Teluk Kabui.."Surga" Pembuka Menuju Wayag, Raja Ampat

Link artikel lainnya:

1. Menggapai Puncak Rinjani

2. Tips Menekan Biaya Traveling ke Raja Ampat

3. Itinerary Perjalanan ke Raja Ampat

4. Artikel fotografi: "Tips Memotret Orang: Tatapan Mata, Senyum, Tawa, Ekspresi dan Cahaya"

5. Bromo: Gunung yang Tak Pernah "Tidur"

6. Pulau Kelagian Besar; Satu Lagi Pesona Lampung

7. Menikmati Senja di Pulau Bira Besar


Suasana tiba-tiba terasa begitu hening... Long boat yang kami tumpangi dari Waisaipun perlahan  mulai melambat...Ada apa gerangan pikir saya? Salah seorang teman yang duduk di bagian depan long boat pun memanggil saya dan dua orang teman lainnya untuk segera keluar dari dalam long boat yang memiliki ruangan dibagian tengahnya. Saya yang penasaran segera keluar dari dalam long boat. Sedangkan dua teman lainnya masih asyik tertidur di dalam. Saat keluar dari dalam long boat, ternyata sebuah pemandangan menyejukkan dan luar biasa indah sudah terhampar di hadapan kami. Kami baru saja memasuki sebuah tempat yang disebut dengan Teluk Kabui. Yup, Teluk Kabui! “Surga” pembuka yang akan kita temui dalam perjalanan ke salah satu “surga”nya Raja Ampat; Kepulauan Wayag.

Foto oleh Niko TujuhLangit


Hmm..Luar biasa pikir saya..Entah mengapa suasana terasa begitu “magis” ditempat ini...Semacam kedamaian seolah-olah mengalir di sekujur tubuh..Waktu seakan-akan terasa berhenti berputar...Puluhan atau bahkan ratusan gugusan pulau-pulau karang dengan bentuk yang unik berdiri gagah di kawasan ini. Seakan-akan timbul dari dasar laut seperti mangkuk terbalik. Pulau-pulau yang nantinya juga akan kami saksikan di Kepulauan Wayag, tujuan kami hari itu. Teluk Kabui sendiri merupakan semacam selat yang akan kita lalui dalam perjalanan menuju Kepulauan Wayag, dari Waisai. Teluk Kabui ini terletak diantara Pulau Waigeo dan Pulau Gam. Pemandangan ketika memasuki area Teluk Kabui sangat memikat. Hamparan air laut yang berwarna hijau dan bening ditambah letaknya yang diapit perbukitan dan gugusan-gugusan pulau yang ditumbuhi hutan yang masih belum terjamah membuat suasana disini semakin terasa eksotis. Saat itu kami tidak berpapasan dengan boat lain disini. Benar-benar sepi!

Bersama rekan-rekan saya saat melewati lorong Teluk Kabui. Terlihat dibagian belakang gugusan pulau-pulau karang. Foto oleh Niko TujuhLangit


Sang motoris dengan seksama terus memperhatikan aba-aba dari rekannya yang berdiri dibagian depan boat. Maklum saja, ini untuk menghindari agar boat tidak menabrak karang karena di Teluk Kabui ini beberapa titiknya cukup dangkal. Itu jugalah alasan kenapa sang motoris memperlambat laju boat saat memasuki tempat ini. Saya sendiri hanya bisa terus terkagum-kagum dengan karya Sang Pencipta ini. Sungguh.. Jujur ingin saya katakan bahwa tidak pernah saya melihat tempat seindah ini dalam perjalanan-perjalanan yang telah lalu. Ingin rasanya menceburkan diri kedalam air laut yang hijau dan bening itu! Namun sayangnya kami harus berburu dengan waktu menuju Wayag. Satu doa saya: mudah-mudahan suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki dan menghabiskan lebih banyak waktu disini.

Foto oleh Niko TujuhLangit


Untuk bisa sampai ke Teluk Kabui dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan long boat dari Waisai. Selepas melewati Teluk Kabui kita akan memasuki perairan Waigeo Barat. Siapkan kamera dan cam anda dan jangan lewatkan keindahan tempat ini. Indonesia itu indah kawan….Mari nikmati, perkenalkan dan jaga keindahannya dengan baik. .

Salam keindahan Indonesia!

Add comment


Security code
Refresh