Pancaran Cahaya di Goa Grubug


Salah satu daya tarik Goa Grubug adalah pancaran cahayanya yang menawan. Cahaya matahari yang masuk melalui mulut Goa Grubug dan jatuh di dasar goa ini menciptakan garis-garis pancaran cahaya (atau sering disebut ray of light) yang membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum.


Banyak pengunjung yang datang ke goa ini berharap bisa menyaksikan pancaran cahaya ini. Namun tidak sedikit yang kurang beruntung karena tidak dapat menyaksikan  fenomena menawan ini. Pancaran cahaya ini memang tidak setiap waktu bisa disaksikan. Ada waktu-waktu tertentu dimana anda kemungkinan besar bisa menyaksikannya. Biasanya pancaran cahaya ini bisa disaksikan pada siang hari sekitar pukul 11.00-13.00.  Pada saat berkunjung ke goa ini di tahun 2010 lalu kami sangat beruntung bisa menyaksikan pancaran cahaya tersebut dengan sempurna, padahal pada saat kami turun ke goa ini cuaca sedang hujan gerimis. Jika anda benar-benar ingin menyaksikan keindahan ini, mungkin ada baiknya anda turun ke dasar goa sepagi mungkin dan menunggu datangnya pancaran cahaya ini di dalam goa.


Khusus bagi anda pecinta fotografi dan ingin mengabadikan keindahan pancaran cahaya Goa Grubug, mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut:

1. Jika memungkinkan turunlah ke dasar goa sepagi mungkin sebelum pukul 11.00 siang agar kemungkinan mendapatkan/ menyaksikan pancaran cahaya ini lebih terbuka lebar. Selain itu anda bisa memiliki cukup waktu untuk menganalisa objek dan mempersiapkan peralatan kamera anda.

2. Bawalah tripod. Tripod sangat esensial karena cahaya di dalam goa yang minim (low light).


Jadi bagi anda pecinta goa atau anda yang ingin menyaksikan keindahan pancaran cahaya (ray of light), Goa Grubug layak untuk jadi salah satu pilihan anda. Rasakan sensasi dan hangatnya pancaran sinar mentari! Abadikan momen-momen bersama rekan-rekan atau keluarga tercinta dibawah garis-garis cahaya yang spektakuler!


Add comment


Security code
Refresh