Tegal Panjang; Lembah Tersembunyi di Dekat Gunung Papandayan

 

Oleh: Niko Tujuhlangit 

Saya dan beberapa teman saat mengunjungi Tegal Panjang. Foto diambil dari salah satu cekungan di Lembah Tegal Panjang. (Foto oleh Niko TujuhLangit)


Pernahkah anda mendengar nama Tegal Panjang? Tempat ini mungkin belum begitu diketahui oleh banyak orang. Jarak kurang lebih tiga jam berjalan kaki dari kawasan Pondok Salada, Gunung Papandayan, Garut. Tegal Panjang adalah sebuah lembah sepi dan tersembunyi yang dipenuhi oleh ilalang dan semak-semak. Letaknya yang diapit oleh perbukitan yang masih dipenuhi hutan alami membuat tempat ini tersembunyi dari sekitarnya. Lembah ini cukup luas, mencapai 46 ribu hektare lebih.

 

 

Foto-foto oleh Niko TujuhLangit


Bagi anda yang hobby berkemah maka tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Lembah ini menawarkan keheningan dan suasana alam yang menentramkan hati. Tidak jarang terdengar merdunya kicauan burung-burung yang terdapat di hutan di lembah ini. Sejauh mata memandang terhampar ilalang-ilalang hijau.

 

 

 

Foto-foto oleh Niko TujuhLangit

 

Disini anda dapat mendirikan tenda di berbagai titik. Namun biasanya pendaki dan pengunjung sering mendirikan tenda agak ke bagian Barat lembah ini. Persis di pinggir hutan. Tempatnya agak lebih tinggi, sehingga anda dapat menyaksikan pemandangan lembah ini dengan leluasa. Selain itu letaknya lebih dekat ke sumber air yang terdapat di cekungan-cekungan yang membelah lembah ini.

 

Terlihat cekungan-cekungan yang membelah lembah ini. Foto diambil dari tempat kami mendirikan tenda. (Foto oleh Niko TujuhLangit)

 

Salah satu hal yang menarik dari lembah ini adalah suasana paginya beserta selimut kabutnya yang turun menutupi bukit-bukit disekelilingnya dan menyelimuti hamparan ilalang di lembah ini.

 

Foto-foto suasana pagi dan selimut kabut di Tegal Panjang. Diambil dalam dua kali kunjungan ke tempat ini. (Foto-foto oleh Niko TujuhLangit)

 

Jika anda beruntung suasana senja menjelang malam di tempat ini juga akan menawarkan keindahan langit yang menawan.

 

Saat malam turun di Tegal Panjang. (Foto oleh Niko TujuhLangit)

 

Lembah Tegal Panjang ini dapat dicapai dari dua arah, yakni dari Desa Cibutarua, Kecamatan Kertasari. Desa ini berjarak kurang lebih 1-2 jam dari Pengalengan.  Atau bisa juga dari Garut dengan melewati jalur pendakian Gunung Papandayan (Jalur Cisurupan). Jika melewati Desa Cibutarua maka dibutuhkan waktu sekitar lima jam berjalan kaki untuk bisa sampai ke tempat ini, melewati perkebunan, ladang dan hutan. Di sepanjang perjalanan kita juga akan menemukan beberapa aliran sungai kecil dengan air yang cukup jernih. Jika melewati trek pendakian Gunung Papandayan, maka sesampainya di persimpangan jalan menuju Pondok Salada, ambil jalur yang ke kanan (kalau ke Pondok Salada ke arah kiri). Ikuti terus jalur tersebut. Trek akan didominasi oleh hutan hingga sampai di Tegal Panjang. Karena Tegal Panjang ini lebih jarang dikunjungi dibandingkan Papandayan, maka mungkin di beberapa titik jalurnya bisa membingungkan anda. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama jalurnya dan tanda-tanda seperti tali, pita atau penunjuk jalan yang dipasang oleh pendaki yang pernah berkunjung kesini. Selamat menikmati hamparan padang ilalang Tegal Panjang!


VIEWINDONESIA.COM....Berbagi Informasi Travel dan Fotografi...Sekecil & Sesederhana Apapun Itu....


Artikel Lainnya:

1. Artikel Fotografi: Framing

2. Pancaran Cahaya Goa Grubug

3. Serunya Menyusuri Pulau Weh dengan Sepeda Motor

4. Exposure (Bagian 1): Apa Itu Exposure?

5. Dari Pasar Bubrah Menuju Puncak Merapi

6. Tips Menekan Biaya Traveling ke Raja Ampat

 

Comments   

 
0 #1 Nita 2014-03-27 05:02
Kereeeeennnnn.. ..baru tau ternyata di indonesia ada tempat sekeren ini....jadi pengen ke sana....
Quote
 
 
0 #2 niko 2014-04-09 03:28
Mbak Nita: terimakasih Mbak Nitaaa.... Iya Indonesia memang keren...Gak ada habisnya tempat2 kerennya.... :)
Quote
 
 
0 #3 rima 2016-01-29 01:57
kakak... akses dari pangalengan ke cibatarua transportasinya apa ya? terima kasih

pengen kesanaaaaaaaaa hiks
Quote
 
 
0 #4 Niko 2016-02-03 17:01
@Rima: kalau dari Pengalengan, terakhir kesana belum ada transportasi umum... waktu itu saya dan teman-teman sewa mobil dari Bandung ke CIbutaruanya...
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh