Autofocus dan Manual Focus pada Kamera DSLR

Link artikel lainnya:

1. Teknik 1: Mendapatkan Fokus Pada Pemotretan Malam Hari

2. Teknik 2: Mendapatkan Fokus Pada Pemotretan Malam Hari dengan Cara Infinity Focus

3. Horizon

4. Tips Memotret Orang: Tatapan Mata, Senyum, Tawa, Ekspresi, Cahaya

5. Exposure (Bagian 1): Apa Itu Exposure?



Sebagaimana kita ketahui pada saat memotret kita perlu mendapatkan fokus agar foto yang dihasilkan tajam dan tidak blur. Berikut contoh foto yang tidak fokus.

Foto oleh Niko TujuhLangit

 

Ada dua mode atau cara pemfokusan/mendapatkan fokus pada saat kita memotret, yakni Mode Autofocus dan Mode Manual Focus.


a) Mode Autofocus

Pada Mode Autofocus, sistem autofocus kamera akan mencari dan mendapatkan fokus pada objek yang anda potret secara otomatis pada saat anda menekan tombol shutter kamera setengah tekan. Bagaimana cara men-setting Mode Autofocus pada kamera DSLR? Caranya mudah:


1) Cukup set tombol yang ada di badan lensa ke arah AF seperti foto berikut (pada beberapa lensa lainnya ada juga yang memakai simbol A saja).


2) Lalu bidik objek anda.


3) Tekan tombol rana/tombol shutter kamera setengah tekan hingga fokus diperoleh.


4) Jika fokus telah didapatkan (biasanya dengan tanda bunyi (beep) atau kedipan warna merah pada titik-titik fokus), anda tinggal shoot!

 

Perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa lensa yang hanya bisa Manual Focus saja alias tidak bisa Autofocus. Lensa seperti ini biasa disebut dengan Manual Focus Lens atau Lensa Manual Fokus.

 

b) Mode Manual Focus

Berbeda dengan Mode Autofocus, pada Mode Manual Focus anda harus melakukan pemfokusan secara manual hingga objek yang ingin dipotret terlihat tajam dan fokus. Bagaimana caranya?


1. Set tombol di lensa anda ke arah MF (pada beberapa lensa lain ada juga yang bersimbol M saja)


2. Arahkan kamera ke objek yang ingin anda potret


3. Putar ring Manual Focus hingga objek terlihat tajam dan fokus.

Foto: contoh ring manual focus pada Lensa Canon 10-22 mm


4. Jika sudah tajam dan fokus, shoot!


Biasanya mungkin kita lebih sering menggunakan Mode Autofocus dibandingkan Mode Manual Focus karena mungkin Mode Autofocus lebih cepat dan memudahkan kita memotret pada kondisi atau momen yang berlangsung cepat, seperti memotret event atau kegiatan, dll. Namun sayangnya Mode Autofocus seringkali tidak berfungsi dengan baik atau dengan kata lain gagal/ sulit untuk mendapatkan fokus pada kondisi-kondisi tertentu seperti saat memotret di malam hari dimana cahaya sangat minim alias terlalu gelap dan pada situasi-situasi tertentu saat memotret makro misalnya. Nah, pada saat susah menggunakan autofocus seperti itu mungkin anda perlu mengganti mode fokus ke Mode Manual Focus.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh