Momen Saat Memotret Orang

Link artikel lain:

1. Teknik 2: Mendapatkan Fokus Pada Pemotretan Malam Hari dengan Cara Infinity Focus

2. Tips Memotret Orang: Tatapan Mata, Senyum, Tawa, Ekspresi dan Cahaya

3. Artikel Fotografi: Horizon

4. Tips Memotret Model dan Orang: Fokus Pada Mata

5. Menggunakan Flash Untuk Memperkaya Foto Landscape Kita

 


Momen adalah sesuatu yang akan membuat foto kita menjadi berbeda. Foto tempat, orang, dll, yang mungkin tadinya biasa saja bisa menjadi lebih menarik karena momen. Fotografer-fotografer datang ke sebuah tempat pada waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan momen terbaik dari sebuah tempat. Bahkan ada yang datang ke tempat yang sama dalam tahun yang berbeda dengan tujuan mendapatkan sesuatu yang berbeda. Ada pula yang rela menunggu berjam-jam saat memotret sebuah objek. Untuk apa? Untuk mendapatkan momen terbaik!

Saat memotret orang, momen juga bisa menghasilkan foto yang diluar perkiraan anda. Perhatikan contoh foto berikut. Foto ini saya ambil saat sedang kumpul-kumpul dengan dua orang teman wanita dan berdiskusi tentang fotografi. Awalnya saya bermaksud hendak memotret kedua teman ini dengan gaya yang biasa saja sambil berpose didepan kamera, dengan latar belakang Monas. Namun belum sempat saya memotret (baru membidik), ternyata salah seorang teman tersebut tidak mau dipotret. Memang teman yang satu ini jarang mau dipotret :) . Terjadilah tarik-menarik antara kedua teman wanita saya ini. Menyadari hal ini, saya justru langsung mengambil beberapa jepretan. Hoala! Jadilah foto berikut.

Bersama dua orang teman di Monas. Canon EOS 7D. Lensa Canon 18-55 mm. 1/2000, f6.3, ISO 125. Foto oleh Niko TujuhLangit.


Canon EOS 7D. Lensa Canon 18-55 mm. 1/2000, f6.3, ISO 125. Foto oleh Niko TujuhLangit


Foto di atas benar-benar diluar perkiraan saya. Berlangsung dalam waktu yang sangat cepat. Tapi foto tersebut justru membuat saya surprise. Keceriaan dua orang teman ini lebih terasa lewat foto ini.


Tips:

1) Saat memotret orang, apalagi dalam sebuah sebuah event, atau dalam street photography, selalu bersiap-siaplah dengan kamera anda. Momen-momen terbaik seringkali datang diluar perkiraan anda dan berlangsung sangat cepat. Terlambat sedikit saja, maka mungkin anda akan kehilangan momen terbaik tersebut. Bisa jadi saat momen tersebut hadir, mungkin anda belum siap dengan setting kamera anda. Don’t worry, just shoot as soon as possible! Yang terpenting dapatkan dahulu momen tersebut karena belum tentu akan terulang. Sebagai contoh foto di atas. Tawa lepas dan spontanitas kedua orang teman wanita tersebut belum tentu bisa saya dapatkan lagi bahkan kalaupun saya meminta mereka kembali berpose seperti itu, spontanitas dan tawanya mungkin tidak akan selepas foto di atas.


2) Untuk mengantisipasi kekurangan foto (seperti foto yang terlalu underexposed atau overexposed) karena tidak sempatnya anda mensetting kamera saat memotret secara tiba-tiba, usahakan memotret dengan Format RAW. Saya pribadi selalu memotret dengan dua format sekaligus yaitu RAW + JPEG. Mengapa RAW? Saya akan bahas mengenai hal ini di tulisan terpisah nantinya.

 

Tetap semangat memotret! :)

 

Comments   

 
0 #1 Hardinata Ardin 2013-05-06 16:48
Tq... tambah 1 pelajaran.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh