Kalau ke Belitung, Coba Segarnya Es Jeruk Kunci

Baca juga:

1. Mencicipi Mie Atep Belitung

2. Menikmati Legitnya Pia Legong Khas Bali

3. Sate Rembiga Ibu Sinaseh di Lombok

4. Menikmati Es Kolor Ijo Mbah Jingkrak

5. Menikmati Pantai Tanjung Tinggi di Depan Hotel Lor In Belitung


 

Oleh: Niko Tujuhlangit

 

Sekitar pukul 12.00 pesawat yang saya tumpangi mendarat di Bandara Hanandjoeddin yang terletak di Tanjung Pandan, Belitung. Di bandara saya sudah dinanti oleh salah seorang sepupu yang kebetulan bekerja di Belitung. Dari bandara kami berencana menuju ke Kalapa Kampit. Namun sebelum menuju kesana kami singgah sejenak di Warung Mie Atep. 

 

Warung Mie Atep terletak di pusat kota Tanjung Pandan. Tanjung Pandan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Belitung dan sekaligus merupakan ibukota dari Kabupaten Belitung. Keluar dari area bandara kita akan menemukan dua arah, ke kiri atau ke kanan. Untuk menuju ke Warung Mie Atep, kita mengambil arah yang ke kanan, ke pusat kota. Jarak dari bandara menuju Warung Mie Atep kurang lebih sekitar 20-30 menit dengan menggunakan mobil. Jalannya relatif lurus dan mulus.


 

Nah, selain mienya yang terkenal, di Warung Mie Atep ini kita dapat mencicipi salah satu minuman segar yang terkenal di Belitung. Namanya Es Jeruk Kunci. Meminum Es Jeruk Kunci rasanya sangat pas setelah memakan Mie Atep yang berkuah.

 

Es Jeruk Kunci terbuat dari Jeruk Kunci yang berukuran kecil. Jeruk Kunci sebenarnya sangat asam, namun karena ditambah dengan gula Es Jeruk Kunci terasa menjadi manis. Meski saya sudah sering minum Es Jeruk, namun menurut saya Es Jeruk Kunci terasa lebih segar di tenggorokan.

 

Add comment


Security code
Refresh