Mengintip Selayar; Kepulauan di Ujung Selatan Sulawesi

 Link artikel lainnya:

1. Itinerary Perjalanan ke Raja Ampat

2. Tips Menekan Biaya Traveling ke Raja Ampat

3. Menikmati Senja di Pulau Bira Besar

4. Serba-Serbi 3 Gili

5. Artikel fotografi: "HORIZON"


Sulawesi Selatan memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Kepulauan di ujung Selatan Sulawesi ini. Selayar namanya. Kepulauan Selayar sendiri merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang terdiri atas seratusan lebih pulau-pulau. Kabupaten Kepulauan Selayar ini terdiri atas beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Bontoharu, Bontomanai, Bontosikuyu, Bontomatene, Pasimasunggu dan salah satu yang cukup terkenal dengan keindahan lautnya; Kecamatan Takabonerate. Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar terletak di Kota Benteng. Kabupaten Kepulauan Selayar secara umum memiliki kontur berbukit-bukit, dengan dihiasi pemandangan pantai-pantai disepanjang jalan dan tentunya gugusan pulau-pulau.

 Anak-anak Selayar bermain di dekat Pelabuhan Kota Benteng, Selayar. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 500D.

 

Pariwisata

Secara umum potensi pariwisata di Kepulauan Selayar sangat baik mengingat banyak sekali yang bisa dikembangkan. Berdasarkan kunjungan kesana pada pertengahan Oktober 2012 lalu, dua jenis wisata yang paling menonjol dan bisa dikembangkan adalah wisata bahari dan wisata sejarah. Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang Takabonerate yang disebut-sebut memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Takabonerate memiliki potensi yang sangat bagus untuk wisata bahari seperti diving dan snorkeling.

 Senja di Pelabuhan Benteng. Selayar. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 7D.

 

Selain Takabonerate masih banyak pulau-pulau lainnya yang memiliki keindahan yang belum terekspos ke permukaan. Bagi anda yang hobby menyelam, terdapat beberapa spot diving yang tersebar di berbagai pulau di kepulauan ini yang bisa anda jajal. Bagi yang hobby sekedar bermain-main di pantai, cobalah bersepeda motor dari Appatana hingga Pamatata, di sepanjang perjalanan anda dapat menikmati beberapa pantai. Beberapa pantai di Kabupaten Kepulauan Selayar diantaranya Pantai Baloiya, Pantai Pabakdilang, Pantai Je’neiya, Pantai Pinang, Pantai Hara, Pantai Bonetappalang, Pantai Talloiya dan masih banyak pantai lainnya.

Senja di dekat Pelabuhan Benteng, Selayar. Foto oleh Niko TujuhLangit. Canon EOS 7D.

 

Bosan dengan wisata bahari? Jangan khawatir, anda dapat juga dapat menikmati wisata sejarah. Di Selayar terdapat  beberapa peninggalan sejarah seperti Gong Nekara dan Jangkar Raksasa milik saudagar Cina yang pernah singgah di Selayar. Selayar dulunya sering dijadikan sebagai tempat persinggahan pelaut Cina dan Belanda. Letaknya yang sangat strategis menjadikan kepulauan ini sering dijadikan tempat persinggahan pelayaran. Belanda sendiri mulai berada di Selayar sekitar tahun 1700-an. Mungkin itulah sebabnya banyak ditemukan peninggalan-peninggalan sejarah di Kepulauan ini. Ketika bermain ke Patumbukkang, saya bertemu dan ngobrol-ngobrol dengan salah seorang bapak di rumahnya yang sangat sederhana dan terbuat dari kayu dan beratapkan ijuk. Rumahnya persis di dekat Pelabuhan Patumbukkang. Usianya sudah kepala delapan. Beliau bercerita dulu dia sering menemukan barang-barang peninggalan sejarah di bukit di dekat tempat tinggalnya. Diantaranya berupa wajan dan perkakas lainnya. Namun barang-barang tersebut disita oleh petugas.

 

Anda bisa juga berkunjung ke mesjid tertua di Selayar, yakni Mesjid Gantarang. Letaknya unik, jauh di atas ketinggian, di atas bukit. Untuk mencapai mesjid ini kita dapat menggunakan sepeda motor. Nantinya kita akan melewati jalan kecil dengan pemandangan hutan di kiri kanan jalan. Menjelang sampai di mesjid, kita akan semakin sadar bahwa pendahulu-pendahulu kita memang tangguh-tangguh. Bagaimana tidak, mesjid ini dibangun di atas ketinggian bukit pada tahun 1600-an. Dari lokasi mesjid ini kita dapat melihat laut lepas. Mungkin dulu pendiri mesjid ini menepi di lepas pantai di kaki bukit tersebut dan kemudian mendaki menuju puncak bukit dimana mesjid ini sekarang masih kokoh berdiri.

 

Beberapa objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi diantaranya Air Terjung Uhe Gonggong di Jammeng, perkampungan tua Bitombang dan Perkampungan Nelayan Padang (Biasa disebut Kampung Padang). Untuk menjelajahi seluruh Kabupaten Kepulauan Selayar jelas tidak cukup hanya dalam satu atau dua minggu saja. Karena kepulauan ini sangat luas dan terpisah oleh lautan.

 

Akses ke Kepulauan Selayar

Untuk menuju ke Kepulauan Selayar maka kita dapat melewati jalur udara menuju Makassar. Dari Makassar kemudian perjalanan dilanjutkan lewat darat menuju Tanjung Bira atau Bulukumba. Transportasi dari Makassar menuju Tanjung Bira dan Bulukumba berupa bis dan travel. Anda dapat mencarinya di Terminal Malengkeri, Makassar. Usahakan anda sepagi mungkin menuju terminal Malengkeri karena bisanya travel dan bis ini berangkat pagi-pagi. Saat berkunjung kesana, saya menaiki travel yang sering mangkal di sekitar area Terminal Malengkeri, tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin. Waktu itu kami berangkat menuju Bulukumba sekitar pukul 09.40 pagi. Travel ini biasanya berupa mobil Inova, Kijang, Xenia dan sejenisnya. Tarifnya sekitar 40-50 ribu rupiah (per Oktober 2012). Lama perjalanan dari Makassar menuju Bulukumba sekitar kurang lebih 4-5 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Yang perlu anda perhatikan adalah beberapa travel biasanya hanya sampai di Bulukumba saja. Jadi jika anda ingin singgah terlebih dahulu ke Tanjung Bira (salah satu objek wisata terkenal di Sulawesi Selatan) sebelum menuju ke Kabupaten Kepulauan Selayar, anda harus memastikan kepada travel apakah mereka sampai ke Tanjung Bira atau tidak. Berdasarkan pemantauan saya, kebanyakan travel tersebut hanya sampai di Bulukumba saja. Untuk menuju Tanjung Bira dari Bulukumba anda dapat menaiki “Pete-Pete” (sejenis angkot) yang menuju ke Tanjung Bira, dengan lama perjalanan sekitar 1-2 jam lewat darat. Dari Tanjung Bira selanjutnya kita menyeberang ke Selayar dengan menggunakan kapal. Kapal dari Tanjung Bira ini akan berlabuh di Pamatata, Selayar. Dari Pamatata anda dapat menuju ke Kota Benteng, Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar. Lama perjalanan dari Pamatata menuju Kota Benteng sekitar kurang lebih 1-2 jam melewati jalur darat.

 

Jika anda tidak berencana berkunjung ke Tanjung Bira, maka anda bisa juga menyeberang dari Bulukumba langsung ke Kota Benteng di Selayar. Anda dapat menaiki kapal cepat dari Pelabuhan Lappe, Bulukumba menuju Kota Benteng. Tarif kapal cepat ini sekitar 70 ribu rupiah (per Oktober 2012). Perjalanan ditempuh sekitar 2-2.5 jam. Kapal cepat ini berangkat jam 15.00 dari Pelabuhan Lappe dan jam 09.00 dari Pelabuhan Kota Benteng setiap harinya (per Oktober 2012). Fasilitas di Kota Benteng jelas lebih memadai dibandingkan daerah lainnya di Selayar. Tersedia beberapa penginapan di Kota Benteng dan berbagai fasilitas lainnya seperti bank, kantor pos, warung internet, dll. Nah, jika anda ingin berkunjung ke pulau-pulau lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, seperti ke Takabonerate, maka tidak terdapat kapal reguler menuju kesana dari Kota Benteng. Jadi mau tidak mau anda harus menyewa kapal. Ini jugalah yang menjadi salah satu tantangan bagi pemerintah setempat dalam menggebrak potensi pariwisata Selayar. Akses yang masih agak sulit merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin menarik lebih banyak lagi wisatawan.

Kapal cepat Minanga Express di Pelabuhan Lappe, Bulukumba. Foto oleh Niko TujuhLangit. Diambil dengan Blackberry.

 

Pelabuhan Lappe, Bulukumba. Foto oleh Niko TujuhLangit. Diambil dengan Blackberry.

 

Penginapan di Selayar

Berikut beberapa penginapan di Kepulauan Selayar. Sengaja dicantumkan disini agar anda memiliki gambaran. Penginapan dan nomor-nomor telepon yang tercantum bisa saja tidak update sewaktu-waktu. Jadi silahkan anda pastikan sebelum berkunjung kesana.

1. Hotel Selayar Beach

 Jl. Soekarno Hatta No.2 Benteng , Selayar

Telp. +62414 - 21295

 

2. Hotel Syafira

Jl. Jendral Sudirman No. 21 Benteng, Selayar

Telp. +62414 - 22786/ 22767

 

3. Wisma PKK Tanadoang

Jl. Jendral Sudirman No. 15 Benteng, Selayar

Telp. +62414 - 21543

 

4. Hotel Mustika

Jl. Siswomiharjo21 Benteng, Selayar

Telp. +62414 - 2707082

 

5. Pondok Bonerate

Jl. Muh. Karaeng Bonto No. 2B Benteng, Selayar

Telp. +62414 - 22253/ 21009

 

6. Wisma Afgar

Jl. Mappatoba, Benteng, Selayar

Telp. 081 543370006

 

7. Penginapan Erni

Jl. Diponegoro No. 24 Benteng, Selayar

Telp. +62414 – 21005

 

Selamat berkunjung ke Ujung Selatan Sulawesi!

 

viewindonesia.com....Berbagi Informasi Travel & Fotografi....Sekecil & Sesederhana Apapun Itu...

 

Nantikan tulisan selanjutnya masih tentang Selayar....

 

 

 

 

 

 

Comments   

 
0 #1 sayf 2013-07-12 10:14
thx infonya nik :-)
Quote
 
 
0 #2 niko 2013-07-12 13:46
Sama-sama sayf :-)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh