7 Pantai yang Menawan di Lombok

Link artikel lain:

1. Berjumpa Serdadu Kumbang di Pulau Kenawa yang Menawan

2. Menikmati Senja di Pulau Bira Besar

3. Pulau Kelagian Besar..Satu Lagi Pesona Lampung

4. Pulau Pahawang, Pulau Kelagian dan 5 Pulau Lainnya; Destinasi "Baru" Bagi Pecinta Pulau dan Laut

5. Pulau Samalona, Si Kecil di Dekat Makassar


 

Meski sudah beberapa kali saya jalan-jalan ke berbagai tempat indah di Lombok, namun masih banyak pantai-pantai indah yang belum sempat tersambangi. Lombok memang salah satu surganya pantai-pantai eksotis dan menawan. Berikut beberapa pantai yang pernah saya kunjungi sebagai salah satu referensi bagi anda yang ingin berlibur ke Lombok.

 

1. Pantai Surga

Mungkin belum banyak yang tahu tentang keberadaan pantai satu ini. Selain memang belum banyak diekspos, letaknya yang cukup jauh bisa jadi menjadi faktor sedikitnya orang yang berkunjung ke Pantai ini. Salah satunya adalah pantai yang terletak di Lombok Timur ini. Pantai Surga atau masyarakat setempat sering juga menyebutnya dengan Laut Surga adalah sebuah pantai yang masih terletak di Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Jerowaru. Untuk mencapai pantai ini kita harus melewati jalan yang sangat tidak mulus dan berbatu-batu. Di pantai ini banyak terdapat batu-batu besar dan tebing tinggi yang menawan.

Pantai Surga. Foto oleh Niko Tujuhlangit

 

Silahkan klik disini untuk melihat tulisan mengenai Pantai Surga.

 

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai indah dan eksotis yang ada di Lombok. Pantai ini dapat dicapai dari Mataram baik dengan sepeda motor ataupun mobil selama kurang lebih 2 – 2,5 jam perjalanan. Atau sekitar kurang lebih 1 – 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok. Pasirnya yang bersih dan putih serta air lautnya yang berwarna biru dan kehijauan akan membuat anda tergoda untuk segera “nyemplung”. :).

 

Di pantai ini banyak terdapat bukit-bukit. Kita dapat naik ke atas bukit untuk menyaksikan keindahan bentangan panoramanya.

 Pemandangan dari atas salah satu bukit

 

3. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan, di Lombok Selatan. Pantai ini berada di Desa Kuta, sekitar kurang lebih 30 menit saja bersepeda motor dari Tanjung Aan. Kalau dari arah Mataram, kita akan melewati pantai ini terlebih dahulu sebelum sampai di Pantai Tanjung Aan. Salah satu keunikan pantai ini adalah pasir pantainya yang berukuran besar-besar berbentuk merica.

Pantai Kuta Lombok


Anak-anak Lombok sedang bermain di Pantai Kuta Lombok

 

4. Pantai Gili Kondo

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Gili Kondo. Berbeda halnya dengan 3 Gili yang sudah sangat ramai dikunjungi (silahkan klik disini untuk melihat tulisan saya mengenai 3 Gili), Gili Kondo masih relatif sepi. Gili Kondo dapat dicapai melewati jalur darat dari Mataram selama kurang lebih 2-3 jam. Waktu itu saya dan seorang teman kesana dengan menggunakan sepeda motor melewati jalan-jalan yang berliku-liku, namun sudah beraspal. Sesampainya di Dermaga Gili Lampu, di Sambelia Timur, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberangi laut dengan perahu motor selama lebih kurang 1 jam. Sesampainya di pulau ini, anda dapat menikmati keindahan pantainya. Coba saja berkeliling pulau dengan menyusuri pantainya, dan rasakan hamparan pasirnya yang bersih dan putih memanjakan kaki anda.


Foto: bersama teman saya di pantai Gili Kondo

 

5. Pantai Gili Meno

Gili Meno merupakan salah satu bagian dari 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air). Menurut saya pribadi, pantai di Gili Meno adalah yang paling asyik dan cantik dibandingkan dua pulau lainnya. Masih lebih sepi!

Menyusuri bibir pantai Gili Meno

 

Waktu berkunjung kesana, saya dan seorang teman berkeliling pulau ini dengan menyusuri bibir pantainya. Hmmm…seruuu…Di seberang kita dapat menyaksikan Gili Trawangan dan pemandangan bukit-bukit di kejauhan. Untuk cerita lebih lengkap mengenai 3 Gili, silahkan klik disini.


Gili Trawangan terlihat dari Gili Meno

 

6. Pantai Cemara

Pantai ini terletak di Lombok Timur, masih di daerah Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Pantai Cemara belum dikenal oleh banyak orang. Mungkin karena jaraknya yang jauh dan terbatasnya sarana transportasi. Padahal pantai ini sangat eksotis. Air lautnya bergradasi biru hijau. Pasir pantainya bersih putih. Di depannya terhampar pemandangan tebing-tebing menawan! Kalau soal sepi, jangan ditanya. Lihat saja foto yang berhasil saya abadikan berikut.

Pantai Cemara

 

7.  Pantai Kaliantan

Tidak jauh dari Pantai Cemara, terhampar satu lagi pantai yang indah. Pantai Kaliantan namanya. Dari Pantai Cemara, anda tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit menyusuri kawasan pinggir pantai. Pastinya pantai ini juga belum banyak diketahui oleh wisatawan, seperti halnya Pantai Cemara.

 

Pantai Kaliantan

 

Comments   

 
0 #1 ain 2013-10-30 03:58
subhanallah...a mazing indonesia!! i'm from malaysia ;-)
Quote
 
 
0 #2 niko 2014-07-12 03:24
Mbak Ain: iyaa... terimakasih :) ... salam kenal mbak :)
Quote
 
 
0 #3 mol 2015-06-01 15:03
Lombpk exotix lombok i lov you
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh