Artikel Fotografi: Framing

Saat hendak memotret dan membuat komposisi foto (composition) ada berbagai aspek yang patut dipertimbangkan. Salah satu diantaranya adalah framing. Apa yang dimaksud dengan framing? Framing adalah membingkai subjek utama yang hendak anda foto dengan menggunakan objek lain. Apa yang dimaksud dengan membingkai disini? Perhatikan foto berikut.


 

Foto di atas adalah foto Mesjid Raya Medan. Pada foto di atas dapat anda lihat bahwa subjek utama dari foto di atas adalah bangunan utama mesjid. Di foto ini subjek utama (bangunan utama mesjid) dibingkai dengan objek lain, yaitu gerbang masuk mesjid. Anda dapat melihat di bagian depan foto ini gerbang masuk mesjid “membingkai” bangunan utama mesjid.

 

Perhatikan lagi foto berikut. Foto berikut adalah foto Pulau Seulako, di Aceh. Subjek utama dalam foto ini adalah Pulau Seulako. Dalam foto ini subjek utama dibingkai dengan pohon dibagian depan. Jadi yang menjadi frame atau bingkai dalam foto ini adalah pohon.


 

 

Objek Apa Saja yang Bisa Digunakan untuk Membingkai (Melakukan Framing) ?

Ada banyak objek yang bisa digunakan untuk membingkai subjek utama yang hendak anda dipotret. Mulai dari pohon, ranting, gerbang, lubang, dll. Tidak ada aturan baku bahwa anda harus menggunakan pohon misalnya, untuk membingkai. Anda hanya perlu melihat berbagai kemungkinan disekitar anda pada saat memotret.

 

Apa Manfaat Framing?

1. Ada situasi dimana mungkin subjek yang anda potret terkesan datar dan anda kebingungan bagaimana caranya membuat foto tersebut terlihat lebih menarik. Nah, dengan melakukan framing bisa memperkuat dan memberi warna pada foto anda. Foto yang mungkin awalnya terkesan biasa saja bisa menjadi lebih menarik dengan melakukan framing.

2. Framing berguna juga untuk menarik mata orang yang melihat foto anda ke arah subjek utama atau Point of Interest dari foto tersebut.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Framing

Objek yang digunakan untuk membingkai subjek utama foto hanyalah sebagai pelengkap. Itu artinya usahakan jangan sampai objek tersebut lebih dominan (overpower) dari subjek utama yang ingin anda tonjolkan dari foto tersebut. Apabila objek yang digunakan untuk membingkai subjek utama lebih dominan, maka perhatian orang yang melihat foto bisa menjadi terpecah alias menjadi tidak fokus pada subjek utama foto tersebut. Lebih dominan ini bisa dalam berbagai hal, misalnya lebih dominan dalam hal warna yang lebih mencolok atau bentuk yang lebih menonjol daripada subjek utama.

 

Selamat bereksperimen!

Add comment


Security code
Refresh