Berkunjung ke Pantai Surga..Lombok..

Silahkan klik link dibawah untuk melihat artikel tentang Lombok lainnya:

(1) Sate Rembiga Ibu Sinaseh

(2) 13 Tujuan Wisata di Lombok

 

Tidak diragukan lagi Lombok memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi. Ada banyak objek wisata yang terdapat di Lombok mulai dari gunung, pantai, pulau, desa tradisional, air terjun, hingga berbagai variasi wisata kuliner. Sebut saja beberapa nama terkenal seperti Pantai Senggigi dan 3 Gili yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun Lombok tidak hanya tentang Pantai Senggigi atau 3 Gili saja. Masih banyak objek-objek yang masih belum dikenal dan terekspos ke permukaan. Pantai ini salah satunya.

 

 Pantai Surga, Lombok (Foto oleh Niko TujuhLangit)


Pernahkah anda mendengar nama Pantai Surga? Mungkin pantai satu ini belum terlalu dikenal oleh banyak orang, bisa jadi karena letaknya yang sedikit jauh ke pedalaman, melewati jalan-jalan yang cukup sepi, berpasir dan berbatu. Selain itu di beberapa peta standar Pulau Lombok yang dijual di pasaran, mungkin nama pantai ini belum tercantum.

 Untuk menuju ke Pantai Surga, kita akan melewati jalan sepi dan rusak. Terlihat di foto mobil yang kami tumpangi mogok dan stuck karena terperosok ke lubang. (Foto oleh Niko TujuhLangit)


Pantai Surga atau masyarakat setempat sering juga menyebutnya dengan Laut Surga adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jika anda berangkat dari Mataram maka dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar dua jam perjalanan darat dengan menggunakan mobil menuju pantai ini. Sesampainya di Desa Ekas Buana maka anda nantinya akan melewati jalan yang tidak beraspal, dengan pemandangan semak di kiri kanan jalan serta melewati perumahan penduduk. Banyak percabangan jalan menuju pantai ini, jadi sebaiknya anda sering-sering bertanya kepada warga yang anda temui. Menjelang sampai di pantai ini anda akan menjumpai sebuah pos rusak seperti foto berikut.

 

Foto oleh Niko TujuhLangit


Tepat sebelum memasuki kawasan pantai terdapat bangunan seperti berikut.

 Foto oleh Niko TujuhLangit

 

Pantai ini benar-benar masih sepi dari pengunjung. Pasirnya masih bersih. Disini terdapat semacam cottage yang berdasarkan info dari warga desa setempat merupakan milik salah seorang warga negara asing yang sering mereka panggil dengan sebutan “bos”. Waktu itu kami sempat bertemu dengan warga negara asing tersebut saat mobil yang kami tumpangi mengalami mogok dan stuck di jalanan berlumpur. Pria tersebut sempat menyarankan kami agar tidak melalui jalan tersebut dan lebih baik mengunjungi pesisir pantai satunya lagi yang menurutnya jalannya lebih baik. Namun karena sudah terlanjur penasaran kami akhirnya memutuskan berjalan kaki menuju Pantai Surga tersebut.

 Hamparan pasir di Pantai Surga (Foto oleh Niko TujuhLangit)

 

Salah satu pemandangan unik di pantai ini adalah adanya tebing-tebing yang menjulang tinggi dan banyaknya batu-batu besar yang berserakan di pinggir pantai. Jika kita berdiri di pantai maka dihadapan kita akan berhadapan dengan hamparan laut yang diujungnya berlatar belakang perbukitan yang memanjang dari kiri ke kanan. Ciri khas lainnya adalah ombak di pantai ini tidak sampai ke pinggir pantai dan pecah di tengah laut. Selain itu ombaknya cukup besar sehingga mungkin sangat cocok untuk melakukan aktivitas selancar.

 

 

 

Foto-foto oleh Niko TujuhLangit


Jika dilihat secara keseluruhan pantai ini memiliki letak yang strategis dan sangat cocok dijadikan sebagai private beach. Bagi anda yang menginginkan suasana sepi dan keheningan, pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Dentuman ombak, tebing-tebing tinggi serta batu-batu besar bisa menjadi teman menikmati indahnya pagi atau syahdunya senja. Selamat menjelajahi Indonesia!

 

Artikel menarik lainnya:

(1) Mendaki Gunung Tampomas

(2) 18 Tips Memotret Saat Mendaki Gunung

(3) Menerobos 5 Gunung Menuju Puncak Tertinggi Guntur

 

Comments   

 
0 #1 toko herbal online 2014-06-16 07:11
bener-bener bikin ngiler nih tempat
Quote
 
 
0 #2 mobil datsun bandung 2015-04-13 03:25
subhanalloh indah sekali pamandangannya ;)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh