://www.viewindonesia.com/index.php/travel-destination/101-itinerary-jalan-jalan-ke-sumbawa
Quote
 
 
0 #15 kiki mr 2015-03-07 22:21
ijin repost ya. :-) agar semua orang tau keindahan Indonesia
Quote
 
 
0 #16 IndonesianTrip.net 2015-10-02 05:56
Sail Komodo cuma Rp 1.750.000,- / orang :)
Silahkan kunjungi website kami
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh