Panduan Rute Menjelajahi Ternate

Baca Juga:

1. Cara Menuju ke Pulau Moyo

2. Itinerary Jalan-Jalan ke Sumbawa

3. 12 Tips Berkunjung ke Desa Waerebo

4. Rute Pendakian Gunung Kerinci

5. Itinerary Perjalanan ke Raja Ampat


 

 

Tulisan dan Foto oleh: Niko Tujuhlangit

 

Anda berencana liburan ke Ternate di Maluku Utara? Namun masih bingung bagaimana urutan rute destinasi wisata di Ternate? Salah satu hal yang sedikit membingungkan saya ketika hendak mengunjungi Ternate adalah tentang bagaimana urutan lokasi destinasi wisata di Ternate. Mana yang mesti saya kunjungi terlebih dahulu? Darimana saya harus memulai perjalanan? Kalau saya ingin ke Pantai Sulamadaha, destinasi apa saja yang bisa dikunjungi sebelum sampai ke Sulamadaha? Danau Tolire dengan Sulamadaha yang lebih dahulu yang mana? Dan beberapa pertanyaan lainnya. Saya sudah membaca berbagai artikel, namun rasa puas saya tentang urutan rute destinasi wisata di Ternate belum terjawab. Terutama mengenai urutan tempat-tempat wisata disana.

 

Nah, berikut sedikit catatan perjalanan saya tentang rute destinasi wisata di Ternate.  Semoga dengan tulisan ini dapat memberikan gambaran bagi anda mengenai urutan lokasi tempat-tempat wisata di Ternate.

 

Sebelum kita berbicara mengenai urutan lokasi wisata di Ternate, ada satu hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, yaitu bahwa Ternate merupakan sebuah kota yang berada di gunung. Gunung apa? Gunung Gamalama. Anda pasti sering mendengar tentang Gunung Gamalama. Jadi sebenarnya Gunung Gamalama ini adalah sebuah gunung yang berada di tengah laut. Nah, Ternate ada di kaki/badan gunung ini. Jadi, bukan sebaliknya. Kalau dilihat dari atas pesawat ketika hendak mendarat di Ternate, akan terlihat jelas bahwa Ternate itu adalah sebuah kota yang dibangun/didirikan di kaki/badan Gunung Gamalama. Jadi jangan heran, kalau Gunung Gamalama meletus, kemungkinan besar penerbangan ke Ternate akan ditutup.

 

Berikut penampakan Gunung Gamalama dari atas pesawat. Terlihat Kota Ternate dibangun di kaki/badan gunung.


 

Nah, karena Ternate itu berada di kaki/badan Gunung Gamalama, maka otomatis destinasi wisata di Ternate tersebar di sekeliling Gunung Gamalama. Apa artinya? Itu artinya jika anda ingin mengunjungi destinasi wisata di Ternate maka anda harus mengelilingi Gunung Gamalama! Jadi anda akan bergerak melingkar mengelilingi Gunung Gamalama. Destinasi wisata nantinya akan tersebar di sepanjang perjalanan yang anda lalui.

 

Bagaimana dengan kondisi jalanan di Ternate? Anda tidak perlu khawatir. Jalanan di Ternate boleh dibilang cukup mulus. Jalan utama disini dibangun mengelilingi gunung. Jadi, kalau anda ingin berkeliling, tinggal ikuti jalan-jalan utama yang mengelilingi gunung tersebut. Susah? Enggak. Berdasarkan pengalaman saya, sangat mudah sekali. Anda dapat memulai perjalanan dari titik manapun dan bisa kembali ke titik awal tersebut kembali.


 

Darimana Harus Memulai Perjalanan?

Nah, kalau destinasi wisata di Ternate tersebar melingkar di sekeliling Gunung Gamalama, pertanyaan pertama yang akan muncul adalah darimana harus memulai perjalanan? Jawaban atas pertanyaan ini tergantung atas beberapa faktor tentunya. Salah satunya adalah dimana anda menginap. Tentunya anda akan memulai perjalanan dari tempat anda menginap.

 

Kalau saya lebih menyarankan anda mencari penginapan di pusat kota. Salah satu pertimbangannya karena di pusat kota akses kemanapun lebih mudah. Fasilitas, tempat hiburan dan tempat makan lebih banyak dan mudah dijangkau. Selain itu jika anda ingin menyewa mobil atau sepeda motor, mungkin lebih mudah dicari di pusat kota. Waktu berkunjung kesana, saya menginap di beberapa tempat yaitu di Hotel Tamasa di Pelabuhan Bastiong, di Gambesi, dan di Hotel Boulevard di pusat kota. Sewaktu saya menginap di Gambesi, salah satu permasalahan yang saya hadapi adalah sulitnya mencari makanan kalau malam hari. Apalagi jika anda tidak memiliki kendaraan. Gambesi merupakan sebuah daerah yang terletak kurang lebih 20 menit dari Pelabuhan Bastiong atau sekitar 30 menit dari pusat kota.

 

Pertanyaan selanjutnya adalah pusat kota itu dimana dan ada apa saja disana? Gampangnya begini. Di pusat kota itu ada berbagai tempat atau objek diantaranya Mall Jatiland, Mesjid Terapung Al-Munawwar, Pantai Falajawa, Taman Nukila, Pasar Rakyat (Pasar Bahari Berkesan), Dhuafa Center, Kedaton Ternate, Benteng Fort Orange. Termasuk salah satunya adalah Hotel Boulevard tempat saya menginap. Mall Jatiland, Hotel Boulevard, Mesjid Terapung, Pantai Falajwa, Dhuafa Center terletak sangat berdekatan. Anda bisa jalan kaki saja. Pusat kota dapat dicapai dari Bandara Sultan Babullah selama lebih kurang 20 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Di pusat kota tentunya anda dapat menemukan berbagai penginapan.


 

Urutan Rute Destinasi Wisata di Ternate

Lalu bagaimana urutan rute destinasi wisata di Ternate. Kita asumsikan sekarang perjalanan dimulai dari Hotel Boulevard di pusat kota. Dari pusat kota tentunya ada dua pilihan rute perjalanan menjelajahi Ternate. Yang pertama adalah searah jarum jam dari pusat kota dan yang kedua sebaliknya; berlawanan arah jarum jam (bayangkan anda berada di posisi Jam 06.00). Oya, sedikit informasi bagi anda, matahari terbit dapat disaksikan dari kawasan Pantai Falajawa/Mesjid Terapung Al-Munawwar, dimana matahari akan terbit dari laut lepas.

 

Sekarang mari kita mulai perjalanan berlawanan arah jarum jam dari pusat kota (Hotel Boulevard). Destinasi pertama yang dapat anda kunjungi dari pusat kota tentunya adalah destinasi-destinasi yang ada di pusat kota. Beberapa destinasi di pusat kota yang dapat anda kunjungi diantaranya:

1.  Mesjid Terapung Al-Munawwar

2. Taman Nukila

3.     Pantai Falajawa

4.     Rumah Makan Poppeda Gamalama di Pasar Rakyat (Pasar Bahari Berkesan)

5.     Gereja Santo Willibrordus

6.     Benteng Fort Orange

7.     Mesjid Sultan Ternate

8.     Kedaton Ternate

 

Kalau dari Hotel Boulevard atau Mall Jatiland, anda dapat jalan kaki ke Mesjid Terapung Al-Munawwar. Di sebelah Mesjid Terapung terdapat Gedung Dhuafa Center. Setelah Gedung Dhuafa Center anda akan melewati Taman Nukila. Taman Nukila ini semacam tempat nongkrong-nongkrongnya warga dengan pemandangan ke arah laut. Mesjid Terapung dan Taman Nukila posisinya terletak disebelah kanan kalau anda keluar dari pintu Hotel Boulevard. Setelah Taman Nukila anda dapat naik angkot menuju Pantai Falajawa. Pantai Falajawa ini semacam pantai di pusat kota.

 

Rumah Makan Poppeda Gamalama berlawanan arah dengan Mesjid Terapung kalau dari Hotel Boulevard. Rumah Makan Poppeda Gamalama terletak di sebelah Mall Jatiland. Jadi disebelah Mall Jatiland ada Pasar Rakyat atau biasa juga disebut Pasar Bahari Berkesan atau Pasar Terminal Baru. Dari Hotel Boulevard anda bisa jalan kaki menuju Pasar Rakyat. Rumah makan tersebut terletak di dalam pasar. Jadi anda akan melewati lorong pasar. Kalau bingung, Tanya saja sama pedagang di pasar. Disini anda dapat menikmati berbagai kuliner Ternate seperti Poppeda, Sagu, Kasbih, Gohu Ikan, dan lain-lain.


 

Nah jika anda telah mengunjungi Pantai Falajawa, Taman Nukila, Mesjid Terapung, dan Rumah Makan Poppeda Gamalama, anda dapat memulai perjalanan ke arah luar pusat kota. Gereja Santo Willibrordus, Benteng Orange, dan Mesjid Ternate sebenarnya masih di pusat kota, namun cukup jauh kalau jalan kaki dari Hotel Boulevard/Mesjid Terapung/Mall Jatiland.

 

Jadi bagaimana urutan rute destinasi wisata secara garis besar dari pusat kota? Urut-urutannya dapat digambarkan seperti berikut ini. Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa urutan ini dengan asumsi anda berangkat dari pusat kota (kawasan Hotel Boulevard/Mesjid Terapung/Mall Jatiland dan sekitarnya) dan bergerak berlawanan arah jarum jam.

 

Hotel Boulevard/Mall Jatiland/Mesjid Terapung/Taman Nukila -> Gereja Santo Willibrordus -> Benteng Orange -> Mesjid Sultan Ternate -> Kedaton Ternate -> Benteng Tolukko -> Pantai Tobololo -> Batu Angus -> Pantai/Teluk Sulamadaha -> Pantai Jikomolamo, Pantai Bubara Ici, Talaganita -> Danau Tolire Kecil -> Danau Tolire Besar -> Pantai Dorpedu -> Pantai ‘Berbatu Kerikil’ -> Pantai Akericha -> Benteng Kastela -> View Uang Kertas Seribu -> Danau Ngade/Laguna -> Restoran Floridas -> Benteng Santo Pedro -> Benteng Kalamata -> Pantai Falajawa -> Kembali ke Taman Nukila, Mesjid Terapung, Hotel Boulevard dan Mall Jatiland

 

Begitulah kira-kira urutan rute destinasi wisata di Ternate. Kalau anda bergerak searah jam, tinggal dibalik saja.


 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Menjelajahi Ternate?

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjelajahi destinasi wisata di Ternate tersebut? Kalau anda bersepedamotor atau naik mobil tanpa berhenti mengelilingi Gunung Gamalama, dibutuhkan kurang lebih 2 jam. Tapi kalau anda ingin menikmati atau singgah di setiap destinasi wisata setidaknya diperlukan 1 hari dari pagi sampai sore. Mungkin bisa jadi anda ingin snorkeling di Sulamadaha, Jikomolamo atau bermain di pantai. 

 

Oya, beberapa destinasi wisata, terutama pantai, mungkin bisa jadi agak membingungkan untuk dicari seperti Pantai Jikomolamo, Pantai Bubana Ici, Talaganita, Pantai Dorpedu, Pantai Akericha. Jadi ada baiknya anda sering-sering bertanya. InsyaAllah akan saya bahas di tulisan-tulisan selanjutnya. J

 

Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran awal bagi anda yang ingin berpetualang ke Ternate.

 

Salam, 

 

Niko

FB Page: https://www.facebook.com/ViewIndonesia/

Instagram: https://www.instagram.com/niko7l/

 

 

Comments   

 
0 #1 Paket Wisata Dieng 2017-06-14 04:00
makasih nih atas panduan rute menjelajahi ternate
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh