Berjumpa Serdadu Kumbang di Pulau Kenawa yang Menawan

Link artikel lain:

1. 25 Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung

2. 13 Tujuan Wisata di Lombok

3. Serba-Serbi 3 Gili

4. 12 Tips Tentang Tersesat Saat Mendaki Gunung

5. Pertemuan dengan Seorang Bapak di Selayar


Sebuah perahu yang membawa segerombolan anak-anak kecil tiba-tiba merapat di dermaga saat saya sedang asyik-asyiknya snorkeling dan menikmati suasana sepi, keindahan dan eksotisme pantai Pulau Kenawa. Seketika suasana pulau menjadi ramai dengan riuh rendahnya suara anak-anak yang kemudian asyik menikmati keindahan pulau ini. Merekapun satu-persatu mulai beraksi. Ada yang melompat dan bersalto ke laut dari jembatan di dermaga, ada yang berenang dan ada pula yang berlarian di pinggir pantai sambil bercengkerama dengan teman-temannya. Beberapa waktu kemudian saya keluar dari dalam laut dan berjalan menyusuri pantai ke arah dermaga.

 

“Serdadu Kumbang…Serdadu Kumbang…”, teriak beberapa orang anak kecil kepada saya dari sebuah menara kecil yang terletak tidak jauh di pinggir pantai. Sejenak kemudian barulah saya tahu bahwa pulau ini merupakan salah satu tempat pengambilan gambar Film Serdadu Kumbang yang diproduksi oleh Alenia Pictures. Meskipun saya belum pernah nonton film ini, tapi saya pernah mendengar dan membaca tentang film ini sekilas. Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale ini berpusat pada kisah tiga orang bocah yang bersahabat akrab yaitu Amek, Umbe dan Acan. Salah satu hal yang diangkat dalam film ini adalah mengenai realita dunia pendidikan kita. Kumbang sendiri merupakan kiasan kehidupan anak-anak Tana Samawa (Tanah Sumbawa). Permainan berburu Kumbang merupakan kegemaran khas anak-anak Sumbawa.

 

Bocah-bocah tersebut kemudian berteriak kepada saya, ‘’foto…foto”. Maksudnya mereka minta difoto karena tahu saya sedang menenteng kamera. Sayapun kemudian memotret anak-anak ini sesuai permintaan mereka. Salah seorang bocah kemudian berkata dengan penuh semangat, “saya yang main di Film Serdadu Kumbang”. “Ah yang benar?”, tanya saya yang kurang yakin dengan pernyataan anak tersebut. Kemudian salah satu diantaranya menunjuk salah seorang gadis yang sedang duduk di pinggir pantai sambil berkata,” itu yang sedang duduk juga main di Film Serdadu Kumbang”. Lagi-lagi saya masih belum percaya. Pikir saya paling anak-anak ini bercanda. Saya hanya bisa tersenyum-senyum saja melihat tingkah anak-anak yang spontan dan lucu tersebut. Sesampainya di dermaga saya mencoba berbaur dan mendekat serta berbicara dengan anak-anak lainnya yang sedang asyik berenang dan melompat dari dermaga. “Wah, pada jago-jago berenang ya?”. Salah seorang gadis kemudian berucap dengan bangganya,”Ya jelas, orang Pototano harus jago berenang”, tukasnya dengan logat khas Sumbawa. Saya lagi-lagi hanya bisa tersenyum dan benar-benar terhibur dengan tingkah dan sikap apa adanya dari anak-anak ini.

 

Beberapa anak kemudian lagi-lagi minta difoto sambil meloncat ke laut. Liat saja foto-foto keceriaan mereka ini. Sungguh saya melihat kebahagiaan di wajah mereka. Mereka seolah menyatu dengan laut. Memang pantas kalau mereka dibilang anak-anak laut…Tak ada rasa cemas atau takut dengan kedalaman laut..Berenang dan bermain di laut sudah menjadi mainan harian mereka.

Seorang anak sedang asyik bermain di dermaga Pulau Kenawa. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D.


Melompat di dermaga. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D.

 

Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D

 

Melihat keceriaan dan begitu menyatunya para Serdadu Kumbang ini dengan laut, membuat saya terhibur dan menghela nafas. Senang rasanya melihat anak-anak dan generasi kita yang sangat dekat dengan alam. Jauh dari kesan mewah dan hidup manja. Kedekatan dengan alam seperti ini juga yang akan membentuk generasi-generasi yang kuat dan bersemangat.

Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D

 

Tetaplah begitu wahai Serdadu Kumbang… Menarilah terus bersama alam… :) …Gapai cita-citamu…

 

Comments   

 
+1 #1 Velyz 2013-05-17 03:02
:lol: Biru banget airnya, nice shot...suka banget dengan foto pertama =))
Quote
 
 
0 #2 Niko 2013-05-19 08:04
Terimakasih Velyz... :-)
Quote
 
 
0 #3 yudi 2013-05-21 13:05
mantap kang . . . . .
Quote
 
 
0 #4 Niko 2013-05-21 15:19
Terimakasih Kang Yudi... :)
Quote
 
 
0 #5 bocah petualang 2013-05-22 14:27
Airnya sebening itu, pantas saja mereka sangat ceria bermain di sana :-)
Quote
 
 
0 #6 Niko 2013-05-23 13:44
@bocah petualang: yup benar...ceria sekali mereka.... :) ...trims sudah berkunjung :)
Quote
 
 
0 #7 yudi 2014-05-02 12:48
Kangen kang ...kpn donk kesana lagi......
Quote
 
 
0 #8 niko 2014-05-02 14:12
Kang Yudi: ha..ha... siapa yg gak kangen dengan tempat seperti ini kang..Posisi dimana sekarang kang yudi?
Quote
 
 
0 #9 Elsan Reynanda 2016-01-31 11:03
bangga jd ank sumbawa
Quote
 
 
0 #10 Niko 2016-02-03 17:02
@Elsa: pastinya gan.. :)... Saya juga bangga dengan keindahan SUmbawa :)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh