Liburan Ceria Ke Pulau Payung Kepulauan Seribu

Baca juga:

1. Mengintip Dunia Bawah Laut Pulau Semut

2. Pulau Opak Besar, Keindahan Yang Terlewatkan Dari Kepulauan Seribu

3. Camping di Pulau Hiu

4. Laguna, Pesona Lain Teluk Kiluan

5. Pulau-Pulau Indah di Sumbawa

 


 

Ini boleh dibilang merupakan trip pertama saya setelah melepas masa lajang :).  Berhubung jadwal kosong, saya dan istri bersama-sama dengan teman-teman dari Petualang 24 berlibur ke Kepulauan Seribu. Bagi saya meski sudah berkali-kali ke Kepulauan Seribu, tetap saja terasa sangat menyenangkan. Ada saja tempat-tempat menarik untuk di-explore.

 

Kali ini tujuan kami adalah Pulau Payung, Kepulauan Seribu. Sebelumnya di tahun 2011 saya pernah ke pulau ini, namun waktu itu hanya singgah sebentar saja untuk makan. Kali ini kami berencana camping alias berkemah alias kemping di Pulau Payung.

 

Dengan menggunakan taxi, pagi-pagi sekitar pukul 06.00 saya dan istri menuju ke Pelabuhan Muara Angke. Pelabuhan Muara Angke merupakan salah satu pelabuhan penyeberangan ke Kepulauan Seribu. Disini tersedia banyak kapal menuju ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu, diantaranya ke Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan. Seperti biasa, kami berkumpul di pom bensin Muara Angke.

 

Setelah semua tim berkumpul, kamipun kemudian menuju ke kapal yang menuju ke Pulau Tidung. Lama perjalanan menuju Pulau Tidung kurang lebih 3-4 jam. Kapal yang kami tumpangi baru berangkat sekitar pukul 07.30 pagi. Untungnya kapal tidak penuh sesak sehingga bisa beristirahat dengan lebih nyaman.

 

Sekitar pukul 11.30 kamipun sampai di Pulau Tidung. Ah, pulau ini ternyata sudah sangat jauh berbeda dibandingkan waktu dulu pertama kali saya berkunjung. Homestay menjamur disana-sini. Jumlah pengunjungpun sudah sangat banyak. Penuh sesak! Bahkan untuk naik ke kapalpun sekarang terpaksa harus antri. Kepulauan Seribu memang telah menjadi alternatif wisata alam bagi warga Jakarta, khususnya kaum muda-mudi.

 

Sambil menunggu perahu yang kami sewa ready, kami menyempatkan makan siang di salah satu warung. Sekitar pukul 12.30, kamipun mulai berlayar menuju ke Pulau Payung. Alhamdulillah cuaca cerah dan ombak cukup bersahabat. Perjalanan menuju Pulau Payung dari Pulau Tidung memakan waktu kurang lebih satu jam. Kami langsung menuju spot snorkeling agar hemat waktu.

 Sampai di Pulau Payung, Kepulauan Seribu

 

Spot snorkeling tidak jauh dari pulau. Spot disini cukup berarus. Jadi hati-hati yaaa…he..he.. Saya dan istri asyik berenang kesana kemari...Disini cukup banyak ikan-ikan kecil. Kami berenang cukup jauh dari tempat perahu ditambatkan karena karang-karangnya kurang oke dan ikannya juga tidak terlalu banyak. Semakin jauh kami berenang dari perahu, karangnya semakin lumayan dan ikanpun mulai banyak. Berikut beberapa pemandangan bawah laut (underwater) Pulau Payung.

 Istri saya asyik snorkeling.

 

 

 

 

Sekitar satu jam kemudian kami menuju ke Pulau Gusung atau Pulau Payung Kecil untuk bermain-main di pantainya yang berpasir putih. Pulau Payung Kecil berhadapan dengan Pulau Payung.

 Di depan terlihat Pulau Gusung

 

Kapal menepi di pulau

Berenang dulu ah. Terlihat Pulau Payung

edisi selfie

edisi selfie

Foto-foto

Perahu kami

 

Selepas bermain di Pulau Payung Kecil, kami kemudian kembali snorkeling di depan Pulau Payung. Namun sayangnya di titik ini karang dan ikan-ikannya kurang oke dibandingkan spot pertama.

 

Selepas snorkeling, kami langsung menepi dan turun ke pulau. Pulau Payung sudah berpenghuni. Kita bisa menemukan warung disini, jadi tidak perlu khawatir kekurangan logistik. Untuk mandi, kami menumpang di rumah salah seorang ibu pemilik warung. Disini juga ada musholla, jadi buat yang muslim, bisa menunaikan ibadah sholat dengan tenang.

 

Kami mendirikan tenda persis di area depan pulau, di dekat dermaga. Disini terdapat sebuah area luas yang ditumbuhi pohon-pohon tinggi, sehingga terasa adem sekali untuk berkemah.

Boat

 

 Tenda kami

Tenda kami

 

Ber-hammock ria

 

Dari tempat berkemah ini, kita dapat menyaksikan langsung matahari terbenam alias sunset yang indah. Suasana paginya juga keren. Untuk foto-foto suasana sunset dan sunrise di Pulau Payung silahkan cek di link berikut ini... Hope you enjoy it :) 

 http://www.viewindonesia.com/index.php/travel-destination/116-menikmati-sunrise-dan-sunset-pulau-payung-kepulauan-seribu

Esoknya sekitar jam 10.00 kami pulang menuju Pulau Tidung, untuk selanjutnya kembali ke Pelabuhan Muara Angke.

 

Add comment


Security code
Refresh