13 Tujuan Wisata di Lombok

Artikel tentang Lombok lainnya:

(1) Sate Rembiga Ibu Sinaseh

(2) Berkunjung ke Pantai Surga...Lombok


Bagi anda yang berencana ingin berlibur di Pulau Lombok dan masih bingung mau berkunjung kemana saja, berikut beberapa destinasi yang bisa anda kunjungi.


1. Gunung Rinjani

Siapa yang tidak kenal dengan gunung satu ini. Tidak diragukan lagi Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia dan merupakan ikon Pulau Lombok. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3726 mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pemandangan alam yang tersaji di gunung ini benar-benar mempesona dan memukau. Dari puncaknya kita bisa menyaksikan dengan jelas batas-batas daratan Pulau Lombok, 3 Gili, dan Gunung Agung di Bali. Selain itu, Sabana Sembalunnya yang terhampar luas, Danau Segara Anak dengan Gunung Barujari ditengahnya, Senaru dan beberapa air terjun sudah cukup membuat siapa saja terkagum-kagum dengan gunung satu ini.

 

 Danau Segara Anak dan Gunung Barujari; salah satu pemandangan di Gunung Rinjani (Foto oleh Niko)


2. Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air

Kalau kita berkunjung ke Pulau Lombok rasanya kurang lengkap jika tidak memasukkan ketiga pulau ini dalam daftar tujuan. Ketiga pulau ini terletak di Lombok Utara dan sering disebut dengan 3 Gili. Untuk bisa sampai ke 3 Gili anda harus menyeberangi laut dari Pelabuhan Bangsal selama lebih kurang satu jam. Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan yang terletak kurang lebih sekitar 1- 1,5 jam perjalanan darat dari Mataram. Jarak dari Gili Trawangan ke Gili Meno dan dari Gili Meno ke Gili Air tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan sekitar 15-20 Menit perjalanan menyeberangi laut dengan perahu. Jadi jika anda berkunjung ke Gili Trawangan misalnya, sempatkan juga berkunjung ke Gili Meno dan Gili Air. Di 3 Gili ini ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan mulai dari snorkeling, diving, menikmati pantai dan berbagai aktivitas lainnya.

 

 Gili Trawangan dilihat dari Gili Meno (Foto oleh Niko)


Terlihat disebelah kanan adalah Gili Air. Dilihat dari Gili Meno (Foto oleh Niko)


3. Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Getis (4 Gili)

Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Getis adalah empat pulau yang berdekatan satu sama lain yang terletak di Lombok Barat. Pulau-Pulau ini dapat dicapai dari Pelabuhan Lembar ataupun dari Dermaga Tawun, Sekotong Barat. Disini tersedia jasa penyewaan perahu atau kapal cepat untuk mengelilingi empat pulau ini. Seperti halnya 3 Gili, empat pulau ini juga menawarkan keindahan pantai dan dunia bawah laut yang menawan. Meskipun keempat pulau ini belum seterkenal 3 Gili, namun pesonanya tidak perlu diragukan.

 

 Terlihat di kejauhan Gili Nanggu (paling kiri), Gili Tangkong (tengah) dan Gili Sudak (kanan). Dilihat dari Dermaga Tawun. (Foto oleh Niko)


4. Pantai Tanjung Aan

Jika anda hanya memiliki waktu yang terbatas di Lombok, maka pantai ini layak menjadi prioritas utama untuk dikunjungi! Air lautnya yang berwarna Hijau Tosca benar-benar menyejukkan mata. Ketika berada disini seakan-akan kita berada jauh di belahan bumi lain. Pemandangan deretan bukit disekitar pantai semakin menambah daya tarik pantai ini. Disini anda bisa naik ke atas bukit yang terdapat di kawasan pantai untuk menyaksikan hamparan pemandangan laut yang benar-benar eksotis.

 

 Pantai Tanjung Aan (Foto oleh Niko)


5. Pantai Kuta

Bagi anda yang pernah ke Bali, kemungkinan besar pasti tidak asing lagi dengan Pantai Kuta yang sangat terkenal dan mendunia itu. Lombok juga punya Pantai Kuta lho! Letak pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Tanjung Aan. Jika anda berangkat dari Mataram melewati Jalan Raya Praya-Kuta, maka sebelum Pantai Tanjung Aan anda akan melewati pantai ini. Seperti halnya Pantai Tanjung Aan, air lautnya juga berwarna Hijau Tosca, karena letaknya yang tidak terlalu berjauhan satu sama lain.

 

Pantai Kuta Lombok (Foto oleh Niko)

 

6. Pantai Cemara

Pantai ini mungkin belum banyak dikenal oleh orang dan masih sepi pengunjung. Namun panoramanya  tidak kalah cantik dengan Pantai Kuta ataupun Pantai Tanjung Aan.  Suasana sepi, pasir putih dan air lautnya yang berwarna Hijau Tosca membuat kita seolah tidak percaya kalau pantai ini masih begitu sepi dari pengunjung. Pesisir pantainya cukup panjang dan dihiasi beberapa tebing di pinggir pantai.

