Pulau Kelagian Besar, Satu Lagi Pesona Lampung

Link artikel lainnya:

1. Tips Menekan Biaya Traveling ke Raja Ampat

2. Serba-Serbi 3 Gili

3. Menggapai Puncak Rinjani

4. Mengintip Selayar; Kepulauan di Ujung Selatan Sulawesi

5. Keindahan 4 Gili

6. Jalan-Jalan Mulus dan Berbelok-Belok Pulau Weh

 


Lampung mungkin agak kurang terdengar hingar-bingarnya dalam dunia pariwisata. Tidak seperti halnya beberapa destinasi wisata favorit dan terkenal di tanah air yang sudah sering diberitakan di berbagai media massa. Lampung justru sebaliknya. Namun meskipun begitu bukan berarti Lampung tidak memiliki potensi wisata. Dengan kontur daratannya yang berbukit-bukit dan dibatasi oleh laut di sebelah Utara, Timur dan Selatan serta sejumlah pulau-pulau di perairan Selat Sunda dan sekitarnya, menjadikan Lampung sebagai salah satu daerah yang sebenarnya memiliki potensi wisata yang baik. Beberapa objek wisata di Lampung yang sudah cukup terkenal diantaranya adalah Krakatau dan Teluk Kiluan. Namun ternyata masih banyak potensi lainnya yang belum tereksplor. Anda tidak percaya? Mari kita tengok sejenak satu pulau berikut ini.


Kelagian Besar namanya. Beberapa waktu lalu saya dan beberapa orang teman lainnya berkesempatan mengunjungi pulau ini. Kelagian Besar merupakan salah satu bukti bahwa sebenarnya Lampung memiliki potensi wisata yang cukup baik. Hanya saja mungkin belum dimaksimalkan dan belum diketahui oleh banyak orang. Pulau Kelagian Besar ini sebenarnya mirip dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Ia merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di kawasan perairan Lampung. Kita dapat mencapai Lampung baik lewat udara maupun darat. Saya dan beberapa teman waktu itu menempuh jalur darat dari Jakarta. Kami berkumpul di Slipi diseberang Rumah Sakit Harapan Kita. Darisana kami menuju Pelabuhan Merak dengan menaiki bis. Ada banyak bis tujuan Pelabuhan Merak yang lalu lalang disini. Atau anda bisa juga naik bis dari Terminal Kampung Rambutan. Dari Pelabuhan Merak perjalanan dilanjutkan dengan menyeberangi laut menuju Pelabuhan Bakaheuni di Lampung dengan menaiki kapal. Tarif kapal ini tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp 11.500,- per orang (per September 2012). Sesampainya di Pelabuhan Bakaheuni kami kemudian naik bis menuju Terminal Rajabasa. Bis-bis ini dapat ditemui di Pelabuhan Bakaheuni. Dari Terminal Rajabasa kami menyewa dua buah angkot menuju Dermaga Ketapang. Nah, terakhir kami menyewa perahu motor dari Dermaga Ketapang untuk menyeberang ke Kelagian Besar dan mengunjungi beberapa pulau dan spot snorkeling disekitarnya.


Kelagian sendiri sebenarnya ada dua, yaitu Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Namun yang sering dikunjungi adalah Kelagian Besar. Jarak dari Dermaga Ketapang menuju Kelagian Besar tidak terlalu jauh. Dari Dermaga Ketapang kita sudah bisa melihat Pulau Kelagian Besar di depan. Hanya perlu waktu sekitar 20-30 menit menyeberangi lautan dengan perahu motor. Sesampainya di Kelagian Besar kita akan disuguhi dengan hamparan pantai berpasir putih.

 

Bermain di Pantai Kleagian Besar. Foto oleh Niko TujuhLangit

 

Foto oleh Niko TujuhLangit


Foto oleh Niko TujuhLangit


Pulau ini cukup luas dengan pantai yang cukup panjang.

Foto oleh Niko TujuhLangit

Foto oleh Niko TujuhLangit


Menikmati sejuknya air laut :) . Foto oleh Niko TujuhLangit


Pulau ini belum memiliki penghuni. Namun disini ada warga yang membuka warung. Penginapanpun belum tersedia (per September 2012). Saat berkunjung kesana kami mendirikan tenda. Terdapat beberapa saung yang didirikan dipinggir pantai yang mungkin bisa anda jadikan sebagai tempat untuk tidur, namun untuk dapat menggunakan saung ini anda harus morogoh kocek sebesar Rp 20 ribu persaung perhari (per September 2012). Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan disini diantaranya snorkling di depan pantai dan berkano. Disini disewakan sejumlah kano dengan tarif Rp 20 ribu perjamnya. Dengan menggunakan kano anda dapat menyusuri pinggir pantai ini. Seru bukan?

 

Foto oleh Niko TujuhLangit


Selain itu dari pulau ini anda dapat menikmati suasana pagi dan senja yang hangat. Sunset dari pantai ini agak terhalang oleh perbukitan, namun suasananya tetap indah.

Matahari tenggelam di Kelagian Besar. Foto oleh Niko TujuhLangit

 

Dari Pulau Kelagian Besar ini kita dapat mengunjungi beberapa objek lainnya seperti Pulau Pahawang dan Tanjung Putus. Jaraknya cukup jauh dari Kelagian Besar. Untuk menuju Tanjung Putus dari Kelagian Besar dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalanan menuju Tanjung Putus kita dapat singgah di Pahawang.

Perjalanan menuju Tanjung Putus. Foto oleh Niko TujuhLangit


Singgah di Pahawang. Foto oleh Niko TujuhLangit

 

Bagaimana dengan dunia bawah laut di Kelagian, Pahawang dan Tanjung Putus? Berikut foto-fotonya.

Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Foto oleh Bayu Ismaya


Selamat menikmati keindahan Indonesia.. :)





Add comment


Security code
Refresh