Damai di Lembah Surya Kencana

Link artikel lainnya:

1. Mendaki Gunung Tampomas

2. Dari Pasar Bubrah Menuju Puncak Merapi

3. Menikmati Senja di Pulau Bira Besar

4. Artikel fotografi: 18 Tips Memotret Saat Mendaki Gunung

5. Itinerary Perjalanan ke Raja Ampat

6. Pesona Pagi, Senja dan Malam di Merbabu

7. Oro-Oro Ombo..Serpihan Surga yang Jatuh di Semeru


Ada banyak tempat-tempat indah di dasar-dasar samudra yang hanya bisa dinikmati dengan menyelam kedalamnya. Demikian juga ada banyak tempat-tempat indah di puncak-puncak bumi dimana kita harus bersusah-payah mendaki untuk bisa sampai kesana. Namun sebagaimana kita ketahui setelah usaha dan kesusahan pasti ada keindahan dan kemudahan.

 

Para pendaki di Surya Kencana. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Bersama rekan-rekan saya. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Surya Kencana adalah sebuah lembah cantik yang terdapat di Gunung Gede, sebuah gunung di daerah Jawa Barat. Lembah Surya Kencana dapat dicapai dengan berjalan kaki mendaki Gunung Gede selama lebih kurang 4-5 jam melalui Jalur Gunung Putri dan sekitar 6-8 jam jika melewati Jalur Cibodas. Disini terdapat dataran yang cukup luas yang diapit oleh beberapa gundukan bukit disekitarnya. Di dataran ini tumbuhlah banyak Edelweis dan ilalang yang menyuguhkan pemandangan yang membuat hati terasa sejuk dan tenteram. Rasa lelah sepanjang pendakian akan terbayar ketika kita sampai di lembah ini.

Di kejauhan terlihat pohon-pohon Edelweis bertebaran. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 70-300 mm.

Menikmati suasana di Surya Kencana. foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 70-300 mm.

 

Pada musim panas keindahan lembah ini benar-benar terasa sempurna. Pancaran cahaya matahari pagi dan sore membuat hamparan lembah ini semakin terasa eksotis dan menawan.

 

Terlihat tenda-tenda pendaki. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.

 

Tempatnya yang luas dengan pemandangan yang indah membuat Lembah Surya Kencana menjadi tempat favorit dan pilihan utama para pendaki untuk mendirikan tenda. Biasanya pendaki banyak mendirikan tenda agak ke arah barat lembah ini. Dari sini kita juga sudah bisa melihat puncak Gunung Gede dengan jelas. Di kawasan ini terdapat beberapa cekungan yang terkadang dijadikan juga sebagai tempat mendirikan tenda oleh para pendaki.

 

Tenda di cekungan lembah. Foto oleh Niko Tujuhlangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Jika anda ingin menyaksikan matahari tenggelam anda tinggal berjalan terus ke arah barat dari area tenda seperti pada foto di atas, menyusuri semak-semak dan hamparan Edelweis, hingga anda menjumpai dua gunung di kejauhan. Darisini jika beruntung anda dapat menyaksikan matahari terbenam di sela-sela langit.

Siluet saat matahari tenggelam dari kejauhan. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 60D. Lensa 70-300 mm.


Tidak ada hal yang lebih menyenangkan untuk dilakukan di lembah ini selain menikmati pagi dan senja dibawah hangatnya mentari bersama-sama rekan-rekan anda, di antara kerimbunan ilalang sambil menikmati makanan atau minuman hangat. Hidup benar-benar terasa indah dan berbeda. Disini, lupakan sejenak segala rutinitas harian anda, menyatulah dengan kesejukan dan nyanyian alam yang ramah dan bersahabat. Nikmatilah setiap canda dan tawa dengan rekan-rekan anda.

Bersama teman-teman saya dari Forum Petualang 24 ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ). Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Dengan teman-teman saya. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Berfoto di Lembah Surya Kencana. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Dengan teman saya saat istirahat sejenak ketika baru sampai di Surya Kencana. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.


Dengan teman-teman saya. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 10-22 mm.

Dengan teman saya. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D. Lensa 70-300 mm.


Oya, seperti halnya kebanyakan gunung, jika memungkinkan berkunjunglah ke lembah ini pada saat musim panas, agar anda dapat menikmati keindahan lembah ini dengan maksimal. Jangan lupa bawa jaket yang memadai untuk menghangatkan tubuh anda karena hawa di lembah ini cukup dingin.


Selamat berkunjung ke lembah ini dan selamat menikmati dan memperkenalkan keindahan Indonesia!


VIEWINDONESIA.COM..... Berbagi Informasi Travel & Fotografi....Sekecil & Sesederhana Apapun Itu.....

 

 

Add comment


Security code
Refresh