Menikmati Sunset dan Camping di Pulau Saonek Monde, Raja Ampat

5. Cara Menuju ke Pulau Moyo

6. 10 Tips Menyewa Kapal Untuk Sailing Pulau Komodo

Penulis: Niko Tujuhlangit

Siapa yang tidak ingin berkunjung ke Raja Ampat atau yang dikenal juga denganThe Four Kings. Salah satu “surga” laut dunia. Raja Ampat juga merupakan salah satu tempat menyelam (diving) favorit tidak hanya bagi penyelam-penyelam dalam negeri namun juga penyelam-penyelam dari luar negri. Raja Ampat tidak hanya indah dengan dunia bawah lautnya, tapi juga pemandangan di atas permukaan lautnya. Banyak orang memiliki keinginan untuk berkunjung kesana.

Di Raja Ampat, terdapat ratusan pulau-pulau yang masih alami dan eksotis dengan pantai-pantainya yang tentunya tak perlu diragukan lagi keindahannya. Nah, kali ini saya ingin cerita mengenai Pulau Saonek Monde.

Cara Menuju ke Pulau Saonek Monde

Pulau Saonek Monde terletak tidak terlalu jauh dari Waisai. Waisai merupakan Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Untuk menuju ke Pulau Saonek Monde, maka kita harus menuju ke Sorong terlebih dahulu. Waktu itu saya berangkat dari Jakarta menuju Sorong dengan menggunakan pesawat. Pesawat yang kami tumpangi dari Jakarta transit terlebih dahulu di Makassar lalu kemudian  dilanjutkan ke Sorong. Lama penerbangan dari Makassar menuju Sorong memakan waktu sekitar dua jam. Pesawat kami mendarat di Bandara Domino Eduard Osok, Sorong. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil yang kami sewa dari bandara menuju Pelabuhan Rakyat, Sorong. Di Pelabuhan Rakyat terdapat kapal untuk menyeberang ke Waisai. Waktu itu kapal kami berangkat jam 14.00 waktu setempat dari Pelabuhan Rakyat menuju Waisai. Nah, di Waisai anda dapat menyewa perahu atau speed boat untuk menyeberang ke Pulau Saonek Monde. Lama perjalanan menuju Pulau Saonek Monde dari Waisai sekitar 20-30 menit.

Waktu itu saya dan tiga orang teman camping dan bermalam di Pulau Saonek Monde selepas menjelajahi Kepulauan Wayag. Kepulauan Wayag merupakan salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi kalau ke Raja Ampat. Ini sedikit penampakan dari Kepulauan Wayag.

Dari Wayag, sebelum ke Saonek Monde, kami singgah terlebih dahulu di Waiwo. Dari Waiwo barulah kami menyeberang ke Pulau Saonek Monde. Kami sampai di Pulau Saonek Monde sekitar jam 16.15. Di Pulau ini terdapat dermaga yang masih terawat dengan baik. Selepas menurunkan barang-barang, kapal yang kami sewa untuk menjelajahi Raja Ampat pulang ke Waisai. Kamipun kemudian mencari spot yang oke untuk mendirikan tenda. Tidak susah mencari spot untuk mendirikan tenda di pulau ini. Kami memilih spot dibawah pohon di pinggir pantai.

Kami mendirikan tenda karena pulau ini tidak berpenghuni dan tidak terdapat penginapan. Jadi benar-benar sepi tentunya. Selain itu dari awal perjalanan kami memang berencana untuk nenda selama menjelajahi Raja Ampat demi menghemat biaya, he..he…Jadi, jangan terlalu berharap ada tempat mandi atau toilet ya :) …

Pulau Saonek Monde masih dipenuhi dengan pohon-pohon rimbun. Air laut disekitar dermaga yang berwarna kehijauan membuat siapapun tentunya tergoda untuk berenang atau snorkeling. Sayang waktu itu saya sudah kelelahan dan tidak terlalu mood untuk berenang atau snorkeling.

Menikmati Sunset di Pulau Saonek Monde

Sore itu saya menyempatkan diri untuk mengabadikan keindahan di pulau ini. Pulau Saonek Monde merupakan salah satu pulau dimana kita dapat menyaksikan keindahan sunset.

Dermaga senja itu….

Semakin sore, warna langit semakin indah…

Bahkan setelah matahari terbenampun, keindahan langitnya semakin tampak…

Malam harinya saya juga sempat mengabadikan keindahan Pulau Saonek Monde.

Selain itu malam itu kami menyaksikan Halo, yang tentunya semakin menambah keindahan malam di Saonek Monde.