Keindahan 4 Gili..

Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Lombok mungkin tidak asing lagi dengan nama 3 Gili. Wisata Lombok seringkali dikaitkan dengan tiga pulau yang terletak di Kabupaten Lombok Utara ini. Ketiga pulau tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun pernahkah anda mendengar nama Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak atau mungkin Gili Kedis? Keempat pulau ini memang belum seterkenal 3 Gili, namun keindahan panoramanya tidak kalah dengan 3 Gili. Jika terus dipromosikan dan dikelola lebih baik lagi, bukan tidak mungkin keempat pulau ini kedepannya akan menjadi seterkenal 3 Gili.

 

4 Gili (Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Kedis) adalah empat pulau yang secara administratif terletak di Kabupaten Lombok Barat. Keempat pulau ini dapat dicapai dengan menyeberangi laut selama kurang lebih 20-30 menit dari Dermaga Tawun, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Dari Mataram menuju Pelabuhan Tawun diperlukan waktu sekitar kurang lebih 1,5 hingga 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Belum terdapat angkutan umum dari Mataram menuju Pelabuhan ini. Dari Dermaga Tawun anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling dan bermain di empat pulau ini. Tarifnya  sekitar 300-400 ribu mulai dari siang hingga sore hari.

Dermaga Tawun, Sekotong, Lombok Barat

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm,  1/100, f14, ISO 200)

 

Dari Dermaga Tawun anda dapat menuju ke Gili Nanggu terlebih dahulu untuk kemudian menuju Gili Tangkong, Gili Sudak dan terakhir Gili Kedis. Jarak dari satu pulau ke pulau lainnya tidak terlalu jauh. Hanya butuh waktu rata-rata sekitar kurang lebih 15-30 menit dari satu pulau ke pulau lainnya.


Pemandangan pantai yang masih asri dengan hamparan pasir putih adalah pemandangan khas yang bisa kita jumpai di empat pulau ini. Pantai-pantainya masih relatif sepi dan tidak seramai di 3 Gili. Sangat cocok bagi anda yang menginginkan suasana sepi dan jauh dari kesan glamour. Kecantikan pantainya makin terasa dengan adanya latar bebukitan dan pemandangan gunung disekitarnya.


Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau yang paling ramai dikunjungi diantara keempat pulau ini. Luas pulau ini sekitar 12 hektare. Kita dapat berjalan kaki menyusuri pesisir pantai pulau ini dalam waktu sekitar dua jam. Pantainya masih asri dan bersih. Air lautnyapun jernih dengan campuran warna biru dan tosca. Bagi anda pecinta snorkeling disini anda dapat menyaksikan ikan-ikan yang berwarna-warni. Di Gili Nanggu sudah tersedia penginapan dan fasilitas umum seperti toilet. Dari Pulau ini kita bisa menyaksikan Gili Tangkong di seberang.

 

Penginapan di Gili Nanggu

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/125, f6,3, ISO 400)


Mendung di pantai Gili Nanggu

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/100, f8, ISO 400)

 

Perahu motor di pantai Gili Nanggu. Perahu sepeti inilah yang digunakan untuk berkeliling pulau

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/40, f10, ISO 100)

 

Gili Tangkong

Gili Tangkong berjarak tidak terlalu jauh dari Gili Nanggu. Hanya diperlukan waktu sekitar 5-10 menit untuk menyeberang ke pulau ini dari Gili Nanggu. Dibandingkan Gili Nanggu pulau ini memang lebih sepi dan lebih sedikit pengunjungnya.

 

Gili Tangkong dilihat dari salah satu pantai di Gili Nanggu

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/100, f9, ISO 400)


Gili Sudak

Pemandangan di Gili Sudak hampir mirip dengan dua pulau sebelumnya. Jika dibandingkan Gili Nanggu,fasilitas di pulau ini lebih minim. Disini terdapat tempat makan dengan berbagai menu. Pasir pantainya agak sedikit berwarna kekuningan.

 

Salah satu pesisir pantai di Gili Sudak

(Foto oleh Niko Tujuhlangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/200, f8, ISO 200)

 

Gili Kedis

Diantara keempat pulau ini, Gili Kedis adalah pulau yang paling kecil. Kita dapat berkeliling menyusuri pulau ini hanya dalam waktu sekitar 20 menit. Namun menurut penulis, pantai di Gili Kedis inilah yang paling cantik. Disini tidak terdapat fasilitas apapun dan belum ada penghuni.

 

Menikmati indahnya Gili Kedis..

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, lensa 10-22 mm, 1/100, f10, ISO 100)


Pantai di Gili Kedis

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/160, f14, ISO 200)

 

Gili Tangkong (kiri) dan Gili Sudak (kanan) terlihat dari Gili Kedis

(Foto oleh Niko TujuhLangit, Canon EOS 500D, Lensa 10-22 mm, 1/320, f14, ISO 200)

 

Dunia Bawah Laut

Tidak salah lagi aktivitas laut adalah daya tarik utama dari empat pulau ini. Anda dapat ber-snorkeling ria untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang cukup menawan. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di Dermaga Tawun. Tarifnya untuk satu set peralatan snorkeling (pelampung, alat bantu nafas, fin, kacamata) adalah sebesar 70 ribu rupiah (per Mei 2012).

 

Disini kita bisa menemukan berbagai ikan yang berwarna-warni, bintang laut, dll.

 

Foto oleh Dian Sundari


Foto oleh Dian Sundari


Foto oleh Dian Sundari


Foto oleh Dian Sundari


Foto oleh Dian Sundari


Akhirnyaa....Selamat berkunjung ke 4 Gili! :)


VIEWINDONESIA.COM....Berbagi Info Travel & Fotografi... Sekecil & Sesederhana Apapun Itu.....


Kontributor : Dian Sundari

Nama keren lainnya dikalangan teman-teman backpacker adalah Dian Olly, gara-gara selalu membawa-bawa kamera poket olympus underwater, atau “Si Boi” gara-gara buku-bukunya Andrea Hirata. Travelling adalah jalan pelariannya untuk menjadi diri sendiri, menjauh dari segala apa yang di dengar-dilihat-dirasa dalam kesehariannya, menjauh dari pekerjaannya sebagai “kuli pabrik” yang telah dijalaninya selama 11 tahun di beberapa industri makanan dan minuman, mencopot sejenak label Quality Control & Quality System yang kini melekat padanya. Travelling adalah media pembelajarannya untuk menyelami kehidupan, untuk memperkaya jiwanya, untuk menekan egonya yang sering melambung lalu meledak. Senang menuangkan pengalamannya selama travelling dan pernah memenangkan lomba penulisan Adventure Blog untuk kategori penulis teraktif dengan meng-upload 56 catatan perjalanan (ini salah satunya: http://www.djarum-super.com/adventure/adventure-journal/contestant-journal/detail/read/pulau-flores-sebuah-perjalanan-hati/. Ingin bertukar cerita dengannya ?? Silahkan kunjungi blognya di : http://funedutour4u.wordpress.com/ dan http://dians999.multiply.com/journal. Atau silahkan ber-email-email ke : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , atau add saja account FB nya di:  http://www.facebook.com/dian.olly . Temukanlah “hidup” dengan travelling...Begitu katanya...



Link artikel lainnya:

1. Dari Pasar Bubrah Menuju Puncak Merapi

2. Pancaran Cahaya Goa Grubug

3. Serba-Serbi 3 Gili

4. Bromo: Gunung yang Tak Pernah "Tidur"

5. Pulau Kelagian Besar; Satu Lagi Pesona Lampung

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh