Sedapnya Sambal Setan Pejompongan

 

Baca Juga:

1. Mencicipi Soto Kolari Pekalongan

2. Malam Mingguan di Cafe Filosofi Kopi Bintaro

3. Mencicipi Mie Atep Belitung

4. Menikmati Legitnya Pia Legong Khas Bali

5. Menikmati Es Kolor Ijo Mbah Jingkrak


 

Oleh: Niko Tujuhlangit

 

Jakarta sebagai Ibukota Negara Indonesia tentunya sudah tak diragukan lagi merupakan salah satu pusatnya kuliner nusantara. Berbagai macam kuliner pastinya bisa kita temukan disini. Mulai dari kuliner lokal hingga kuliner mancanegara. Mulai dari yang harganya murah meriah hingga yang harganya selangit :) .

 

Nah, kalau anda berkunjung ke Jakarta, tentunya jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner yang tersebar di berbagai penjuru kota. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang salah satu kuliner lokal yang menurut saya pribadi wajib anda kunjungi.

 

Namanya Warung Sambal Setan Ibu Mut. Warung ini terletak di Jalan Pejompongan Raya, Bendungan Hilir. Berseberangan dengan Kantor Lurah Bendungan Hilir dan Kantor Pemadam Kebakaran Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil). Kalau anda dari arah Palmerah, maka warung ini nantinya ada di sebelah kiri jalan.


Ramainya pengunjung di Warung Sambal Setan Pejompongan, Bendungan Hilir

 

Namanya yang unik; “Sambal Setan”, tentunya akan membuat kita penasaran. Kok “Sambal Setan”? Memangnya ada setan? He..he.. Ternyata menurut saya pilihan kata “Setan” ada benarnya juga. Kiasan “Setan” ini sesuai dengan rasa dan pedasnya sambal yang disajikan di warung ini.

 

Sambalnya benar-benar pedas dan membuat bibir serta lidah kita terasa panas. Saya yang asli orang Padang saja (yang notabene terkenal dengan masakan yang pedas) tidak sanggup menahan rasa pedasnya sambal yang disajikan disini. Ini nih penampakan sambalnya.


Sambal Setan Ibu Mut, Pejompongan, Bendungan Hilir, Jakarta


Sambal setan Ibu Mut, Pejompongan, Bendungan Hilir, Jakarta

 

Walaupun sambalnya sangat pedas, namun justru disitulah letak kekuatan masakan di Warung Sambal Setan Ibu Mut ini. Sambal inilah yang menurut saya membuat masakan disini terasa begitu nikmat. Sensasi pedas tersebut membuat nafsu makan kita menjadi-jadi dan inginnya nambah terus. Lihat saja piring-piring bekas makanan saya berikut. Saking sedapnya sambalnya, saya sampai menambah nasi tiga kali!


Sambalnya membuat nafsu makan menjadi-jadi :)

 

Bagi anda yang tidak kuat dengan rasa pedas, hati-hati ya kalau makan disini. Jangan kebablasan ya :). Dulu, ketika pertama kali diajak kesini, saya “kebablasan” memakan sambalnya. Kebiasaan orang Padang kalau makan sambalnya ditabur lalu diaduk-aduk dengan nasi. Anda bisa bayangkan apa yang terjadi! :). Belajar dari pengalaman tersebut, sekarang kalau makan disana saya hanya mencelupkan sedikit saja lauk ke dalam sambalnya.

 

Di warung ini terdapat beberapa menu seperti ayam dan ikan. Namun apapun menunya, yang penting sambalnya :). Mungkin Sambal Setan ini adalah salah satu sambal terlezat yang pernah saya cicipi. Tertarik untuk mencoba?


Ayam goreng di Warung Sambal Setan Pejompongan, Benhil, Jakarta

 

Add comment


Security code
Refresh