 Terlihat di kejauhan laut di Pantai Cemara  (Foto oleh Niko)

 

7. Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan masih satu garis pantai dengan Pantai Cemara dan terletak di Lombok Timur. Dari Pantai Cemara dibutuhkan sekitar 15 Menit menuju pantai ini dengan menggunakan mobil. Di kawasan pantai ini terdapat budi daya rumput laut. Jika berkunjung ke pantai ini cobalah naik ke atas bukit yang terdapat di sekitar pantai dan nikmati pemandangan laut yang terhampar luas.

Melihat Pantai Kaliantan dari atas salah satu tebing di kawasan pantai ini.   (Foto oleh Niko)

 

8. Pantai Surga (Ocean Heaven)

Lombok memiliki banyak pantai yang masih sepi dan tersembunyi yang belum terekspos ke permukaan. Salah satunya adalah pantai yang terletak di Lombok Timur ini. Pantai Surga atau masyarakat setempat sering juga menyebutnya dengan Laut Surga adalah sebuah pantai yang masih terletak di Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Jerowaru. Untuk mencapai pantai ini kita harus melewati jalan yang sangat tidak mulus dan berbatu-batu. Di pantai ini banyak terdapat batu-batu besar dan tebing tinggi yang menawan.

 

Pantai Surga  (Foto oleh Niko)

 

9. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak tidak jauh dari Kota Mataram, sekitar kurang lebih 10 KM. Pantai ini juga sangat panjang namun beberapa bagian pantai ini banyak didirikan cottage, hotel dan sejenisnya sehingga tidak semuanya bisa dikunjungi oleh umum. Pantai Senggigi ramai dikunjungi baik oleh warga Lombok yang ingin berlibur bersama keluarga maupun wisatawan dari luar Lombok. Disini banyak terdapat pedagang dan warung-warung yang menjual makanan dan pernak-pernik Lombok. Di pantai Senggigi anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling.

Salah satu pesisir pantai Senggigi  (Foto oleh Niko)

 

10. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah nama sebuah tempat yang terletak kurang lebih satu jam perjalanan dari Pantai Senggigi ke arah Utara Lombok dengan menggunakan sepeda motor. Malimbu sering dijadikan sebagai tempat menikmati matahari tenggelam. Dari sini anda dapat menikmati indahnya pemandangan laut dari ketinggian dengan latar deretan bukit. Jika anda ingin berkunjung kesini cobalah bersepeda motor dan rasakan nikmatnya menyusuri jalan-jalan yang mulus dan berbelok-belok melewati kawasan pedesaan dan hijaunya pohon-pohon di kiri-kanan jalan.

 

Kawasan Malimbu, tempat menanti matahari tenggelam  (Foto oleh Niko)

 

11. Desa Sade

Desa Sade adalah salah satu perkampungan Suku Sasak; suku asli masyarakat Lombok. Desa ini terletak sekitar 30 KM dari Mataram atau sekitar kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Desa ini sangat mudah dicapai karena terletak dipinggir Jalan Raya Praya-Kuta. Jika anda menuju Pantai Kuta dari Mataram, maka anda akan melewati Desa ini, kira-kira 30 menit sebelum sampai di Pantai Kuta. Disini anda dapat menyaksikan rumah adat dan berbagai tradisi dan kehidupan Suku Sasak. Desa Sade adalah perkampungan Suku Sasak yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain Desa Sade masih terdapat beberapa perkampungan Suku Sasak lainnya di Lombok seperti Desa Bayan di dekat kaki Gunung Rinjani di Lombok Utara.

 

Desa Sade   (Foto oleh Niko)

 

12. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, di kawasan kaki Gunung Rinjani. Jika anda mendaki Gunung Rinjani dan turun melalui Senaru, maka sesampainya dibawah, anda dapat menuju air terjun ini dengan menggunakan sepeda motor atau angkutan lainnya. Untuk menuju ke air terjun ini anda harus berjalan kaki melewati ratusan anak tangga mulai dari gerbang tempat pembelian tiket.

 

 Air Terjun Sendang Gile   (Foto oleh Niko)

 

13. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep terletak tidak jauh dari Air Terjun Sendang Gile. Dari Air Terjun Sendang Gile anda terus berjalan kaki lagi menyusuri hutan hijau nan segar untuk bisa sampai ke air terjun ini.

Air Terjun Tiu Kelep  (Foto oleh Niko)

 


Selain objek-objek wisata di atas, masih banyak objek wisata lainnya di Lombok yang belum terekspos dan bisa anda jelajahi. Selamat berkunjung ke Lombok dan selamat menikmati eksotisme khasnya!

 

Artikel menarik lainnya:

(1) Mendaki Gunung Tampomas

(2) 18 Tips Memotret Saat Mendaki Gunung

(3) Serunya Menyusuri Pulau Weh dengan Sepeda Motor





 

Add comment


Security code
Refresh