Gili Kapal; Surga Kecil Yang Timbul Tenggelam

Link artikel lain:

1. 13 Tujuan Wisata di Lombok

2. Keindahan 4 Gili

3. Serba-Serbi 3 Gili

4. Berkunjung ke Pantai Surga, Lombok

5. Menggapai Puncak Rinjani

 


 

Indonesia itu memang indah kawan! Gak ada habisnya! Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita dapatkan saat menjelajahi negeri ini. Selalu saja ada kejutan-kejutan menarik. Setiap kali kita menjelajah, ada saja “hidangan” yang berbeda dan memiliki “rasa” khas tersendiri. Salah satu contohnya adalah pulau atau gili yang berada di perairan antara Lombok dan Sumbawa Barat satu ini.

 

Gili Kapal nama pulau kecil yang cantik ini. Gili Kapal terletak kurang lebih sekitar 20-30 menit dari Gili Kondo dengan menggunakan perahu motor. Pulau ini terletak di daerah Sambelia Timur, Lombok Timur. Dari Mataram, saya dan teman bersepeda motor kesana. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 – 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor untuk bisa sampai ke dermaga penyeberangan ke pulau ini. Nama dermaganya adalah Dermaga Gili Lampu. Disana kami menyewa perahu motor dengan tarif Rp 200 ribu untuk berkeliling beberapa pulau. Selain Gili Kapal, hari itu kami juga bermain di perairan beberapa pulau disekitarnya yakni Gili Kondo, Gili Bidara dan Gili Petagan.


 

Awalnya Gili Kapal ini tidak masuk dalam agenda jalan-jalan saya kali ini. Bahkan saya sendiri tidak tahu dengan keberadaan pulau ini. Tapi akhirnya kami singgah juga karena ajakan teman yang kebetulan orang asli Lombok. Dia begitu penasaran dengan pulau kecil ini. Katanya sudah berkali-kali ingin ke gili satu ini, tapi baru kesampaian sekarang. Memang pulau ini tidak setiap saat bisa dikunjungi karena pulau ini timbul tenggelam seiring pasang surutnya air laut. Beruntung sore itu air laut sedang surut sehingga kami berdua dapat menyaksikan hamparan pasir putih pulau ini.

 

Arus air disekitar pulau sore itu cukup deras dan bergerak melawan perahu kami, sehingga abang tukang perahunyapun terpaksa menepikan perahu agak jauh ke tengah laut setelah terlebih dahulu menurunkan kami berdua.

 

Setelah menginjakkan kaki di pulau ini, kami berduapun menghabiskan waktu berfoto-foto.

 

 

 

 

Disekeliling pulau ini terhampar pemandangan gradasi warna air laut yang cantik dan menawan. Kalau kita menghadap ke barat maka kita akan menyaksikan gagahnya Gunung Rinjani.

Senja dari Gili Kapal. Terlihat Gunung Rinjani di kejauhan. Canon EOS 500D

 

Menghadap ke Timur, maka kita akan menyaksikan hamparan laut dan pulau-pulau di Sumbawa Barat.


Terlihat di kejauhan Sumbawa Barat. Canon EOS 500D

 

Hmmm…Inilah Gili Kapal. Bagaimana? Selamat menjelajahi Indonesia yang penuh dengan kejutan keindahan! :)

 

Nantikan terus tulisan-tulisan tentang Lombok, “Sang Mutiara Timur” yaaa…Yang kaya akan wisata pulau, laut dan pantai…

Comments   

 
0 #1 David 2013-10-17 02:25
Mantap Brooooo Nikko.......... ... ;-)
Quote
 
 
0 #2 niko 2014-07-12 03:27
Makasih Bro david :)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh