Menikmati Pantai Tanjung Tinggi di Depan Hotel Lor In Belitung

Baca Juga:

1. Mencicipi Mie Atep Belitung

2. Kalau ke Belitung, Coba Segarnya Es Jeruk Kunci

3. Menikmati Pulau Macan Gundul, Pulau Melinjo, Pulau Melintang, Pulau Perak dan Pulau Bulat

4. Honeymoon di Frii Bali Echo Beach, dengan Kamar Terhubung ke Kolam Renang

5. Menikmati Sunrise dan Sunset di Pulau Payung Kepulauan Seribu

Penulis: Niko Tujuhlangit

Jika anda bertanya pantai apa yang wajib dikunjungi kalau ke Belitung, maka salah satu jawabannya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Nah, kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang menjadi tempat syuting Film Laskar Pelangi itu? Yang banyak batu-batu besarnya? Bukan, yang ingin saya ceritakan adalah tentang Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di depan Hotel Lor In.

Saya dan istri waktu itu menyempatkan diri menginap di Hotel Lor In selama semalam. Hal ini memang telah kami rencanakan berdua. Soalnya dari hasil browsing di internet hotel satu ini cukup membuat kami penasaran :). Kami menginap di hotel ini pada hari kedua. Hari sebelumnya kami berkunjung ke beberapa spot di Belitung Timur seperti Pantai Burung Mandi, Vihara Dewi Kwan Im, SD Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata di Desa Gantung dan bermalam di Kalapa Kampit, Belitung Timur.

Persis di depan Hotel Lor-In terdapat pantai berpasir putih memanjang. Itulah Pantai Tanjung Tinggi. Jalan raya menjadi pemisah antara Hotel Lor-In dengan pantai. Kalau kita bersepeda motor di jalan raya ini, hamparan pasir putihnya akan selalu membuat kita tergoda untuk menoleh. Apalagi pada saat terik, pasirnya semakin terlihat putih bersih. Pantai ini sepertinya terbuka untuk umum karena tidak ada akses khusus yang menunjukkan bahwa pantai ini terbatas hanya untuk tamu hotel.

Sore itu, selepas check-in di hotel, saya sempatkan jalan-jalan ke pantai untuk memotret. Dari hotel cukup berjalan kaki karena letak pantai yang persis di depan hotel, diseberang jalan. Dan pihak hotelpun membangun akses (jalan kecil) yang langsung menuju ke pantai. Tentunya harus menyeberang jalan dahulu, he..he.. Berikut beberapa foto Pantai Tanjung Tinggi senja itu.

Pantai Tanjung Tinggi senja itu....

Saya berjalan kaki di Pantai Tanjung Tinggi....

Senja semakin memerah......

Keesokan paginya saya dan istri kembali menikmati suasana pagi di Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi di depan Hotel Lor In terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi tempat syuting Film Laskar Pelangi. Cukup dengan bersepeda motor kurang lebih selama 5-8 menit. Kalau dari arah Sijuk, kita akan melewati Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi terlebih dahulu, baru kemudian Hotel Lor-In. Salah satu beda antara Pantai Tanjung Tinggi di depan Hotel Lor-In dengan pantai tempat lokasi syuting Laskar Pelangi adalah di pantai ini jumlah batu-batu besarnya tidak terlalu banyak seperti halnya di pantai yang menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi.

Bagaimana cara menuju ke Pantai Tanjung Tinggi? Saya dan istri waktu itu berangkat dari Kalapa Kampit di Belitung Timur dengan menggunakan sepeda motor. Hotel Lor In sendiri terletak di Kabupaten Belitung (Belitung sisi sebelah Barat). Lama perjalanan dari Kalapa Kampit menuju Hotel Lor-In kurang lebih 2 jam. Kami waktu itu mengambil Jalur Sijuk (Jalur sebelah Utara). Jalur ini sebenarnya bukan jalur yang sering dilalui oleh wisatawan, namun karena penasaran saya dan istri memutuskan melewati Jalur Sijuk. Bagi saya, mencoba sesuatu yang baru adalah salah satu hal yang menarik dalam setiap perjalanan atau traveling. Banyak informasi dan pengetahuan yang baru dan berbeda yang dapat kita temukan. Dan benar saja, sepanjang perjalanan melalui Jalur Sijuk, kami mendapatkan pengalaman yang berharga dan menyenangkan.

Jalur yang umum digunakan oleh wisatawan dari Kalapa Kampit biasanya adalah jalur yang melewati Bandara Tanjung Pandan di Kota Tanjung Pandan. Tujuan pertama kami waktu itu adalah Dermaga/Pelabuhan Tanjung Kelayang. Dari Pelabuhan Tanjung Kelayang kami menyewa perahu untuk snorkeling ke beberapa pulau. Selepas snorkeling barulah kami check-in di Hotel Lor In. Letak Hotel Lor-In tidak jauh dari Tanjung Kelayang, hanya sekitar 10 menit bersepeda motor. Kalau dari Kalapa Kampit (melalui Jalur Sijuk) maka kita akan melewati Hotel Lor-In terlebih dahulu sebelum sampai di Tanjung Kelayang. Nah kalau anda dari Bandara Tanjung Pandan, maka lama perjalanan dengan menggunakan mobil menuju Hotel Lor-In adalah sekitar 30-45 menit.