6 Manfaat Teman Pada Fotografi Traveling

Traveling bersama teman atau sahabat tercinta kita adalah hal yang indah dan menyenangkan. Menjelajahi pelosok-pelosok negeri, atau sekedar mengeksplorasi sudut-sudut kota bersamanya merupakan kenangan yang tak akan pernah terlupakan. Ada hal-hal indah yang hilang yang saya rasakan saat melakukan solo traveling. Dan hal indah yang hilang itu hanya dapat saya peroleh dari teman seperjalanan. Itulah sebabnya mengapa saya pribadi, jika memungkinkan, lebih menyukai traveling bersama teman dibandingkan ber-solo traveling. Entah itu berdua, bertiga, berempat, berlima, dan seterusnya….Berapa jumlahnya tentunya tergantung tujuan dan mood juga :D.

 

Dalam konteks fotografi, teman juga memberi nilai tambah dalam fotografi traveling atau fotografi perjalanan (travel photography) kita. Yup, mereka…teman seperjalanan anda! Tidak jarang hal ini mungkin sering luput dari perhatian kita. Tidak sedikit peminat fotografi perjalanan yang melupakan hal ini. Padahal dia, teman kita, dekat disamping kita…….Kita mungkin sering terpaku pada objek-objek di depan mata, seperti pemandangan. Keterpakuan pada objek yang itu-itu saja terkadang bahkan sering membuat kita “frustasi” dengan foto-foto yang kita hasilkan sendiri.

 

Ini dia setidaknya 6 manfaat teman pada foto traveling alias foto perjalanan:

 

1. Memperkuat Foto

Memasukkan teman pada objek foto anda dapat memperkuat foto dan memberikan “sense” yang berbeda. Perhatikan contoh foto berikut. Foto ini diambil saat saya dan beberapa teman berada di Goa Grubug, Jawa Tengah. Foto pancaran cahaya di Goa Grubug mungkin sudah sering kita saksikan. Ketika masuk ke mulut goa saya berpikir objek ini sangat menarik sekali untuk difoto. Waktu itu saya berada di belakang. Sesaat saya memperhatikan bentuk atau tekstur yang tercipta di kegelapan goa ini ditambah dengan pancaran cahaya ini benar-benar sangat menarik. Namun waktu itu saya mencoba menunggu teman-teman yang berada di depan hingga persis sampai dibawah pancaran cahaya. Ini saya lakukan agar ada siluet orang untuk melengkapi foto ini. Saya menunggu dan menunggu hingga teman ini persis berada di posisi sesuai komposisi foto yang sudah saya bayangkan dan inginkan. Ketika teman-teman ini persis berada di posisi yang saya inginkan, sayapun mulai memotret. Klik! Jadilah foto berikut. Foto ini, bagi saya, terasa lebih hidup dibandingkan foto yang tanpa ada teman didalamnya.

Foto oleh Niko TujuhLangit

Foto seorang teman saat mendaki Gunung Merapi...

 

Foto teman saat kami berkunjung ke Gili Kedis....

 

 

 

2. Merubah Foto yang Tadinya Biasa Menjadi “Tidak Biasa”

Salah satu cara membuat foto yang tadinya biasa menjadi “tidak biasa” dan lebih “elegan” adalah dengan menambahkan objek manusia pada objek yang kita foto. Nah, demikianlah salah satu manfaat teman traveling anda pada foto traveling/perjalanan anda. Ada banyak kondisi saat kita melakukan traveling yang terkadang tidak menarik untuk difoto entah karena cuaca yang tidak mendukung, kondisi pencahayaan yang kurang mantep, objek yang terkesan datar, dan lain sebagainya. Nah, cobalah masukkan teman kita kedalam objek foto yang kita potret tersebut, mungkin akan membuat foto traveling anda menjadi lebih bervariasi dan hidup.

 

Perhatikan contoh foto berikut. Foto ini diambil saat saya dan beberapa teman berkunjung ke Pulau Hiu, Kepulauan Seribu. Foto ini diambil pagi hari saat matahari mulai naik. Ketika itu saya meminta dua orang teman (yang kebetulan suami istri) untuk berdiri dan masuk dalam frame foto saya. Klik! Ah…. Pagi yang romantis! :D ….

 

Dan berikut contoh lainnya ketika kami berkunjung ke Pulau Tunda. Dengan menambahkan teman ke dalam foto, objek yang simpel bisa menjadi lebih "berwarna".

Pulau Tunda

 

Seorang teman sedang bergaya di atas perahu :) ...Saat kami menuju Pulau Tegal...

 

 

3. Membantu Anda Menghasilkan Foto yang Indah pada Kondisi Pencahayaan yang Sulit

Dalam fotografi ada kondisi pencahayaan yang membuat kita lebih sulit menghasilkan foto yang oke. Kondisi-kondisi pencahayaan yang sulit ini juga sering kita temui saat melakukan traveling atau perjalanan. Nah, untuk mengatasi kondisi pencahayaan yang sulit tersebut ada banyak strategi yang bisa kita terapkan. Dan salah satu strategi sederhananya adalah dengan memanfaatkan teman traveling anda.

 

Berikut contoh salah satu foto yang saya maksud dengan kondisi pencahayaan yang sulit. Mungkin anda para traveler yang hobby motret, juga sering menjumpai hal seperti ini. Waktu itu pagi baru saja menyingsing. Matahari sudah mulai naik dan tinggi. Saya masih berputar-putar di sekitar Pantai Pulau Kenawa mencari objek apa yang bisa saya abadikan. Tiba-tiba mata saya tertuju pada bayangan tiang-tiang dermaga yang memanjang di atas pasir pantai. Terbentuk beberapa garis bayangan yang simetris. Namun saat itu saya menyadari bahwa ada tantangan yang sulit jika saya memotret bayangan ini. Apa itu? Yup, di hadapan saya ada matahari yang sudah naik cukup tinggi. Pada kondisi seperti ini biasanya kamera tidak sanggup lagi menangkap cahaya matahari yang terlalu “keras” tersebut. Jika saya memaksakan memotret, maka foto akan menjadi overexpose dan menjadi terlalu terang. Lantas apa strategi yang saya lakukan?

 

Tanpa pikir panjang saya meminta teman untuk berdiri di atas dermaga persis ditengah bayangan dermaga yang simetris. Dalam konteks ini, teman ini saya saya gunakan untuk menutupi cahaya matahari yang terlalu keras. Taraaaa….. Jadilah foto berikut….. Bagaimana? Mudah bukan? :D

 

 

4. Membantu Anda Menghasilkan Foto Siluet Perjalanan yang Indah

Hmmm… Foto siluet adalah salah satu foto menarik dalam setiap traveling atau perjalanan kita. Teman perjalanan anda dapat dijadikan objek untuk menghasilkan foto-foto siluet yang indah….. Check this out! ….

 

Foto seorang teman sedang meloncat saat sunset di Pantai Klayar...

 

 

Dua orang teman sedang berpose saat sunset di Pulau Pari...Foto ini diambil ditengah keramaian...Karena waktu itu orang ramai sekali yang memotret matahari tenggelam, saya kemudian memilih membuat foto siluet ini...

 

Teman dan Candi Ratu Boko yang menawan.....

 

Pagi di Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari....

 

Menyambut matahari....

 

Dan.... Pagi di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran...

 

 

5. Momen Keceriaan dan Kebersamaan Dalam Perjalanan!

Keceriaan bersama teman adalah salah satu hal terindah dalam traveling kita. Mengabadikan foto momen-momen keceriaan teman-teman perjalanan anda akan menambah hidup foto-foto perjalanan anda… :)

 

 

Kebersamaan di Lembah Surya Kencana, Gunung Gede.... ^_^

 


Di salah satu puncak Gunung Guntur...

 

Dalam perjalanan menuju puncak Merbabu....Keindahan pesona Merbabu ...

 

Keceriaan kami di Rinjani... Ps: yang mau ngintip sedikit keindahan Rinjani bisa liat disini.

 

Kehebohan teman-teman di Pulau Sangiang...

 

Dan.... Di Pantai Parangtritis... ^_^

 

 

6. Membantu Anda Dalam Memotret Sebuah Objek

Bagaimanapun ada situasi yang anda terkadang membutuhkan teman untuk menghasilkan foto saat melakukan traveling. Contohnya foto berikut. Foto ini saya ambil di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Saat itu kami menjumpai banyak Bintang Laut di pinggir pantai. Saya memiliki ide membuat foto siluet Bintang Laut tersebut. Tentunya saya harus menaruh Bintang Laut tersebut diantara lensa dan matahari terbit. Untuk melakukan hal tersebut saya meminta bantuan seorang teman untuk memegang Bintang Laut tersebut. Jadilah foto seperti berikut.

 

 

Jadi gimana? Seru bukan traveling bareng teman?

 

Baca Juga:

1. Teknik 1: Mendapatkan Fokus Pada Pemotretan Malam Hari

2. Horizon

3. 18 Tips Memotret Saat Mendaki Gunung

4. Tips Memotret Orang

Comments   

 
0 #1 Wisnu Yuwandono 2014-03-20 16:43
mantappp mas :)
Quote
 
 
0 #2 niko 2014-03-23 17:06
Mas Wisnu: terimakasih Mas :)
Quote
 
 
0 #3 eLLa_giThu 2014-10-27 15:21
Keren bang!
So inspiring 8)
Quote
 
 
0 #4 niko 2014-10-27 22:56
Mbak Ella: trimakasih mbak...
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh